alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Nagasaki: Dulu Dan Sekarang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6b768662088144248b456b/nagasaki-dulu-dan-sekarang

Nagasaki: Dulu Dan Sekarang

Sekilas info


Jujur, walau Hiroshima dan Nagasaki sama-sama terkena bom atom, saya lebih sering mendengar tentang Hiroshima dibanding Nagasaki. Entah karena Hiroshima kota yang di bom duluan (sehingga lebih populer), atau karena Hiroshima lebih serius dalam hal publikasi yang berkaitan dengan bom atom. Alhasil saya baru ngeh jika ada 2 pengertian saat menyebut nama Nagasaki, apakah yang dimaksud adalah prefetur Nagasaki, atau kota Nagasaki; kota terbesar sekaligus ibukota dari prefektur Nagasaki. Berhubung yang akan dibahas berkaitan dengan tema bom atom, jadi yang saya sebut selanjutnya adalah kota Nagasaki. Kota ini terletak di pulau Kyushu, pulau ketiga terbesar di Jepang. Bagi yang belum tahu dimana posisi kota Nagasaki dalam peta Jepang, bisa lihat foto berikut ini:


Nagasaki: Dulu Dan Sekarang

Posisi Nagasaki dalam peta Jepang [foto: Luinil/wikimedia]


Iklim di Nagasaki tak jauh berbeda dengan Hiroshima, yaitu memiliki karakteristik iklim subtropis. Musim panas di Nagasaki bisa sangat lama dan lembab (suhu rata-rata 28-30 derajat Celcius, walau pernah juga mencapai 37 derajat Celcius), sementara musim dinginnya tak terlalu dingin (antara 10-13 derajat Celcius dan pernah mencapai 22 derajat Celcius).


Sejarah singkat


Jika melihat dari peta di foto 01, bisa dilihat jika posisi Nagasaki berada cukup dekat dengan wilayah Asia lainnya. Jadi nggak heran jika Nagasaki memiliki peran yang cukup penting sebagai salah satu pintu masuk jalur perdagangan ke wilayah Jepang sejak jaman dahulu kala. Setidaknya, pada abad ke-16 diketahui kota ini menjadi salah satu kota yang memulai kontak dengan penjelajah Portugal dan cukup mendapat pengaruh dari negara Eropa lainnya. Jadi tak heran jika di Nagasaki cukup mudah untuk menemukan gereja dan situs bersejarah yang berkaitan dengan agama Kristen, dan pelabuhan Nagasaki menjadi salah satu dari sedikit pelabuhan yang dibuka saat periode Edo (saat Jepang menutup diri dari pengaruh luar), walau ada juga yang berpendapat Nagasaki menjadi satu-satunya pintu masuk pengaruh barat ke Jepang pada masa tersebut.


Nagasaki: Dulu Dan Sekarang

Urakami Cathedral, salah satu gereja di Nagasaki [foto: 663highland/wikimedia]


Pada perkembangannya, setelah periode Edo berakhir dan berganti ke Restorasi Meiji, Nagasaki berkembang pesat sebagai kota pelabuhan sekaligus kota industri berat. Namun kejayaan Nagasaki sempat hancur saat sebuah bom atom dengan kode nama “fat man†dijatuhkan oleh tentara Amerika. Berbeda dengan bom tipe uranium yang dijatuhkan di Hiroshima, “fat man†ini merupakan bom plutonium yang memiliki daya hancur lebih kuat dibanding bom Hiroshima, dan Nagasaki menjadi kota pertama (mudah-mudahan yang terakhir) yang mendapat serangan bom tipe plutonium. Peristiwa yang terjadi pada 9 Agustus 1945 pukul 11.02 waktu setempat itu menghancurkan seluruh kota dalam waktu kurang dari satu detik saja! Bayangkan, sebuah kota yang sedang sangat maju dalam bidang industri tiba-tiba dihancurkan begitu saja. Sudah pasti banyak korban jiwa yang berjatuhan, dan banyak aset berharga yang hancur dalam waktu singkat. Diperkirakan 40000 jiwa tewas seketika akibat serangan bom atom, dan setelah diakumulasi total korban jiwanya mencapai 73884 jiwa, sementara jumlah korban yang luka-luka mencapai 74909. Untungnya, walau bom fat man ini lebih kuat daya hancurnya dibanding bom Hiroshima (tipe “little boyâ€), karena pengaruh kondisi geografis Nagasaki yang berkontur, kerusakan di kota ini tak begitu besar dibanding Hiroshima.


