alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Laporan IRP: Kemiskinan Penyebab Murtad
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6c0714d9d770cd618b4571/laporan-irp-kemiskinan-penyebab-murtad

Laporan IRP: Kemiskinan Penyebab Murtad

Isu tersebut perlu diperhatikan lembaga zakat.
REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Pusat Kajian Nasional Badan Amil Zakat Nasional (Puskas Baznas) telah menyusun laporan Indeks Rawan Pemurtadan (IRP). Laporan tersebut menyebut terjadi penurunan jumlah umat Islam di Indonesia setiap periodenya.

“Salah satu penyebab IRP terkait dengan kondisi masyarakat yang paling miskin. Ini paling rawan terutama masyarakat miskin umat islam, paling ekstrim,” ujarnya Ketua Umum Baznas, Bambang Sudibyo, saat konferensi pers Indeks Rawan Permurtadan di Hotel Margo, Kamis (9/8).

Menurutnya, isu tersebut perlu diperhatikan lembaga zakat. “Mereka yang sangat miskin menjadi prioritas kami agar dapat mensejahterahkan mereka, memberikan perdayaan ekonomi, melakukan bimbingan dan memperkuat keimanan mereka,” ucapnya.

(Baca Sebelumnya:Baznas Kaji Indeks Rawan Pemurtadan di Indonesia)

Adapun alat pengukuran IRP ini terdiri dari dua indikator yakni indikator keagamaan dan daerah tertinggal. Sehingga nilai yang dihasilkan maka akan didapat daerah-daerah yang dapat dikategorikan sebagai daerah dengan tingkat kerawanan permurtadan yang rendah hingga sangat tinggi.

“Pemetaan yang dihasilkan IRP dapat menjadi acuan bagi kami dalam merumuskan program yang bermanfaat. Hal ini juga langkah kecil namun dapat menjadi amal hasanah,” ucapnya.

Direktur Pusat Kajian Strategis Baznas, Irfan Syauqi Beik menambahkan penyebab tingginya IRP pada provinsi-provinsi tersebut bisa disebabkan karena beberapa faktor, misalnya pertumbuhan umat Islam yang kecil, pertumbuhan umat non-Muslim yang tinggi, perubahan komposisi penduduk muslim yang semakin mengecil, perubahan komposisi dari rumah ibadah Muslim dan penetapan daerah tertinggal oleh Perpes No 131 Tahun 2015.

“Kami melakukan data secara sekunder dari institusi resmi (data kemiskinan dari BPS), lalu kami kelola dan petakan wilayahnya berdasarkan kriteria. Kami tidak melakukan survey karena kepentingan kami hanya menyusun, memetakan wilayah rawan murtad,” jelasnya.

Berdasarkan IRP terdapat 10 provinsi Muslim teratas dengan persentase nilai di atas 0,50 (daerah rawan permurtadan tinggi sangat tinggi), yaitu Kalimantan (50,00 persen), Sulawesi Tengah (38,46 persen), Maluku (36,36 persen), Sulawesi Barat (33,33 persen), Maluku Utara (22,33 persen), Jawa Barat (19,23 persen), Kepulauan Bangka Belitung (16,67 persen), Sumatera Utara (16,67 persen), Jawa Timur (15,79 persen) dan Sumatera Selatan (12,50 persen).

https://m.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/18/08/09/pd6rdh313-laporan-irp-kemiskinan-penyebab-murtad


pantesan proyek indomisasi sebelah efektif banget emoticon-Wakaka
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
ah bohong tuh ... hura percoyo




contohnya mereka dong emoticon-Mad (S)
Laporan IRP: Kemiskinan Penyebab Murtad
Diubah oleh boregasm
Jangankan yang islam, kakaknya bapak ane dari katolik mindah ke kristen karena tiap bulan dapat jatah beras dan uang bulanan. Sad but true orang mindah bukan karena keyakinan tapi krn realistis.emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Balasan post boregasm
Quote:


wasyu .... sebungkus BEREMPAT emoticon-Ultah emoticon-Ultah lahap pula mamamnya

biar miskin masih semangat bela agama emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Walau udah mayoritas tp kelihatan sekali seperti takut kehilangan member.

Kalimantan yg emang kebagi rata antara yg muslim dan yg nonmuslimpun dengan teganya dimasukkin oleh Pukas Baznas sebagai daerah dengan indeks rawan murtad yg tertinggi. Padahal nonmuslim dan muslim2 di kalimantan udah hidup akur ratusan tahun sejak sebelum Baznas ada di negara ini.

Keterlaluan, tinggi sekali tingkat insecure-nya umat mayoritas atas jumlah membernya walau statistik resmi negara ini mengatakan kalo sampe detik ini mereka tetap mayoritas

emoticon-Embarrassment
bagi kafir yg kere mari join member emoticon-Shakehand2

Laporan IRP: Kemiskinan Penyebab Murtad
Mudah2an ketawa gak dosa baca kepanjangan IRP emoticon-Ngakak (S)
Lol, intropeksi diri dulu cuk !!

Harus nya mereka malu klo umat nya bisa murtad cuma karena dikasih sembako emoticon-Ngakak

Quote:


Dengan kata lain, klo abis Murtad jadi kaya / sukses

Berarti Tuhan yang ngebantuin yang mana yak emoticon-Ngakak
Diubah oleh baka1412
Padahal ada yang dari kecil sampe gede murtad, ga miskin... Malah jadi penyanyi dan pemain film...
Yang paling banyak me murtad kan itu NASBUNG....!!!! SEMUA MUSLIM YANG DUKUNG JOKOWI DIANGGAP MURTAD DIANGGAP KAFIR.....

kalo mau lindungi ummat muslim tuh nasbung aja di sekolahkan
Atajim
knp bukan sesamanya yg berbagi ke si miskin?
ke mana aja...
salahkan pemilik pabrik mi instan. klo pemilik kavling surga kan auto benar, tak pernah salahemoticon-Ngakak
Quote:


Gua malu dengan klaim mereka (IRP) emoticon-Cape d...
kan kemiskinan bisa jadi alasan untuk jihad jugaemoticon-Ngakak (S)
murtad itu...


saat otakmu sudah dapat mengalahkan hatimu,. saat keyakinan disingkirkan logika
Balasan post 4141525
Quote:


idem gan emoticon-Shakehand2
kan ada yg namanya zakat emoticon-Christmas
Diubah oleh bawel69
Lah klo gak punya duit gimana bayar upeti ke padang pasir?
Faktor ekonomi gan.
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di