alexa-tracking

Musim Kering, Mentan Suruh Petani Stop Tanam?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6abadb96bde63a778b4567/musim-kering-mentan-suruh-petani-stop-tanam
Musim Kering, Mentan Suruh Petani Stop Tanam?
Musim Kering, Mentan Suruh Petani Stop Tanam?


Manteeeep nihh gaaan, jadi Indonesia udah swasembada pangan sampai kiamat!!!

Ribuan hektar sawah di Jawa Barat dilanda kekeringan dan terancam gagal panen (puso), diantaranya daerah Indramayu, Sukabumi, Cirebon, Ciamis, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bekasi, dan masih banyak lagi daerah yang tengah diambang kekeringan ekstrem. Di Indramayu sendiri, tepatnya ada sekitar 6.350 Ha sawah yang siap gagal panen, sedangkan 258 Hektar lainnya sudah gagal dengan estimasi umur padi 50-60 hari.
 
Lantas bagaimana dengan nasib pasokan beras nasional yang sebagian besar bertumpu pada wilayah Jawa Berat sebagai Sentra Petani Nasional? Belum lagi nasib ribuan petani yang harus kembali merugi. Tidak hanya di Jawa Barat, beberapa daerah di Jawa Tengah juga tengah berhadapan dengan kekeringan ekstrem dan krisis air. Miris memang. Terlebih tidak adanya upaya yang taktis dari pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pertanian untuk segera menyelesaikan kemelut tersebut.
 
Yang lebih menggelikan, alih-alih berupaya mencari solusi terhadap masalah kekeringan, pemerintah melalui Dinas Pangan dan Pertanian (Dispaperta) di beberapa kabupaten baik di Jawa Barat maupun Jawa Tengah meminta para petani untuk berhenti menanam padi hingga bulan September mendatang. Bank Benih dan Teknologi Tani Indonesia (AB2TI) pun juga turut menyuarakan hal yang sama, dengan alasan guna menghindari kemungkinan gagal panen.
 
Bukankah berbagai macam kemungkinan buruk yang mengancam puso termasuk bencana kekeringan seharusnya sudah diperhitungkan dengan matang oleh Kementerian Pertanian? Penanganan masalah cuaca seharusnya sudah direncanakan dengan benar. Berikut juga dengan langkah-langkah antisipatif yang harus jelas serta tepat dalam upaya penanganan dampak kemarau ekstrem seperti yang hari ini sedang melanda sejumlah daerah.
 
Menghimbau petani untuk tidak bercocok tanam padi bukanlah merupakan solusi!
 
Memangnya jika petani berhenti menanam padi dan pasokan stok beras tidak cukup untuk kebutuhan nasional, Kementerian Pertanian mau tanggung jawab? Akibat langkanya jumlah stok maka dapat dipastikan harga beras di pasaran akan tiba-tiba melonjak, dan masyarakat sudah pasti akan teriak. Kalau sudah begini, paling-paling langkah yang diambil oleh Kementerian Pertanian adalah dengan mengupayakan impor beras. Lagi?
 
Kalau ujung-ujungnya hanya impor, lantas kemana janji swasembada pangan yang dijanjikan dan digembar-gemborkan lewat berbagai media massa itu? Ataukah selama ini Kementerian Pertanian hanya melakukan retorika belaka? Celaka!
 
Karena faktanya, kapasitas sektor pertanian justru semakin menurun dan menjauhi cita-cita swasembada. Ketidakoptimalan sektor pertanian dalam meraih kedaulatan dan kemandirian pangan itu dikarenakan belum adanya perbaikan di sektor hulu oleh pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pertanian. Sehingga banyak pasokan barang konsumsi pokok yang produksinya sendiri tidak mampu dipenuhi di dalam negeri.
 
