alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Mojiken Studio: Developer Game Surabaya Tembus Pasar PS4 dan Switch!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6bc2a612e25756578b4569/mojiken-studio-developer-game-surabaya-tembus-pasar-ps4-dan-switch

Mojiken Studio: Developer Game Surabaya Tembus Pasar PS4 dan Switch!

Mojiken Studio: Developer Game Surabaya Tembus Pasar PS4 dan Switch!

Pada Juli kemarin, di tampilan layar timeline Facebook terpampang sebuah tautan teaser game bernama Ultra Space Battle Brawl yang di-share oleh seorang kawan dan terlihat keren. Trailer tersebut menampilkan beberapa rekanan yang memainkan game ala Pong dan game berjudul Lethal league, namun ditambahkan dengan fitur health point seperti game-game fighting.

Game itu sendiri sudah menarik hati lewat konsepnya, akan tetapi bukan hal itu yang menjadi pusat perhatian. Fakta bahwa game tersebut dirilis untuk Nintendo Switch, dirilis pada 5 Juli kemarin dan dibuat oleh Mojiken Studio dari Surabaya-lah yang membelalakkan mata.

Dalam hati saya sebagai penulis, teaser tersebut sudah menjadi pemicu komentar, "Wah hebat juga developer game negara kita." Namun setelah mengetahui jika game tersebut akan diluncurkan untuk konsol Playstation 4, maka keputusan bulat pun tercapai bagi IDN Times untuk mengetahui lebih mendalam tentang sang pengembang game indie yang disingkat USBB itu, Mojiken Studio. Sepanjang artikel ini kamu akan membaca hasil wawancara IDN Times dengan Mojiken Studio yang berupa pertanyaan dari kami dan jawaban dari mereka. Selamat terkagum-kagum.


1. Kan banyak nih yang nggak tahu Mojiken Studio. Bisa diceritakan apa sih Mojiken Studio itu dan bagaimana terbentuknya?
Mojiken Studio: Developer Game Surabaya Tembus Pasar PS4 dan Switch!
Mojiken adalah sebuah studio game yang berdomisili di Surabaya. Awalnya kami adalah studio ilustrasi yang mengerjakan proyek-proyek outsource, namun seiring berjalannya waktu kami menyadari bahwa game merupakan medium yg paling dapat mewakili pesan-pesan yang ingin kami sampaikan dalam karya. Akhirnya sejak 2013, Mojiken Studio terbentuk dan pada 2017 kami akhirnya memutuskan untuk memiliki badan hukum yang resmi.


2. Di dalam web kalian, setidaknya ada 7 game yang sudah pernah dibuat. Mana game favorit kalian dan bagaimana sih proses kreatifnya sampai bisa menciptakan game-game itu?
Mojiken Studio: Developer Game Surabaya Tembus Pasar PS4 dan Switch!
Setiap game yang kami buat bisa dibilang memiliki keunikan sendiri-sendiri dan dikembangkan oleh orang yang berbeda-beda dalam tim Mojiken. Maka dari itu, masing-masing dari kami memiliki game favorit yang berbeda-beda.

Proses kreatif yang biasa kami lakukan adalah sebagai berikut:

  • Menentukan tema game yang mau diangkat.
  • Masing-masing kru Mojiken melakukan game jam (proeses membuat game dalam jangka waktu yang relatif pendek) sesuai tema yang sudah ditentukan.
  • Hasil prototype dari game jam ini akhirnya kami rilis untuk mendapatkan feedback dari publik.
  • Prototype yang mendapat feedback paling banyak lalu kami kembangkan lebih dalam lagi, sebagai game utuh.

3. Sempat mendapat kabar kalau Mojiken Studio pernah bekerja sama dengan Pathetic Experience, salah satu band folk independen yang berdomisili di Surabaya. Ceritain dong, karena dengar-dengar lagunya dibuat khusus untuk game tersebut.
Mojiken Studio: Developer Game Surabaya Tembus Pasar PS4 dan Switch!
Betul, kami bekerjasama dengan Pathetic Experience untuk game kami selanjutnya, yaitu "She and The Light Bearer." Awal kerjasama ini dimulai ketika kami "meminjam" lagu dari Pathetic Experience untuk dimasukkan ke dalam prototype game yang sedang kami kembangkan saat itu yang berjudul "She Who Once Was Lost."

Prototype game tersebut merupakan cikal bakal dari game "She and The Light Bearer" yang sedang kami kembangkan sekarang. Lagu Pathetic Experience yang berjudul "Rikala Semana" yang dulu mengisi game "She Who Once Was Lost" impact-nya sangat besar dalam membangun nuansa dalam game.

Quote:

4. Ultra Space Battle Brawl, aku melihatnya sebagai modifikasi dari Pong, Hockey serta game bergaya Lethal League. Gimana sih ceritanya kok bisa mendapat ide seperti itu?
Mojiken Studio: Developer Game Surabaya Tembus Pasar PS4 dan Switch!
USBB memang merupakan game dengan mekanik dasar Pong maupun Air Hockey. Game ini tercipta dari prototype yang saya kerjakan dalam game jam internal Mojiken saat itu dengan tema "Cloning the Classics". Karena saya sangat suka dengan game-game bergenre action dan fighting, maka saya mencoba untuk memasukkan unsur-unsur yang saya suka dari genre tersebut ke dalam USBB ini. Jadi bisa dibilang ide dasar USBB adalah perkimpoian antara Pong dan game fighting.


