alexa-tracking

Google Resmikan Android 9 Pie, Intip Keunggulannya

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6c08821cbfaa05038b4577/google-resmikan-android-9-pie-intip-keunggulannya
Google Resmikan Android 9 Pie, Intip Keunggulannya
Google Resmikan Android 9 Pie, Intip Keunggulannya
Android Pie.(Foto: Google)

Jakarta – Perusahaan raksasa teknologi Google secara resmi mengumumkan versi utama sistem operasi Android berikutnya yang dinamai Android 9 Pie. Pembaruan untuk Android terbaru itu siap diluncurkan dalam bentuk stabil dan akan tersedia untuk diunduh di perangkat Pixel.

Dilansir The Verge, Selasa (7/8/2018), Google membenamkan sejumlah pembaruan dengan improvisasi yang akan terasa berbeda dengan versi sebelumnya.


Di Android 9 Pie, sistem navigasi ponsel menggunakan gestur baru serta peningkatan kecerdasan buatan atau AI untuk antarmuka. Namun begitu, Android 9 Pie mendapat beberapa perbaikan perangkat lunak, termasuk status bar.


Android 9 Pie juga tak menyertakan semua fitur yang diumumkan Google pada gelaran Google I/O. Beberapa fitur yang belum disebutkan, antara lain, Digital Wellbeing yang menyertakan dasbor penggunaan ponsel dan aplikasi.


yakni smartphone besutan kreator Android, Andy Rubin, lalu Nokia 7 Plus, OnePlus 6, Oppo R15 Pro, Sony Xperia XZ2, Vivo X21, Vivo X21UD, dan Xiaomi Mi MIX 2s.

“Kami juga bekerja sama dengan para partner lain untuk meluncurkan perangkat baru dengan Android 9, atau upgrade ke Android 9, di tahun ini,” sebut sang raksasa software itu.

Beberapa smartphone tersebut baru bisa mulai mendapatkan pembaruan Android 9 Pie mulai 21 Desember 2018 mendatang.

Sebelum Android 9 Pie, Google memang memiliki tradisi memberi nama sistem operasi Android miliknya dengan menggunakan sejumlah nama makanan. Sebelumnya ada pula Android 8 (O) yang diberi nama Android “Oreo”, Android 7 (N) “Nougat”, Android 6 (M) “Marshmallow”, Android 5 (L) “Lollipop”, dan Android 4 (K) “KitKat”.

Penasaran dengan uraian keunggulan yang dimiliki Android 9 Pie? Simak ulasannya berikut ini.

1. Dashboard aplikasi

Android Pie akan memberi banyak informasi tentang bagaimana Anda menggunakan smartphone. Melalui fitur dashboard aplikasi yang baru, pengguna akan mengetahui seberapa lama waktu yang dihabiskan untuk bermain smartphone, serta dapat mengetahui aplikasi yang paling banyak memakan waktu.

Fitur ini juga akan menunjukkan berapa kali pengguna membuka kunci smartphone mereka, berapa banyak notifikasi yang diterima, dan memungkinkan mereka menetapkan batas waktu penggunaan masing-masing aplikasi.

2. Pembatas waktu aplikasi (Timer)

Jika fitur sebelumnya memberikan keterangan waktu berapa lama pengguna membuka smartphone, fitur timer ini dapat menetapkan batas waktu untuk penggunaan aplikasi sehari-hari. Pengguna dapat mengatur timer, apakah itu 15 menit sehari, setengah jam atau dua jam, untuk membatasi waktu yang dihabiskan untuk aplikasi apa pun, baik itu YouTube, Facebook, atau Instagram.

3. Fitur jangan ganggu

Fitur ‘Do not disturb‘ atau jangan ganggu ini akan sangat membantu pengguna yang merasa sebal dengan banyaknya notifikasi yang muncul di smartphone. Mode baru dari fitur ini akan mengeluarkan semua indikator visual, jadi pengguna tidak akan mendapat notifikasi jika pesan baru, email, atau lainnya masuk.

4. Fitur pengaturan cahaya yang baru

Google membuat fitur ‘Wind Down’ yang akan menghilangkan cahaya biru dan mengubah cahaya layar lebih berwarna abu-abu alias redup. Hal itu akan membuat pengguna untuk beristirahat tanpa sibuk dengan smartphone mereka.

5. Gestur

Android Pie juga memiliki banyak fitur baru lainnya, termasuk antarmuka gestur yang baru mirip iPhone X. Bukan menekan tombol home, dengan sistem operasi ini kamu cukup menggeser layar ke atas dari bawah layar untuk multitasking atau kembali ke layar utama.

6. Kemampuan baterai yang lebih hemat

Android Pie menyertakan fitur baru yang disebut “Adaptive Battery.” Fitur ini memastikan hanya aplikasi yang dibutuhkan yang dapat menggunakan daya baterai smartphone. Tentu saja hal itu dapat membantu penggunaan smartphone yang lebih lama untuk kegiatan sehari-hari.

7. Fitur buka cepat aplikasi

Fitur ‘App Actions’ pada Android Pie akan menawarkan pilihan cara cepat membuka aplikasi. Misalnya, pada aplikasi layanan streaming musik, Spotify, pengguna dapat membuat jalan pintas untuk playlist di Spotify yang bisa dibuka pada menu depan.

8. Akses cepat pencarian Google

Fitur bernama ‘Slices’ ini merupakan bagian dari ‘App Actions’ yang akan hadir beberapa bulan mendatang. ‘Slices’ akan membantu pengguna untuk melakukan pencarian di Google dengan cepat.

Jika Anda mencari Go-Jek atau Grab, misalnya, pengguna bisa melihat shortcut untuk memesan perjalanan dengan kedua transportasi tersebut. Hal ini bisa menghemat waktu tanpa harus membuka aplikasi Go-Jek atau Grab.

9. Kebijakan privasi yang baru

Android Pie mengenalkan kebijakan privasi yang baru. Pada Android Pie ini, ada pembatasan akses ke mikrofon, kamera, dan semua sensor dalam SensorManager dari aplikasi yang tidak aktif. Artinya, setelah aplikasi beralih ke status ‘background‘ atau sedang tidak digunakan, aplikasi itu akan kehilangan akses dan akan memunculkan pesan error.

Sumber



image-url-apps
mantap.
Yg no.3 kayaknya emg dah ada di generasi sebelumnya. Ane yg android 5 aja ada kok.
Apa karna tergantung tipe hp ya.
ane user samsul