alexa-tracking

Profesor China Pengkritik Rezim Komunis Hilang usai Wawancara Radio Amerika

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6bbf47902cfe8d178b456f/profesor-china-pengkritik-rezim-komunis-hilang-usai-wawancara-radio-amerika
Profesor China Pengkritik Rezim Komunis Hilang usai Wawancara Radio Amerika
- Seorang profesor China yang terkenal kritis pada rezim pemerintah komunis pimpinan Presiden Xi Jinping hilang misterius. Dia dinyatakan hilang dua hari setelah melakukan wawancara dengan stasiun radio pemerintah Amerika Serikat, Voice of America (VoA).
Wawancara jarak jauh itu tiba-tiba terhenti setelah enam polisi menggerebek kediamannya. Profesor Sun Wenguang dinyatakan hilang hari Jumat (3/8/2018). Wawancara terakhir pada Rabu malam berakhir dengan suara mencurigakan.

Sun awalnya sedang berbicara dengan stasiun VoA. Di tengah wawancara, setengah lusin petugas polisi menerobos masuk ke apartemennya di Kota Jinan bagian timur.

Suara terakhirnya yang terdengar oleh stasiun radio adalah; "Saya memiliki kebebasan berbicara". Setelah suara itu, wawancara terhenti total.

VoA menyatakan, Sun belum menanggapi upaya wartawan yang menghubunginya. Namun, beberapa sumber yang menolak diidentifikasi mengatakan profesor itu ditahan di sebuah hotel yang dikelola militer di Jinan.

Sebagai profesor fisika, Sun yang berusia 84 tahun telah lama bersikap kritis terhadap kepemimpinan komunis China. Kritik terbarunya adalah soal pengeluaran besar China pada proyek-proyek pembangunan di luar negeri pada saat banyak orang China menderita kemiskinan.

Kritik Sun terakit dengan inisiatif "Belt and Road" Presiden dan pemimpin Partai Komunis, Xi Jinping, yang telah mengalokasikan sekitar USD1 triliun untuk pelabuhan, pembangkit listrik dan proyek lain yang menghubungkan China ke sebagian Asia, Eropa, Afrika, dan lainnya.

Inisiatif itu baru-baru ini mengalami hambatan karena negara-negara yang terlibat menolak utang besar yang akan mereka tanggung.

Dalam wawancara radio itu, Sun sempat melontarkan kritikan keras."Melempar uang di sekitar seperti ini tidak bermanfaat bagi negara dan masyarakat kami," katanya.

Sun merupakan koordinator penandatangan "Charter 08", sebuah seruan untuk reformasi demokratis. Rekannya, sesama penulis, Liu Xiaobo yang memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian meninggal tahun lalu ketika menjalani hukuman subversi.

Pandangan Sun telah membuatnya mendapat tindakan keras. Di antaranya, ancaman penjara, pengajuan paspor ditolak dan uang pensiunnya dipotong.

Menanggapi penahanan Sun, politisi Partai Republik AS Chris Smith menyerukan China agar segera membebaskannya.

"Orang-orang China dan Amerika harus terus bekerja menuju hari ketika seseorang seperti Profesor Sun dapat secara terbuka berbagi pendapatnya, melalui pers yang bebas, tanpa takut akan pembalasan," kata Smith.

(mas)

https://international.sindonews.com/...dio-1533285746
dah ga aneh ......................... emoticon-Ngacir
Quote:


ente kok sangat terobsesi dgn amoy?emoticon-Bingung emoticon-Bingung

Profesor China Pengkritik Rezim Komunis Hilang usai Wawancara Radio AmerikaProfesor China Pengkritik Rezim Komunis Hilang usai Wawancara Radio AmerikaProfesor China Pengkritik Rezim Komunis Hilang usai Wawancara Radio Amerika
KASKUS Ads
image-url-apps
China sama kayak arab, suka nangkep-nangkepin aktifis
image-url-apps
China seperti ahyan, nggak mau dikritik emoticon-Traveller
image-url-apps
Jgn sampe kekubur nh thread emoticon-Leh Uga
image-url-apps
salah bule paok pokoknya
image-url-apps
makanya kumpulan orang gila pemuja menlen disini gak ada yg mau balik ke menlen emoticon-Najis

negara komunis baperan emoticon-Najis

disini lu orang bebas mengkritik pemerintah selama gak memfitnah dan gak pake kata2 kasar emoticon-Ngakak
amerika akan dapat satu pelajaran bahwa susah untuk hancurkan china dari dalam

china tak bisa hancur seperti uni soviet
image-url-apps
Whoa alergi kritik toh
image-url-apps
Kasian lah profesor itu, pasti sudah ditenggelamkan sampai tak bisa bernafas dikolam berak emoticon-Sorry
image-url-apps
Quote:


Paling lagi diborgol trus diberakin secara bergiliran sama xi jinping dan konco2nya
image-url-apps
Quote:


emoticon-Ngakak
image-url-apps
komumis tidak.sama dengan atheis
×