5. Banyak yang penasaran bagaimana Mojiken Studio memasukkan unsur lagu dangdut di dalam game tersebut. Memangnya ide itu datang dari mana?
Mojiken Studio: Developer Game Surabaya Tembus Pasar PS4 dan Switch!
Quote:
Suatu ketika, ketika saya sedang mengerjakan asset-assetUSBB saya mencoba memutar lagu yang bersemangat untuk melawan kantuk. Nah, rupanya musik dangdut funkot saat itu cukup mempan untuk membuat saya terus terjaga dan bersemangat dalam mengerjakan USBB.

Akhirnya saya mendapat ilham untuk mencampurkan dangdut funkot dengan synthwave 80-an karena secara nuansa, dangdut funkot juga sangat penuh dengan ke-naif-an yang memang saya coba sampaikan di game ini. Hasilnya, bisa didengarkan di soundtrack USBB sekarang. Oh, iya kalian juga bisa mendengarkan OST USBB di Spotify, Deezer dan juga iTunes.


6. Ada yang tanya juga nih, bagaimana sih pengembangan Ultra Space Battle Brawl sampai akhirnya berakhir untuk dimainkan di konsol Switch dan PS4 ini?
Mojiken Studio: Developer Game Surabaya Tembus Pasar PS4 dan Switch!
Awalnya tidak pernah terpikir bahwa kami bisa mengembangkan game untuk platform console. Namun berkat kerja keras oleh Publisher kami Toge Productions, akhirnya kami mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan USBB di platform seperti Nintendo Switch dan juga PS4. Cerita lengkap tentang proses yang cukup ruwet untuk mendapatkan devkit Nintendo Switch bisa dilihat di tautan ini.


7. Di dalam perjalanan Mojiken Studio, apa sih kendala yang paling susah dalam menjalankan studio ini?
Mojiken Studio: Developer Game Surabaya Tembus Pasar PS4 dan Switch!
Kendala sebetulnya klasik sih, yaitu mempertahankan motivasi kami untuk dapat terus berkarya meskipun tahu bahwa apa yang kami lakukan belum tentu sukses. Hal lain yaitu mempertahankan cashflow perusahaan agar terus sehat meskipun project yang kami kerjakan bisa dibilang memakan waktu yang cukup lama.


8. Sekarang ini aku melihat developer game di Indonesia mulai berkembang. Apakah menurut Mojiken Studio, pandangan orang Indonesia lebih menghargai game-game luar negeri masih berlaku hingga sekarang?
Mojiken Studio: Developer Game Surabaya Tembus Pasar PS4 dan Switch!
Kalau menurut kami, ini menunjukkan bahwa game developer di Indonesia memiliki kapabilitas untuk bersaing di ranah global. Yang jujur malah membuat sebagian orang (mungkin karena saking bangga-nya) banyak yang menggunakan slogan "karya anak bangsa" secara berlebihan.

Untuk menghargai karya-karya developer Indonesia tidak harus selalu dengan pujian, namun perlu juga adanya feedback-feedback yang membangun, baik itu negatif ataupun positif. Karena dengan feedback yang jujur, kami selaku developer dapat terus berkembang dari tiap karya yang kami buat.


9. Siapa sih game developer yang meng-influence Mojiken Studio?
Mojiken Studio: Developer Game Surabaya Tembus Pasar PS4 dan Switch!
Double Fine, Vlambeer, Vanillaware, Toge Productions.


10. Kira-kira tipe game apa yang sampai saat ini belum sempat dibuat Mojiken Studio dan ingin dibuat?
Mojiken Studio: Developer Game Surabaya Tembus Pasar PS4 dan Switch!
Game RPG dengan 2d-hand painted visual.


11. Pertanyaan terakhir, Final Fantasy 7 Remake kok gak ada kabarnya ya? Spekulasi kalian apa tentang hal tersebut?
Mojiken Studio: Developer Game Surabaya Tembus Pasar PS4 dan Switch!
Hmm, kalau mendengar kabar bahwa tim developer-nya sempat diganti (dari Cyber Connect jadi tim developer internal Square Enix) dan mereka membuat semuanya dari awal lagi ya, sangat bisa dimaklumi kalau akan memakan waktu lama. Jadi ya, sabar aja. hehe

Itulah jawaban Mojiken Studio dalam wawancaranya dengan IDN Times. Sungguh penuh proses dan perjuangan ya untuk mencapai di titik mereka saat ini berada. Sebagai penggemar game sejati, ingat untuk jangan cuma memuji dengan slogan "karya anak bangsa" tapi dukung juga dengan membeli dan memainkannya, guys. Bisa juga dengan mengikuti jejak mereka dalam mengharumkan nama bangsa secara global. Sukses terus, Mojiken Studio!


Sumber : https://www.idntimes.comtech/games/a...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Mojiken Studio: Developer Game Surabaya Tembus Pasar PS4 dan Switch! Keren Webtoon Indonesia Ini Sukses Terbit di 6 Negara

- Mojiken Studio: Developer Game Surabaya Tembus Pasar PS4 dan Switch! Siapa Sangka 3 Inovasi Ramah Lingkungan Ini Bikinan Anak Negeri Lho

- Mojiken Studio: Developer Game Surabaya Tembus Pasar PS4 dan Switch! Gamers Wajib Baca 5 Developer Game Terbaik Sepanjang Masa

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di