alexa-tracking

Masyarakat Masih Belum Paham Prosedur Buat Sertifikat Tanah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6c1f3612e2574c488b4574/masyarakat-masih-belum-paham-prosedur-buat-sertifikat-tanah
Masyarakat Masih Belum Paham Prosedur Buat Sertifikat Tanah
Masyarakat Masih Belum Paham Prosedur Buat Sertifikat Tanah

PALI, GLOBALPLANET.news - Kesadaran masyarakat di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) untuk mengurus sertifikat kepemilikan hak atas tanah miliknya sebenarnya sangat tinggi. Hanya saja, masih banyak masyarakat yang belum mengerti prosedurnya.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Koordinator Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Kantor Perwakilan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten PALI, Edi Syahrial, SH.

"Antusis masyarakat tinggi, tapi sayangnya belum mengetahui prosedur dan persyaratan pembuatan sertifikat tanah itu bagaimana. Dan terkadang juga takut datang langsung," kata koordinator kasubag TU BPN, Kamis (9/8/2018)

Oleh sebab itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat jika ingin membuat sertifikat tanah untuk datang langsung ke Kantor Perwakilan BPN supaya bisa mengetahui persyaratan apa saja yang diperlukan untuk membuat sertifikat tanah.

"Jadi kalau datang langsung ke kantor perwakilan BPN PALI ini, masyarakat bisa dijelaskan prosedurnya bagaimana dan syarat-syaratnya apa saja," imbuhnya.

Edi membeberkan, dalam pembuatan sertifikat tanah, pemilik tanah harus memiliki KTP, Kartu Keluarga (KK) serta surat pengakuan hak atas tanah yang ditanda tangani tetangga kiri kanan tanah dan diketahui Kepala Desa (Kades) serta bukti PBB.

"Kalau belum ada surat tanah maka harus dibuat dulu pengakuan hak atas tanah itu yang ditanda tangani diatas materai. Setelah semuanya lengkap langsung diajukan ke BPN dan akan kita buatkan sertifikatnya. Paling lama dua minggu selesai. Tapi, semuanya lengkap. Tandasnya.

Untuk Program Nasional (Prona), Edi menjelaskan, jika pada 2018 ini, di Kabupaten PALI hanya ada di Kecamatan Abab. Namun, untuk jumlahnya berapa, dirinya tidak mengetahui secara pasti. Untuk 2017 lalu, prona hanya ada di Kecamatan Talang Ubi. Sedangkan untuk prosedurnya tetap sama seperti membuat sertifikat biasa.

"Hanya saja, kalau prona diajukan ke Kades lalu dikumpulkan semua dan kades nanti yang mengajukan ke kita. Untuk biaya prona semuanya gratis. Yang ada biaya mereka untuk membuat patok atau membuat surat pengakuan hak saja, seperti biaya materai. Selebihnya gratis," jelasnya.




sumber: 
http://www.globalplanet.news/berita/...rtifikat-tanah

Hayo apakah agan termasuk di dalemnya? 
image-url-apps
Perlu disosialisasikan secara efisien.
image-url-apps
wadaw
KASKUS Ads
image-url-apps
page one nanti juga lu paham
orang bpn sendiri mempersulit, kalo kurang berkas dikerjain lo disuruh minta kesana kemari

emoticon-Blue Guy Bata (L)

udah gitu nunggu anggaran mulu, anggarannya entah kapan turunnya.

emoticon-Blue Guy Bata (L)
×