alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Mengatasi Keraguan Yang Kerap Timbul Saat Membeli Mobil Bekas
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6baea362088105458b4569/mengatasi-keraguan-yang-kerap-timbul-saat-membeli-mobil-bekas

Mengatasi Keraguan Yang Kerap Timbul Saat Membeli Mobil Bekas

Saat seseorang ingin membeli sebuah mobil, banyak dari mereka yang lebih memilih untuk beli mobil keluaran baru dibandingkan dengan membeli mobil bekas.

Ternyata hal ini dipicu oleh keraguan para pembeli dengan kualitas mobil bekas ketika sudah dibeli. Masalahnya, banyak orang yang membeli mobil bekas mengalami masalah setelah pembelian. Melihat fakta tersebut, keraguan para calon pembeli mobil bekas sangatlah wajar.

Mengatasi Keraguan Yang Kerap Timbul Saat Membeli Mobil Bekas

Biarpun begitu, hal ini tidak selamanya terjadi dan bisa dicegah. Ini dia beberapa hal yang kerap ditakutkan dan juga solusi untuk mengatasai masalah tersebut.

1. Mobil Tampak Bagus tapi Punya Masalah Tersembunyi

Kasus yang sering terjadi ialah saat mobil bekas incaran diperiksa bahkan dites di jalan, tidak ada masalah yang terasa sama sekali. Pihak penjual pun telah meyakinkan calon pembeli mengenai kondisi mobil, akan tetapi, setelah dibeli mobil tersebut pun mulai rewel.

Keraguan ini nampaknya menjadi ketakutan hampir seluruh orang yang akan membeli mobil bekas. Hal ini biasanya disebabkan oleh pembeli yang terlalu terburu-buru memutuskan atau kurangnya pengetahuan pembeli mengenai cara memeriksa mobil.

Baca Juga : 5 Kesalahan Umum Yang Sering Terjadi Saat Membeli Mobil Bekas

Maka itu, pastikanlah untuk melakukan cek kondisi menyeluruh dan seksama sebelum membeli mobil bekas idaman, ada baiknya bawa teman atau tenaga ahli yang memang paham mengenai cara memeriksa kondisi mobil bekas, atau kamu bisa mencari situs jual beli mobil bekas yang memang terpercaya seperti halnya Garasi.id.

2. Odometer Telah Diotak-atik

Angka pada odometer merupakan salah satu hal yang kerap dipertimbangkan sebelum membeli mobil bekas. Semakin tinggi angkanya maka kondisi mobil tersebut pun harus diperiksa dengan lebih mendalam.

Ada saja penjual yang mengotak-atik penunjuk ini untuk mengelabui pembeli. Praktik semacam ini pun secara tak sadar mempengaruhi pembeli sehingga ragu ketika akan membeli mobil bekas.

Tidak ada cara yang pasti untuk mengetahui keaslian odometer, cara paling baik untuk meminimalisir resiko ini adalah dengan membeli mobil dengan service record lengkap di bengkel resmi.

Dengan begitu pembeli bisa melakukan cross check dengan menggunakan buku servis dari mobil tersebut.

3. Mobil Bekas yang Dijual Pernah Mengalami Kecelakaan

Seiring waktu, kondisi mobil tentu akan mengalami penurunan. Namun begitu, kondisi mobil pun akan tetap terjaga bila diurus dengan baik. Kerusakan minor seperti ini merupakan yang lumrah bahkan sudah dimaklumi para pembeli mobil bekas.

Lantas, bagaimana jika sebenarnya mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan sehingga banyak fungsinya yang rusak parah. Biarpun telah mengalami proses perbaikan, umumnya fungsi dari mobil tersebut akan mengalami penurunan. Hal inilah yang lalu jadi ketakutan para pembeli mobil bekas.

Akan lebih mengerikan lagi bila penjual tidak berterus terang mengenai kondisi tersebut dan menjual mobil dengan harga pasaran. Membeli mobil bekas dengan keadaan seperti ini benar-benar harus dihindari!

4. Mobil Bekas Merupakan Hasil Curian

Membeli mobil bekas hasil curian bisa menimpa siapa saja. Kadang mobil ini dijual dengan harga yang lebih murah dengan alasan surat-suratnya hilang atau bermasalah. Saat sudah dibeli, tahu-tahu ada pemilik yang mengklaimnya dengan menunjukkan surat kepemilikan yang sah.

Kejadian ini tentu bisa menimbulkan kerugian besar bagi pemilik. Saat ingin menuntut penjual, ia pun sudah hilang entah ke mana. Agar hal seperti ini tidak terjadi, berhati-hatilah dan lebih teliti dalam memeriksa surat-surat kendaraan.

Periksa surat-surat dengan teliti, cocokkan identitas pada BPKB, STNK dengan KTP pemilik atau penjual. Pastikan lengkap dan juga cocokkan surat dengan fisik mobil.

5. Bawa Teman atau Gunakan Tenaga Ahli

Saat akan membeli mobil bekas, ada baiknya Sahabat membawa teman atau bantuan profesional yang mengerti mobil. Dengan adanya bantuan dari orang lain, tentunya pemeriksaan akan lebih teliti. 

Baca Juga : Khusus Pemula, Ini 5 Tips Simpel Memilih Mobil Bekas Berkualitas

Untuk menghindari masalah di atas dan menambah kepercayaan sebelum membeli mobil bekas idaman, Garasi.id pun hadir untuk membantu Sahabat untuk menemukan mobil bekas idaman yang akan dibeli. 

Sumber : Garasi.id


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di