alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Inilah Seluk-beluk Awal Mula Perang Sipil Suriah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6aa0e35c77984e098b4567/inilah-seluk-beluk-awal-mula-perang-sipil-suriah

Inilah Seluk-beluk Awal Mula Perang Sipil Suriah

Tahun ini, perang Suriah sudah memasuki tahun kedelapan. Hampir 500 ribu warga Suriah tewas dalam perang sipil ini, dan separuh populasi negara telah mengungsi. Kurangnya kebebasan dan kesengsaraan ekonomi adalah awal mula munculnya konflik Suriah. Kini, badan pengunsi PBB (UNHCR) memperkirakan ada 6,5 juta pengungsi Suriah.

Ditulis oleh: Al Jazeera

Pada tanggal 15 Maret 2018, perang sipil Suriah memasuki tahun kedelapan. Lebih dari 465 ribu warga Suriah tewas dalam pertempuran itu. Lebih dari satu juta orang terluka. Lebih dari 12 juta, separuh populasi negara sebelum perang sipil, telah mengungsi. Berikut ini beberapa hal yang menjelaskan bagaimana dan mengapa konflik tersebut awalnya bermula.

PENYEBAB PECAHNYA PEMBERONTAKAN
Selain kurangnya kebebasan dan kesengsaraan ekonomi yang mendorong kemarahan rakyat terhadap pemerintah Suriah, tindakan keras atas para pengunjuk rasa juga memicu kemarahan publik.

  • Musim Semi Arab: Pada tahun 2011, pemberontakan yang dikenal sebagai Musim Semi Arab sukses menggulingkan presiden Tunisia dan Mesir. Kesuksesan tersebut memberi harapan bagi para aktivis pro-demokrasi Suriah.
  • Bulan Maret 2011, protes damai juga berlangsung di Suriah, sesudah 15 remaja pria ditahan dan disiksa akibat mengguratkan grafiti untuk menunjukkan dukungan terhadap Musim Semi Arab. Salah satu di antara para remaja tersebut, seorang bocah lelaki berusia 13 tahun, tewas setelah disiksa dengan kejam.
  • Pemerintah Suriah yang dipimpin oleh Presiden Bashar al-Assad menanggapi protes dengan menewaskan ratusan demonstran serta menjebloskan banyak orang lainnya ke penjara.
  • Bulan Juli 2011, pembelot dari militer mengumumkan pembentukan Tentara Pembebasan Suriah, kelompok pemberontak yang bertujuan menggulingkan pemerintah rezim Assad. Suriah mulai memasuki era perang sipil.
  • Meski protes tahun 2011 sebagian besar bersifat non-sektarian, konflik bersenjata muncul di divisi sektarian yang menyolok. Kebanyakan warga Suriah berasal dari Islam Sunni, tetapi pasukan keamanan Suriah telah lama didominasi oleh anggota sekte Alawi, dengan Assad yang juga menjadi salah satu anggota.
  • Pada tahun 1982, ayah Assad memerintahkan tindakan keras militer terhadap kelompok Ikhwanul Muslimin di Hama, yang menewaskan puluhan ribu orang dan membumihanguskan sebagian besar wilayah kota.
  • Bahkan pemanasan global dikatakan berperan dalam memicu pemberontakan tahun 2011. Kekeringan parah melanda Suriah selama tahun 2007-2010, yang menyebabkan sebanyak 1,5 juta orang bermigrasi dari pedesaan ke kota-kota, sehingga memperburuk kemiskinan dan kerusuhan sosial.


Baca Sumber
Ingat talib@n n d@esh itu muncul karena kaum fanatik dungu mulai unjuk gigi sementara kaum intelektual n mapan diam saja
Begitu mereka merebut posisi maka hal yg pertama dilakukan adalah membantai kaum.intelektual n mapan karena merupakan ancaman
Mirip2 sama keadaan sini sekarang ..
atas gw LGBTemoticon-Wakaka
perang saudara suriah sdh direncanakan jauh sblm kasus grafiti anak2 tsb, sblmnya tokoh2 oposisi sdh lbh dulu digarap negara2 besar sperti prancis,merica, inggris dll..., elemen2 "rebel" (yg lbh byk didominasi orang2 non suriah) sdh dilatih perang di sepanjang perbatasan suriah-jordan-saudi-israel-irak, suriah saat itu juga tdk dlm keadaan krisis ekonomi, justru tengah bangkit krn reformasi ekonomi oleh Bashar Assad, sayangnya terlalu reaktif dgn kasus grafiti itu...selain itu juga sblmnya, gerakan2 ala 212, gnpf (utk mendelegitimasi ulama2 moderat yg tdk ingin umat terpolarisasi sampe berujung pd pembunuhan ulama2 tsb)

sumber si TS aljazeera yg pny Qatr , donatur rebel dan pny kepentingan buat menguasai suriah atau minimal mengganti penguasa dgn rezim pro qatr spy wilayah suriah bisa dilewati pipa gasnya... emoticon-Cool
Balasan post tukangbeling7
"suriah saat itu juga tdk dlm keadaan krisis ekonomi", ia gan kayanya dari foto sebelum perang tidak menunjukkan kalau disana itu lagi krisis gitu. malah normal2 aja kayak negara lain.
Diubah oleh amatir30
sumbernya aljazeera, jelas kelihatan berat sebelah emoticon-Big Grin


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di