Kementerian Pertanian selalu mengklaim bahwa produksinya cukup untuk beberapa komoditas, sementara di pasaran harganya terbukti mahal. Hal tersebut merupakan sebuah anomali. Dan yang lebih parah lagi, tugas mengurusi pangan yang dibebankan kepada Kementerian Pertanian seolah seperti menunjukkan bahwa pimpinannya (Presiden Jokowi) itu sendiri sama sekali tidak memahami tentang seluk beluk persoalan pangan.
 
Sebaiknya, langkah paling strategis yang harus dilakukan oleh Kementerian Pertanian adalah berhenti mengklaim bahwa produksi pertanian Indonesia surplus pada saat jumlah pasokan justru berkurang gara-gara puso. Kedua, Kementerian Pertanian harus segera mencari solusi efektif dalam upaya menghadapi situasi kemarau ekstrem ini. Dan ketiga adalah perbaikan secara menyeluruh di sektor hulu, yang meliputi perbaikan infrastruktur khususnya jaringan irigasi.
 
Bukankah langkah-langkah tersebut jauh lebih konkrit dari pada hanya melulu membohongi masyarakat?
 
Musim Kering, Mentan Suruh Petani Stop Tanam?
image-url-apps
klo yang ngebet nanam pas puncak musim kemarau, bener-bener gabener dah emoticon-Leh Uga
KASKUS Ads
Ya bener lah,

Kalau nanem tapi kemudian gagal panen ya lebih besar ruginya. Emangnya bibit dan perawatannya itu murah?

Kecuali kalau Indonesia udah bisa mengendalikan iklim dan cuaca.

Jurnalis nasbung goblok
ada KEKEKERINGAN ... TARGET JANGKA PENDEK ...

ORANG GOBLOG :

POKOKNYA TANEM PADI ... TANEM ... TANEM .... pas nanem gatot karena CUACA ... dan oposisi TERIAK2 ... PEMERINTAH GOBLOG WONG LAGI MUSIM KERING DIPAKSA UNTUK NANENM PADI ...

emoticon-Smilie
Reply to firno99's post
Quote:


kalo oposisi mungkin tinggal DOA nanti turun hujan OM ... kalo pemerintah gak bisa doa soalnya IBLIS emoticon-thumbsup
image-url-apps
Klo g nanam kapan panenny? emoticon-Blue Guy Bata (L)
image-url-apps
menteri pertanian ama menteri kesehatan negara kita napa kaga pernah ada yg beres yakemoticon-Nohope
Kaskus gua yg error atau emang ga ada sumber berita nya?
image-url-apps
Klo laper tinggal diet
Musim Kering, Mentan Suruh Petani Stop Tanam?

Terus impor deh
image-url-apps
tenang selagi masih ada penjual bakso kita aman.. tidak perlu makan nasi cukup satu mangkok bakso seharga 13 ribu
image-url-apps
Quote:


harga bakso jangan di mark up emoticon-Marah
image-url-apps
klo jaman dulu pas masi mukim di daerah karanganyar
mo ujan atau kering tetep nanem padi terus
bedanya klo kering pada mompa aer dr sumur
kayaknya ada bantuan dr pemda setempat buat pengadaan pompa ma sumurnya.
image-url-apps
Tenang masih ada belalang buat cadangan makanan emoticon-Leh Uga
Reply to masmomon's post
image-url-apps
Quote:

jateng-jatim air tanahnya msh melimpah ruah, tp mulai pantura perbatasan jateng jabar ke barat klo ngga ngandalin hujan ya wasalam
image-url-apps
solusi rezim kowi emoticon-Imlek

Musim Kering, Mentan Suruh Petani Stop Tanam?
image-url-apps
Quote:


woy bakso ceban emoticon-Blue Guy Bata (L)
image-url-apps
ya klo gak punya air jgn tanem.
image-url-apps


Quote:


Ente fikir mendag kita beres?

emoticon-Traveller
image-url-apps
Quote:


ada yg kurang yus...
Gak ada logo gerandong emoticon-Big Grin
×