alexa-tracking

Menteri Kesehatan Tak Tahu Kandungan Vaksin MR yang Diimpor dari India

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6b55bedad770212e8b4571/menteri-kesehatan-tak-tahu-kandungan-vaksin-mr-yang-diimpor-dari-india
Menteri Kesehatan Tak Tahu Kandungan Vaksin MR yang Diimpor dari India
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengaku tidak mengetahui kandungan vaksin measles dan rubella (MR) yang diimpor dari Serum Institute of India (SII). Menurut dia, pabrik merahasiakan kandungan yang ada di vaksin tersebut.

Hal tersebut disampaikan Nila saat ditanya apa saja yang ada dalam kandungan vaksin MR, mengingat di masyarakat muncul perdebatan mengenai kehalalannya.

"Kita enggak bisa (tahu). Itu kan pabrik yang punya. Enggak boleh dong. Rahasia pabriknya kita enggak bisa," kata Nila di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (7/8/2018).

Kendati demikian, Nila meyakini SSI mau membuka kandungan vaksin itu untuk kepentingan sertifikasi halal oleh Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI).


Nila mengatakan, Kemenkes sudah mengirimkan surat kepada SII yang berisi permintaan agar mereka menyiapkan dokumen yang berkaitan dengan sertifikasi halal. Sampai saat ini Kemenkes masih menunggu jawaban dari SII.

"Begitu datang, dokumennya sudah selesai, nanti MUI yang menyatakan sertifkat ini," kata dia.

Sambil menunggu proses sertifikasi selesai, menurut dia Kemenkes akan tetap terus memberikan vaksin MR kepada masyarakat. Namun, ia memaklumi jika ada masyarakat yang menolak.

Kalau kami dari sisi kesehatan tentu harus menjaga kesehatan masyarakat. Campak bisa mematikan. Rubella membuat kecacatan yang akan membebani bangsa kita negara kita. Oleh karena itu, dari sisi kesehatan kami harus tetap melakukan imunisasi," kata Nila.


MUI sebelumnya menyarakan agar umat Islam tidak menggunakan vaksin imunisasi measles dan rubella (MR) bila tidak yakin vaksin tersebut halal.

"Kalau kita masih ragu vaksin ini tidak halal, ya tinggalkan," ujar Sekjen MUI Anwar Abbas di Kantor MUI, Jakarta, Senin (6/8/2018).

Dalam perspektif Islam, kata dia, segala sesuatu sesuatu yang dimasukan ke dalam tubuh atau dikonsumsi, harus jelas halal atau haramnya. Sementara vaksin imunisasi MR belum jelas halal atau haramnya.

MUI belum mengeluarkan sertifikat halal untuk vaksin imunisasi MR. Hingga Senin (6/8/2018), MUI belum menerima surat permintaan pengujian dari Kemenkes.

https://nasional.kompas.com/read/2018/08/07/14194451/menteri-kesehatan-tak-tahu-kandungan-vaksin-mr-yang-diimpor-dari-india

Ane juga gak tau
image-url-apps
Wueedan sekelas mentri isi kandungam vaksi ngak ngerti
Kerjanya ngapain aja woooy
emoticon-Blue Guy Bata (L)
nah kan, berarti udah halal dong, ga ada babi di india.
KASKUS Ads
image-url-apps
Kabinet profesional

image-url-apps
Vaksin ini digunakan juga oleh Yahudi
Lah buat Yahudi kan biba itu haram
Jadi ikutin aja Yahudi

Kan emang Yahudi yang duluan mengharamkan biba
image-url-apps
itu menteri kesehatan ato cuma sales odong odong... lah nasib rakyat indonesia bener bener si anggap cuma mainan oleh nih pemerintah ampe yg beginian omonganx cuma bilang tidak tau.. lah kementrian kesehatan gak ada orang teknis yg melakukan uji klinik dan kimia dari nih vaksin ..gila loe dro... jok jok gini kualitas menteri mu.. bener bener mencerminkan junjungan
Quote:


Mungkin pake kencing anjing
image-url-apps
kalo perlu juice sayap lalat bisa kita sediakan

ongkir ditanggung buyer

emoticon-Traveller
image-url-apps
wah saiya pun tak tahu
image-url-apps
Quote:


Quote:


gk baca paragraf pertama
atau lagi sarkas gan?
Kalau untuk kesehatan mending pilih obat yang terbaik lah, nggak usah ada halal haram lagi, kan darurat.

Bayangin kita di ICU. Ada pengobatan dengan laser dengan tingkat keberhasilan penyembuhan 90%, kemudian ada pengobatan tradisional dengan tingkat keberhasilan penyembuhan 50%, pilih yang mana?

Kalau SII ngambek karena Menkes kepo terus sama rahasia bisnis mereka bagaimana? Nanti SII nggak mau jualin vaksin lagi ke Indonesia, dan Indonesia beli vaksin produk lain yg kualitasnya lebih buruk.
image-url-apps
Kalo level menteri tdk tau, trus gw tanya ke siapa emoticon-Big Grin
Quote:


Gk baca isi berita nih
image-url-apps
rezim ga beres...dari awal seharusnya sudah diantisipasi

2019gantipresiden
image-url-apps
Mentri kemplu
dulu ada berita yang bilang di negara ngarap sangudi sono, vaksin MR juga diwajibkan

kenapa gak pindah impor dari negara varokah saja? tanpa rekom MUI sini pun sudah auto halal

emoticon-Wkwkwk
×