Nagasaki: Dulu Dan Sekarang

Hypocenter (titik jatuhnya bom) Monument di Nagasaki [foto: Unit3000-21/wikimedia]


Nagasaki saat ini


Paska serangan tersebut, Nagasaki secara perlahan kembali membenahi diri. Walau proses pembangunan kembali terbilang lambat, namun secara bertahap bangunan baru mulai dibangun untuk menggantikan bangunan lama, seperti aneka kuil, bangunan industri, dan banyak lagi. Nagasaki saat ini sudah kembali menjadi kota pelabuhan yang cantik dan atraktif, terutama setelah pada tahun 2005 beberapa kota dilebur ke dalam wilayah Nagasaki. Kota Nagasaki kini memiliki beberapa spot wisata menarik, dan sama seperti Hiroshima, juga memiliki Peace Park sebagai tempat untuk mengenang jatuhnya bom atom di Nagasaki. Detail tentang Peace Park dan obyek wisata menarik lainnya di Nagasaki akan saya ulas terpisah ya. Untuk sementara, silahkan melihat-lihat kecantikan kota Nagasaki saat ini dalam rangkaian foto berikut ini.


Nagasaki: Dulu Dan Sekarang

Nagasaki di malam hari [foto: 663highland/wikimedia]


Dari Tokyo ke Nagasaki


Jika melihat dari peta di foto 01, bisa dilihat jika jarak Nagasaki dan Tokyo cukup jauh. Namun jangan takut untuk berkunjung ke kota ini. Mengingat sebagian besar kota di Jepang sudah terhubung dengan jaringan transportasi yang sangat baik, tak sulit kok untuk mencapai Nagasaki dari Tokyo. Saya mengumpulkan 2 cara paling mudah untuk mencapai Nagasaki, yaitu menggunakan kereta cepat (shinkansen) dan menggunakan pesawat domestik.


Jika menggunakan shinkansen, ada 2 pilihan tipe perjalanan yang bisa dipilih, apakah menggunakan shinkansen Nozomi (shinkansen tercepat di jalur JR Tokaido/Sanyo Shinkansen) atau menggunakan shinkansen tipe lainnya seperti Hikari dan Sakura. Jika menggunakan shinkansen Nozomi, waktu tempuh antara Tokyo-Nagasaki hanya kira-kira 7,5 jam saja (transfer di Stasiun Hakata, Fukuoka; lalu lanjut naik kereta ke Nagasaki). Sayangnya shinkansen Nozomi tidak di cover oleh JR Pass. Sedangkan jika menggunakan shinkansen Hikari dan Sakura (di cover oleh JR Pass), waktu tempuhnya kira-kira 8,5 jam (transfer di Stasiun Shin-Osaka).


Untuk pesawat domestik, bisa memilih penerbangan yang turun di Nagasaki Airport maupun Fukuoka Airport. Untuk penerbangan yang turun di Nagasaki Airport, budgetnya cukup lumayan yah, bisa berkisar ¥40000* (kecuali jika sedang promo). Waktu tempuhnya kira-kira 2 jam saja, belum termasuk 45 menit tambahan untuk mengakses pusat kota Nagasaki. Sedangkan jika turun di Fukuoka Airport, budgetnya bisa lebih ekonomis lagi karena ketatnya persaingan di rute tersebut (kira-kira ¥30000*-40000*). Hanya saja waktu tempuhnya sedikit lebih lama, karena perlu waktu kira-kira 2,5 jam tambahan untuk mengakses Nagasaki dari Fukuoka.
























Ketiax emoticon-Coblos
Jepang emoticon-Matabelo
indah juga ya emoticon-Matabelo
disiplin tinggi
kpn ya bisa ke Jepun.....

foto2 sama bintang JAV...

hahahahahahaha......
di jepang nagasaki
disini nagasari
emoticon-Big Grin


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di