alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
INVESTIGASI: DKI Raih Opini WTP Meski Banyak Aset Terancam Hilang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6b58c91cbfaa28228b4567/investigasi-dki-raih-opini-wtp-meski-banyak-aset-terancam-hilang

INVESTIGASI: DKI Raih Opini WTP Meski Banyak Aset Terancam Hilang

INVESTIGASI: DKI Raih Opini WTP Meski Banyak Aset Terancam Hilang
Kisruh Pembelian Lahan Cengkareng

Reporter: 
Tempo.co


Editor: 
Suseno



Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan opini wajar tanpa pengecualian atau WTP kepada DKI Jakarta tanpa memeriksa semua aset yang menyimpan konflik. BPK hanya mengambil sejumlah sampel untuk diperiksa yang nantinya dijadikan salah satu dasar penilaian.


“Jadi kami memotret obyek tertentu. Mana yang paling berisiko, itulah yang kami dalami. Termasuk aset-aset bermasalah. Jadi tidak diberondong semua, nanti pelurunya habis,” kata Pelaksana Tugas Kepala BPK Jakarta Aryo Seto Bomantari, kepada Tempo, Kamis, 26 Juli 2018.

Pernyataan Aryo Seto itu dikutip dari laporan investigasi Majalah Tempo edisi 30 Juli-5 Agustus 2018. Investigasi ini terselenggara atas kerja sama dengan Change.org dan Kita Bisa dalam program #Bongkar.

Berdasarkan penelusuran Tempo, dua tahun lalu BPK menemukan ada sekitar 1.400 surat izin penunjukan penggunaan tanah yang fasilitas sosial dan fasilitas umumnya belum ditagih. Pemerintah DKI diminta menyelesaikan problem tersebut. Namun, dalam laporan audit terbaru, BPK tidak menganggap itu sebagai masalah, meski jumlah fasilitas sosial dan fasilitas umum yang belum tertagih masih sekitar 1.100

”Asalkan dicatat dan diterangkan dalam laporan keuangan, audit tidak masalah,” kata Aryo Seto. “Kami melihat dokumen yang menjadi dasar pencatatan. Tentu saja sesuai dengan sampel yang kami temukan. Jika ragu, kami konfirmasi kepada lembaga yang bersangkutan.”

Contohnya adalah pembelian tanah oleh pemerintah di Cengkareng pada 2015. Belakangan diketahui, tanah itu ternyata milik pemerintah juga. Akibatnya, kepemilikan lahan itu tercatat di dua lembaga, yaitu Dinas Perumahan sebagai pembeli dan Dinas Kelautan sebagai pemilik lama.



Dalam laporan hasil pemeriksaan 2016, BPK meminta DKI membereskannya. Namun dalam audit 2017, masalah ini tidak lagi dipersoalkan. Uang negara sebesar Rp 668 miliar yang sudah terlanjur dikeluarkan untuk pembelian lahan, belum bisa diselamatkan.



Tanah Cengkareng muncul karena dicatat di dua satuan kerja perangkat daerah. Dari situ saja sudah salah. Tapi, pada 2017, DKI memperbaiki laporan dengan mereklasifikasi aset tersebut ke dalam aset lain-lain,” kata Aryo Seto. “Untuk proses hukum tak kami pertimbangkan dalam audit. Hasilnya nanti kami pantau.”


Menurut Aryo Seto, pelaporan aset merupakan salah satu faktor yang menjadi persoalan dalam pemeriksaan 2013-2016. Sebab untuk mendapat opini wajar tanpa pengecualian, laporan keuangan pemerintah daerah harus memenuhi standar akuntansi pemerintahan yang material, tidak ada pembatasan lingkup yang material, tidak ada sesuatu yang membatasi pemeriksaan. “Kalau semua itu dipenuhi, maka WTP,” katanya.

Sumur : INVESTIGASI: DKI Raih Opini WTP Meski Banyak Aset Terancam Hilang

Saking carut marutnya data aset, sampe-sampe ada dua SKPD yang ngakuin satu lokasi.

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
delafan fuluh juta emoticon-Ngakak
tahun 2019 DKI bakal dapat predikat WTP lagi dari BPK emoticon-Cool









Itu pun klo BPK, masih sayang ama mayatnya yang.... emoticon-Embarrassment
WTF emoticon-Kagets
yah semoga bisa diselamatkan
dapet penghargaan kayak jabar yah
Diubah oleh frimen
bpk dah bosen bertengkar ma gubernur dki yg dulu
Trit ini dipersembahkan oleh :

VPN.
Liat tahun awal masalah... dan terbukti.. bahwa.. ahh sudahlah..

Dijamin ga akan mengaku.

emoticon-Turut Berduka
Tenang, ada yg ilang pun gabakal ketahuan, kan lewat vpn
Bodo amat toh pilihan umat ini kan

emoticon-Ngakak

Asal tau aja kalo salah ya salah umat nya yg milih
Dosa ya di tanggung yg milih

emoticon-Recommended Seller
Diubah oleh bajier
ngeri....
Wani piro
ngohaha
dapet WTP dari lapo emoticon-Shakehand2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di