alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Dihambat di India dan Eropa, Sawit Tak Lagi Sumber Devisa Terbesar R
3 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6aff1cd9d77000568b4571/dihambat-di-india-dan-eropa-sawit-tak-lagi-sumber-devisa-terbesar-r

Dihambat di India dan Eropa, Sawit Tak Lagi Sumber Devisa Terbesar R

Perluasan program penggunaan biodiesel 20 persen (B20) ke sektor non Public Service Obligation (PSO) dinilai mampu menekan impor migas yang pada akhirnya dapat memperbaiki neraca dagang Indonesia.

Adapun selama semester I 2018, neraca perdagangan dari sektor migas mengalami defisit USD 5,4 miliar atau sekitar Rp 77,8 triliun (kurs Rp 14.400), lebih dalam dibandingkan defisit periode yang sama tahun lalu sebesar USD 4 miliar.

Sekjen Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Togar Sitanggang mengatakan, ekspor kelapa sawit hingga saat ini mengalami tren penurunan. Dia memproyeksi, ekspor sawit hingga akhir tahun akan menurun 5 persen, lebih rendah dari prediksi awal yang naik 10 persen.

"Makanya B20 ini akan mengurangi tekanan impor solar pada sektor non PSO. Data Januari-Juni terjadi tren penurunan ekspor, tapi 2018 masih bisa turun 5 persen, waktu itu kami memperkirakan naik 10 persen," ujar Togar saat diskusi di Hotel Millenium Sirih, Jakarta, Rabu (8/8).

Dia pun mengatakan, hal tersebut disebabkan oleh negara importir sawit seperti India dan Uni Eropa yang berulah. Togar bilang, negara-negara tersebut menaikkan bea masuk, sehingga stok sawit Tanah Air melimpah, namun harga jatuh.

"Negara importir sawit berulah, India kenakan pajak ekspor, Uni Eropa juga pajak ekspor, ini tren sampai sekarang. Ini akibatkan tinggi stok, rendahnya harga," jelasnya.
Togar juga menyebut tahun ini sawit tak lagi bisa menjadi sektor penyumbang devisa hasil ekspor (DHE) terbesar bagi Indonesia karena kondisi tersebut.

Ilustrasi Biodiese
l
"Artinya, kalau kita lihat sawit menyumbang devisa terbesar, tahun ini kami tidak besar seperti tahun lalu. Ini juga yang mempengaruhi neraca perdagangan kita," tambahnya.
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution sebelnya mengatakan, penerapan biodiesel 20 (B20) bisa ampuh menekan defisit dagang. Dia pun memproyeksi jika B20 telah diterapkan, maka hingga akhir tahun neraca dagang bisa mengalami surplus.

"Sekarang defisit migas kita kira kira USD 5,4 miliar satu semester. Nonmigas kita surplus tapi hanya USD 4,4 miliar, begitu digabung hasilnya defisit. Kami percaya begitu laksanakan B20, sampai akhir tahun secara total kita tidak defisit lagi, ditambah dengan kegiatan pariwisata," ujar Darmin.

https://m.kumparan.com/@kumparanbisnis/dihambat-di-india-dan-eropa-sawit-tak-lagi-sumber-devisa-terbesar-ri-1533727763399508838


makin yakin 2019 kembali ke gotemoticon-Traveller
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
mr.Buldozer gimana nih? apa perlu india dan eropa kita ratakan? emoticon-army:
Mantap dong.
Tuh daripada ngajakin berantem oposisi atau orang sebangsa setanah air.
Mending berantem sono sama ngeropa dan indihe.
Wani ora tak nastak.

Pasti ngeper duluan dan terus bilang serahin masalah berantem sama orang luar negeri mah ke laskar2 kaya FPI dkk. Kita tinggal nikmatin hasilnya aja.

emoticon-Big Grin
ya bales dong

eh indo ga pny otit ke eropa dan indihe?
Exportt kok cuman bentuk cpo dr jaman mbah harto s.d sekarang, terus import sabun mandi..

Pengusaha kelapa sawat indonesiah memang goblok bin tolol ber abad2.. digoblogkin org bule mau aja..

Mana biaya buat recover lahan kelapa sawit mahal dan lama lagi..
setelah 20thn kan harus di keruk sedalam 30m, dan didiamkan selama sekian tahun br bs dimanfaatin buat yg lain..
syukurlah ..china akan tampung sawit indonesia

Balasan post speedball.drug
Quote:


BEtulll
setelah lepas di goblokin org bule beralih di gblokin org china..
indonesh hanya bs export cpo doang..
terus dr cina import brg2 jadi hasil olahan cpo indonesah..

[url]http://web.ipb.ac.id/~tepfteta/elearning/media/Teknik%20Pasca%20Panen/tep440_files/Pengolahansawit.htm[/url]

Dr jaman jebot sampe jaman robotik, indonesah hanya mampu jadi konsumen..
banyak org pinter tp otak kagak dipakek..

Wkwkwkwk
Buldoser aja itu lahan sawit klo rugi mah, ganti kedelai ama kapas, udh bosen makan tempe kedelai amerika emoticon-Big Grin
isunya PTPN XIII bangkrut katanya emoticon-Turut Berduka
Ada yang menghambat.
Eropa sedang beralih ke Nabati dan yg sehat2..
goreng2an sukses di asia tapi tidak di eropa..


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di