alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Apa susahnya mencari cawapres
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6b22fede2cf22e6a8b456c/apa-susahnya-mencari-cawapres

Apa susahnya mencari cawapres

Apa susahnya mencari cawapres

MANGGIS | Inilah awal pemilihan presiden yang ditapaki dengan ketidakjelasan. Rakyat dibiarkan bermain tebak-tebakan isi buah manggis. Menebak jumlah biji manggis ketika kelopak tangkai buah sudah dicabut.

Bila dibandingkan pilpres sebelumnya (secara langsung), Pilpres 2019 tak dibuka dengan langkah ringan. Dalam Pilpres 2004, 2009, dan 2014, ayunan langkah pasangan calon lebih siap melenggang. Soal calon wakil presiden tak terantuk-antuk.

Sekian pekan siapa cawapres untuk bakal capres Joko "Jokowi" Widodo maupun Prabowo Subianto masih berupa rumor. Spekulatif. Padahal tenggat di Komisi Pemilihan Umum adalah Jumat 10 Agustus besok.

Lantas menjelang tenggat perkembangannya cepat. Ada kabar Partai Demokrat kecewa, merasa ditinggal Prabowo dan Gerindra. Makin kuat indikasi Prabowo memilih Sandiaga Uno, kadernya, sebagai cawapres. Juga ada kabar Partai Kebangkitan Bangsa, pendukung Jokowi, akan membentuk poros ketiga bersama Demokrat dan Partai Amanat Nasional. Mereka ogah ke Prabowo tapi enggan merapat ke Jokowi.

Mari menapak tilas, mundur ke pangkal...

Pencalonan Prabowo tak ternyatakan sejak awal oleh Gerindra. Harus ada desakan dari calon mitra koalisi, yakni Parai Keadilan Sejahtera. Tapi setelah ada deklarasi, PKS tak langsung bergabung. Ada syarat soal cawapres, harus dari mereka. Bahkan PKS punya sembilan nama.

Dari sisi Jokowi sebagai petahana, soal cawapres juga belum jelas -- terutama bagi rakyat, bukan bagi elite koalisi pengusung. Rumor seputar cawapres di kedua kubu adalah isu keberterimaan di kalangan pemilih muslim. Dari pihak Jokowi ada niat agar tak ada kasus Al Maidah jilid dua.

Sebagai realitas politik, soal pasangan yang dipersepsikan ramah terhadap kepentingan muslim sudah berlangsung sejak dulu. Bedanya, kali ini isunya lebih artikulatif. Disebutkan jelas sebagai syarat. Malah ada klaim koalisi keumatan dari pendukung Prabowo. Koalisi seberang dapat dipandang tak ramah umat.

Dalam perjalanan waktu, Demokrat akhirnya merapat ke kubu Prabowo karena ada kendala komunikasi Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum PDI Perjuangan.

Demokrat mendukung Prabowo tak hanya berarti mobilisasi suara kader namun juga perbekalan. Apakah hal itu berarti Demokrat inginkan Agus Harimurti, putra SBY, sebagai cawapres, pihak Demokrat membantah.

Bagi PKS, jika cawapres tak seperti keinginan mereka berarti ada peluang untuk abstain dalam Pilpres 2019. Gertakan merajuk? Mari menunggu koalisi pengusung menyerahkan map ke KPU. Tetapi pendaftaran pasangan ke KPU baru langkah awal. KPU masih harus menetapkan.
Apa susahnya mencari cawapres


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ncari-cawapres

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Apa susahnya mencari cawapres IHSG ditutup di zona hijau

- Apa susahnya mencari cawapres Hoax jutaan pekerja Tiongkok di Morowali

- Apa susahnya mencari cawapres Waspadai peredaran air zamzam palsu

wapres yang sekarang juga kaga jelas kerjanya apa emoticon-Big Grin
sebenernye para capres ini gak bakal sulit cari cawapres emoticon-Ngakak

cuman, parpol2x koalisi khontol ini egonya kebangetan emoticon-Ngakak

tiap parpol ngajuin cawapres semua
tapi, ya gitu
kualitas cawapresnya amsyong sekali emoticon-Wkwkwk

kalo cari cawapres, mending dari luar parpol
banyak kandidat itu mah

sri mulyani, mahfud md, susi pujiastuti, dahlan iskan dll


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di