alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Kelaparan, Korban Gempa di Lombok Utara Makan Kelapa
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6abee4c1d77058438b4578/kelaparan-korban-gempa-di-lombok-utara-makan-kelapa

Kelaparan, Korban Gempa di Lombok Utara Makan Kelapa

Kelaparan, Korban Gempa di Lombok Utara Makan Kelapa

Jakarta, IDN Times - Korban gempa di Dusun Selebung Daya, Desa Dasan Tengah, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, terpaksa harus memakan buah kelapa untuk bisa bertahan hidup. 

Hingga hari keempat pascagempa bumi 7 Skala Richter yang mengguncang Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, bantuan belum sampai ke kampung mereka.

Sejumlah daerah terdampak gempa masih masih terisolasi sehingga sulit dicapai oleh tim penyelamat. Petugas yang hendak menyalurkan bantuan juga kesulitan mencapai lokasi.


1. Bantuan minim, warga kelaparan
Kelaparan, Korban Gempa di Lombok Utara Makan Kelapa
Ketua RT di Dusun Selebung Daya, Arti, mengakui minimnya bantuan yang datang ke daerahnya membuat ia dan 27 kepala keluarga (KK) di tempat pengungsian harus makan seadanya. Dengan segala keterbatasan mereka terpaksa memakan kelapa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Bantuan minim sekali, kita di sini hanya dapat bantuan beras sekali dan itu pun hanya 15 kilo yang kita makan satu RT. Terpaksa kita selingi makan kelapa agar tidak lapar," katanya saat ditemui di lokasi pengungsian, seperti dikutip dari Antara, Rabu (8/8).

Dia tidak menampik telah mendapatkan bantuan yang diantarkan kepala dusun, tetapi jumlahnya yang sedikit dirasa tidak akan mencukupi kebutuhan sehari-hari selama berada di tenda pengungsian tersebut.

"Kita di sini sekitar 80 orang, dengan beras 15 kilogram dan satu kilogram minyak goreng, mana cukup. Itu pun hanya cukup untuk makan pagi saja, kalau untuk makan siang dan malamnya, ya, itu tadi kita petik kelapa untuk selingan makanan," sebut Arti.


2. Sebagian besar rumah penduduk hancur pascagempa
Kelaparan, Korban Gempa di Lombok Utara Makan Kelapa
Arti mengatakan, saat gempa terjadi 80 persen rumah-rumah di tempat itu dalam kondisi hancur dan dinding retak-retak, termasuk masjid yang kini bangunannya sudah miring, sehingga tidak bisa digunakan untuk beribadah.

"Okelah kami mungkin bisa menahan lapar. Tapi kalau anak-anak kan gak bisa," ucapnya.

Mereka tinggal di tenda-tenda pengungsian untuk berlindung dari teriknya panas dan dinginnya malam. "Khusus di RT kami saja satu tenda kita tempati ramai-ramai. Karena selain rumah rusak, warga di sini juga takut kalau tidur di dalam rumah," katanya.


3. Berharap bantuan logistik segera datang ke tempat-tempat terpencil
Kelaparan, Korban Gempa di Lombok Utara Makan Kelapa
Dusun Selebung Daya, Desa Dasan Tengah berada di perbukitan atau 10 kilometer dari Kecamatan Tanjung. Untuk sampai ke dusun ini warga menggunakan sepeda motor, karena tidak ada angkutan umum menuju dusun tersebut.

Kondisi jalannya rusak, meski dusun itu berada di ibu kota Kabupaten Lombok Utara, Kecamatan Tanjung.

Di Dusun Selebung Daya terdapat tiga titik pengungsian yang dihuni oleh anak-anak, lansia dan bayi yang baru lahir. Mereka sangat membutuhkan makanan dan minuman, termasuk kebutuhan lain seperti tenda, selimut, dan popok bayi.

Arti berharap pemerintah segera mengirim bantuan logistik ke tempat-tempat terpencil seperti ini, karena saat ini mereka sangat membutuhkan tenda, air minum dan pasokan makanan.

"Kita minta tolong supaya ada bantuan yang datang ke dusun kami. Kasihan anak-anak kalau hanya diberi makan kelapa," kata Arti. 


Sumber : https://www.idntimes.comnews/indones...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Kelaparan, Korban Gempa di Lombok Utara Makan Kelapa Puluhan Dievakuasi dari Gili Trawangan Masih Ada 42 Turis Bertahan

- Kelaparan, Korban Gempa di Lombok Utara Makan Kelapa Update Korban Meninggal Gempa Lombok Bertambah Jadi 131 Jiwa

- Kelaparan, Korban Gempa di Lombok Utara Makan Kelapa TGB Targetkan Semua Daerah Terjangkau Bantuan Hari Ini

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di