alexa-tracking

Panen Raya Bawang Merah, Petani Justru Menjerit

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6ae302582b2ecd038b456b/panen-raya-bawang-merah-petani-justru-menjerit
Sedih 
Panen Raya Bawang Merah, Petani Justru Menjerit
it lantaran harga anjlok jauh dari perkiraan. Jika harga tak kembali naik, diperkirakan para petani akan beralih ke tanaman lainnya.

Ketua Asosiasi Bawang Merah Pati, Suparlan mengatakan, harga bawang merah saat ini menurun cukup drastis hingga sekitar Rp 7 ribu per kilogram dari para petani. ‘’Banyak yang justru merugi karena harganya terlalu jauh. Untuk menutup ongkos produksi saja tidak cukup,’’ terang Suparlan, kemarin.

Harga membuat para petani di Desa Sidoharjo, Kecamatan Wedarijaksa hampir putus asa. ‘’Agar dapat menutup ongkos produksi dan mendapatkan sedikit keuntungan idealnya harga jual mencapai Rp 15 ribu per kilogram. Tapi kalau sudah di bawah Rp 10 ribu diperkirakan akan merugi. Dan sekarang ini malah hanya Rp 7 ribu,’’ terangnya.

Menurut perhitungannya, untuk setiap satu hektare ditaksir membutuhkan Rp 70 juta. Sedangkan untuk masa panen pertama diperkirakan hanya Rp 30 juta. Padahal saat masa tanam keduanya biasanya mengeluarkan biaya produksi yang lebih banyak lagi.

Untuk itulah dia mendesak agar pemerintah dapat memperhatikan para petani bawang merah.Pihaknya berharap selain menetapkan harga eceran tertinggi (HET) juga harus ada harga eceran terendah. Sehingga saat harga jatuh, petani bawang merah tidak terlalu merugi.

‘’Saat ini sejumlah petani bawang merah sudah mulai menganggur atau tak lagi menanam bawang merah. Mereka masih menunggu harga kembali stabil. Tapi kalau tak kunjung stabil ada kemungkinan mereka akan beralih ke komoditi yang lain,’’ ujarnya.


https://www.suaramerdeka.com/news/ba...ustru-menjerit


Puji Tuhan di era jokowi petani sejahtera emoticon-Angel

saking bahagia dan sejahteranya para pertani menjerit bahagia emoticon-Malu

terimakasih pak jokowi Tuhan memberkati emoticon-Angel
image-url-apps
Kayak gimana neh menjeritnya? emoticon-Wowcantik
image-url-apps


Quote:


Ahhh ahhhhhhhh aaaaahhhhhhhhhhhh
KASKUS Ads
Quote:



menjerit bahagia gimana sih emoticon-Malu
Reply to whellere's post
image-url-apps
Quote:


Mulustrasinya kgk ada neh? emoticon-Wowcantik

Panen Raya Bawang Merah, Petani Justru Menjerit
jeritlah klo lagi tinggi semua nanem bawang, panen melimpah ya harga turun. pemerintah netapin het tinggi juga klo kagak ada yang beli mau ape?
image-url-apps
Jerit nya pake ikeh ikeh kimochi sambil lihat poster juragan kodok
image-url-apps
Waduh, mustinya tanamnya dikoordinir jadi ga ad istilah panen raya .. . Atau pemerintah buat gudang utk nampung kelebihan panen, kan bwg merah tahan lama . .
image-url-apps
image-url-apps
sawah bawang merah di deket tempat saiya kmaren malah kenak banjir rob
emoticon-Berduka (S)
supply melimpah berharap harga naik?emoticon-Leh Uga

dulu guru gua udah bilang, kalau mau bertani lihat apa yg ditanam orang, terus jangan kau ikutiemoticon-Big Grin
image-url-apps
Bawang goreng bikin enak masakan.. Sayang banget, klo panen raya malah bikin petaninya sengsara.. emoticon-Frown

Pemerintah gak punya "aplikasi" tentang data pertanian dan perkiraan hasilnya (klo gagal ataupun sukses) di masing2 wilayah ya? Supaya yg beginian gak terulang lah, saling melengkapi antar wilayah gitu, klo surplus bisa dikirim ke daerah lain yg kurang dan menjaga harga gak sampe anjlok.. Dinas pertanian kerjanya gak sampe memperkirakan hal2 begini ato gmn sih? emoticon-Hammer (S)
image-url-apps


Quote:


Face : 8/10
Kulit : putih
Gfe
.......

Duh... bakal khilaf lagi dah nig malem..

emoticon-Ngacir2
Salah room.. wkwkwkwk
Quote:



Panen Raya Bawang Merah, Petani Justru Menjerit


emoticon-Malu
image-url-apps
Quote:


paman ane cuma nanam cabe yg wajib sisanya setengah lahan dialokasikan buat tanaman musiman semacam terong, timun dll ngeliat sikon pasar emoticon-Embarrassment omsetnya ya pertahun hitungan m lah, cma sial aja dapat cwe brengsek emoticon-Nohope harta disikat ama cwenya, syukurlah sekarang ud mulai bangkit lagi

Petani ya kalau mau dapat untung maksimal ya jangan via" tengkulak, jual sendiri kepasar, tanaman juga sesuaiin keadaan pasar, ama punya koneksi lah minimal emoticon-Hammer kayak paman ane kenalannya preman"
image-url-apps
Ya ampun
image-url-apps
Sama seperti petani cabe, intip intip momen hari besar, tak taunya pas hari besar stok melimpah.
Panen Raya... Stok Melimpah.... Harga Bawang Merah turun Petani Menjerit.... begitu Stok Bawang Merah menipis.... Harga Naik giliran Masyarakat yang Menjerit...

Ya kalo gitu Gak Selesai...


Panen Raya Bawang Merah, Petani Justru Menjerit

Panen Raya Bawang Merah, Petani Justru Menjerit



image-url-apps
Quote:


klo g salah sih emang hrusnya ada data per kuartal produksi tiap daerah, cuma tetap aja perasaan ane g bakal sebegitu efisien karena biaya transportasi bisa jadi malah tu produk lebih mahal emoticon-Nohope ya kaya produk" cina emoticon-Malu diekspor juga masih murah

Tapi ntahlah sapa tau ada suhu cocok tanam yg bisa kasih penjelasan lbih detail emoticon-Hammer
baru menjerit, belum terdiam tanpa suara ini di liang lahat bray emoticon-Traveller
×