alexa-tracking

Tekanan Darah Normal

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6bbee0a2c06eea078b4567/tekanan-darah-normal
Tekanan Darah Normal
Tekanan Darah
Tekanan darah adalah tekanan  yang di perlukan agar darah dapat mengalir di dalam pembuluh darah dan beredar mencapai semua jaringan tubuh manusia. Fungsi darah dalam tubuh adalah mengangkut oksigen serta zat-zat yang diperlukan bagi kehidupan sel sel tubuh serta mengangkut sisa hasil metabolisme dari dalam jaringan tubuh.
Tekanan darah diukur menggunakan tensimeter dengan satuan mmHG (Milimeter Air Raksa)
Tekanan darah dibedakan menjadi:
  • Tekanan darah sistolik yaitu tekanan darah saat otot jantung menguncup, berkontraksi dan memompa darah penuh oksigen ke pembuluh darah. Tekanan darah sistolik akan berubah ubah sesuai dengan kegiatan yang dikerjakan.
  • Tekanan darah diastolik yaitu tekanan darah saat jantung mengendor kembali dan darah terisi ulang dalam jantung. Tekanan darah diastolik relatif tidak berubah.

Gangguan Tekanan Darah
Tekanan Darah Normal


Kondisi dimana tekanan darah terlalu tinggi, diatas 140/90 mmHG
  • Hipotensi

Kondisi dimana tekanan darah terlalu rendah, di bawah 90/60 mmHG
Klasifikasi Tekanan Darah
Tekanan Darah Normal

Faktor yang Mempengaruhi Tekanan Darah
Tekanan darah dipengaruhi oleh banyak faktor :
  • Usia

Semakin usia seseorang bertambah tekanan darah cenderung meningkat.

Stres merupakan suatu keadaan yang bersifat internal, dapat disebabkan oleh tuntutan fisik, lingkungan, dan situasi sosial yang berpotensi merusak dan tidak terkontrol sehingga akan berdampak pada perubahan tekanan darah yaitu peningkatan tekanan darah secara intermiten atau tidak menentu
  • Konsumsi garam

Konsumsi garam yang berlebih dapat meningkatkan tekanan darah. Oleh karena itu, penderita hipertensi disarankan tidak mengonsumsi garam berlebih. Dianjurkan tidak mengonsumsi garam 6 gram setiap harinya

Kondisi kekurangan cairan seperti diare dapat menurunkan tekanan darah. Oleh karena itu, konsumsi air minimal 10 gelas setiap hari.

Disadur dari: www.sayasehat.id
image-url-apps
Pertamax gan
image-url-apps
emoticon-Cendol Gan
×