alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Lombok Diguncang Gempa, Kemensos Terjunkan Pendamping PKH
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6b88f512e25729218b4579/lombok-diguncang-gempa-kemensos-terjunkan-pendamping-pkh

Lombok Diguncang Gempa, Kemensos Terjunkan Pendamping PKH

Lombok Diguncang Gempa, Kemensos Terjunkan Pendamping PKH

Jakarta, IDN Times - Pemerintah menjamin kesejahteraan penerima bansos PKH yang menjadi korban gempa berkekuatan 7 SR di Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Menurut Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Kementerian Sosial Harry Hikmat, mereka akan tetap menerima bansos PKH kendati tempat tinggalnya telah rata dengan tanah.

"Justru itu yang dijadikan prioritas. Sekarang seluruh pendamping PKH sebanyak 1.125 sudah diinstruksikan turun ke lapangan. Seluruh pendamping di semua kabupaten/kota di NTB harus melakukan pendataan ulang terhadap kondisi keluarga penerima manfaat (KPM) PKH yang kemungkinan besar menjadi korban," ujar Harry saat ditemui IDN Times di Jakarta, Rabu (8/8).


1. Kemensos berkoordinasi dengan Himbara
Lombok Diguncang Gempa, Kemensos Terjunkan Pendamping PKH
Contoh kasus yang ditemukan di Lombok Timur, lanjut Harry, ada 75 korban penerima PKH yang rumahnya rata dengan tanah. Keberadaan kartu ATM dan buku tabungan harus dipastikan. Menurut Harry, sebagian besar kartu ATM masih ada, namun tertimbun di reruntuhan rumah.

"Kami sudah koordinasi dengan Himbara. Di sana ada BRI untuk menggantikan kartu yang hilang tertimbun. Jadi daripada menunggu rumahnya dibongkar dengan alat berat, lebih baik kartu segera diganti. Yang lama nanti dinonaktifkan. Yang jelas KPM PKH mendapatkan pendampingan intensif dari pendamping PKH," imbuh Harry.


2. Pendataan PKH masih berjalan
Lombok Diguncang Gempa, Kemensos Terjunkan Pendamping PKH
Harry menjelaskan, pendataan anggota PKH masih dilakukan. Beberapa kabupaten, seperti Lombok Utara, sekitar 75 persen sudah teridentifikasi merupakan korban.

"Karena umumnya rumahnya itu bukan yang tahan gempa. Sekarang para pendamping di antaranya juga menjadi korban. Jadi kita harus memaklumi kerja dari pendamping yang belum optimal sepenuhnya. Sebab, saya menemukan dua pendamping yang rumahnya rata dengan tanah. Itu juga harus menjadi perhatian," ujarnya.


3. Bantuan pemerintah telah disalurkan
Lombok Diguncang Gempa, Kemensos Terjunkan Pendamping PKH
Hingga saat ini, total bantuan pemerintah yang telah disalurkan untuk korban gempa terdiri dari bantuan lositik, santunan ahli waris tahap satu dan tahap dua untuk 109 orang, dan 8.000 paket sembako adalah Rp 3,1 miliar. Bantuan logistik dalam bentuk lauk pauk, sandang, tenda, matras, kids ware, selimut, family kids, food ware, kasur, velbed, beras, sembako.

"Total ada 11 ribu paket sembako yang berisikan beras 5 kg dan lauk-lauk bergizi. Termasuk korban PKH diberikan paket sembako, khususnya mereka yang kesulitan memenuhi kebutuhan makanan karena tidak di pengungsian yang besar," kata Harry.


4. Ratusan tenda darurat didirikan
Lombok Diguncang Gempa, Kemensos Terjunkan Pendamping PKH
Harry menambahkan, jika disisir dari Mataram, Lombok Utara, Lombok Timur, Lombok Tengah, dan Lombok Barat, di kiri kanan banyak tenda darurat dari terpal yang secara swadaya dibangun masyarakat.

"Dari Kemensos saja ada 630 tenda yang didistribusikan dan sudah terpakai. Dan seperti itu mereka swadaya. Mereka lebih senang dekat rumah sendiri walau runtuh. Mungkin ada sebagian yang bisa difungsikan, mereka bisa menyiapkan makanan sendiri sehingga kita tidak paksakan mereka datang ke pengungsian besar," kata Harry.


Sumber : https://www.idntimes.comnews/indones...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Lombok Diguncang Gempa, Kemensos Terjunkan Pendamping PKH 8 Ribu Lebih Wisatawan Dievakuasi 3 Gili Nyaris Kosong

- Lombok Diguncang Gempa, Kemensos Terjunkan Pendamping PKH BNPB NGO Asing Nyelonong Masuk ke Lokasi Gempa Lombok

- Lombok Diguncang Gempa, Kemensos Terjunkan Pendamping PKH Banyak Isu Maling dan Penjarahan Kapolri Angkat Bicara



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di