alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bawaslu Soal Sandiaga: Bila Mahar Terbukti Pencalonan Bisa Batal
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6c0834dbd770b52c8b456b/bawaslu-soal-sandiaga-bila-mahar-terbukti-pencalonan-bisa-batal

Bawaslu Soal Sandiaga: Bila Mahar Terbukti Pencalonan Bisa Batal

Jakarta - Wasekjen Partai Demokrat (PD) Andi Arief menyebut Sandiaga Uno memberikan mahar Rp 500 M ke PAN dan PKS. Bawaslu mengatakan undang-undang melarang paslon memberikan mahar kepada parpol.

"Ya kan emang pasal 228 dari UU nomor 7 tahun 2017 telah melarang untuk paslon memberikan uang atau imbalan kepada parpol untuk dapat menjadi calon presiden," ujar Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar, di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018).

Fritz mengatakan paslon yang terbukti melakukan mahar dapat diberikan sanksi. Salah satu sanksi tersebut yaitu dibatalkannya pencalonan paslon yang bersangkutan.

"Apabila setelah putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap terbukti, bahwa seseorang tersebut menyerahkan imbalan kepada partai politik untuk menjadi calon presiden maka pencalonan tersebut dapat dibatalkan," kata Fritz.

Fritz mengatakan pihak yang dituding memberikan mahar harus melalui proses klarifikasi. Selain itu diperlukan juga adanya putusan pengadilan untuk membatalkan pencalonan.

"Dan sekali lagikan itu membutuhkan proses klarifikasi dan apabila itu pun terindikasi, maka membutuhkan putusan pengadilan untuk membatalkan pencalonan. Tapi tidak menghilangkan hukuman terhadap pemberian uang tersebut," tuturnya.

Selain pada calon, sanksi juga diberikan kepada partai politik yang menerima mahar. Sanksi tersebut yaitu tidak dapat mencalonkan presiden pada pemilu selanjutnya.

"Dan juga partai politik yang menerima dana tersebut tidak dapat mencalonkan lagi calon presiden untuk pemilihan berikutnya. Itu yang kami dapatkan terkait yang apabila ketentuan di pasal 228," ujar Fritz.

Hal ini sesuai dengan UU 7 tahun 2017 pasal 228 tentang Pemilihan Umum. Pasal tersebut berisikan sebagai berikut,

Pasal 228

(1) Partai Politik dilarang menerima imbalan dalam bentuk apapun pada proses pencalonan Presiden dan Wakil Presiden.

(2) Dalam hal Partai Politik terbukti menerima imbalan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Partai Politik yang bersangkutan dilarang mengajukan calon pada periode berikutnya.

(3) Partai Politik yang menerima imbalan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) harls dibuktikan dengan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

(4) Setiap orang atau lembaga dilarang memberikan imbalan kepada Partai Politik dalam bentuk apa pun dalam proses pencalonan Presiden dan Wakil Presiden.
(dwia/ams)

https://news.detik.com/berita/d-4158361/bawaslu-soal-sandiaga-bila-mahar-terbukti-pencalonan-bisa-batal?_ga=2.42804576.492806493.1533519581-1003649547.1519096890

Kembali mengundang semua nasbung kampret untuk balik badan mendukung Jokowi 2 periode. Kalian telah dikibulin gerombolan prabocor.

Bawaslu Soal Sandiaga: Bila Mahar Terbukti Pencalonan Bisa Batal

TTD, Jenderal Kardus
Diubah oleh: silents.
Halaman 1 dari 2
tinggal pasang alesan ini dana logistik emoticon-Cool
emoticon-Kagets
sandiaga dijolimi kah ?
persekongkolan jahat terhadap kardus uno emoticon-Mad (S)
Blunder terus koalisi ini emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Bang sandi nggak mgkn sekonyol itu bs ketahuan

Tp aneh, org mau mengabdi utk bangsa, bkn cm jkt, kok malah dihalangi
oh yaaa ?!

emoticon-Ngakak
Ane lebih percaya KPK euy emoticon-Cool
Balasan Post lanyallajatim1
Quote:


Yg menghalangi siapa gan
Ayo melipir ke kubu sebelah...WOLOLOOO
ini mah politik tingkat tinggi buat nge golin ahy, si sandi udh dijegal ama si arief kl mo maen duit, nastak bloon mana paham
Demokrat langsung rancang poros ke-tiga nih
liat sikap PKS pan aje abis ini

kalo diem diem Bae, kemungkinan duit mahar emang ada
Buktinya PKS ga ngotot lagiemoticon-Big Grin
Gila mmg tuh sandi, usut segera ini
ga akan bisa terbukti
Langsung KPK aja yang masuk emoticon-Imlek
Quote:


yang menghalangi siapa?
kan pan-pks-demokrat yg jadi penghalang sandi?
kalo mereka ga menghalangi, sandi ga perlu keluar duit 500m dong emoticon-Ngakak
Balasan Post dwisuli
Quote:


bawaslu kan ?
😁
Balasan Post lanyallajatim1
Quote:


Bawaslu kan ngelarang praktek ngasih duit supaya bisa jadi maju cawapres bukan ngelarang mengabdi emoticon-Smilie
EDIT DOPOST

Diubah oleh TempeMAFIA
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di