alexa-tracking

[ASK] BUTUH JAWABAN PERIHAL AHLI WARIS

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6a96455a51638a178b4568/ask-butuh-jawaban-perihal-ahli-waris
[ASK] BUTUH JAWABAN PERIHAL AHLI WARIS
Siang agan/wati..

Saya disini ingin bertanya tentang masalah warisan anak.
Jadi ceritanya ortu bercerai yg sudah psti ada gono gini, kemudian ayah meninggal mendadak tnpa memberikan wasiat setelah bercerai.
Apakah harta tsb jatuh ke anak?
Ortu saya memiliki 2 anak yang 1 kakak saya perempuan telah menikah dan bercerai dan saya sendiri yang belum menikah.
Dari cerita yang saya dapat bahwa harta dari gono gini sang ayah tidak di ambil beliau karena berpikir akan jatuh tetap ke anaknya dan saya belum mendapatkan apa apa sampai saat ini.
Apakah ada kekuatan hukum untuk saya agar dapat mendapatkannya?
Btw saya anak yang di angkat ayah saya, dan hubungan saya dengan ibu angkat tidak baik. Dan secara hukum saya sah anak mereka.
Terima kasih infonya suhu
image-url-apps


Quote:


Tergantung hukum perdata yang diterapkan. Jika non Islam maka menggunakan hukum perdata barat (burgerlijk wetboek) dan dalam hal ini anak angkat yang sah kedudukannya sama dengan anak kandung yang otomatis memiliki hak mewaris dari ortu angkatnya. Tidak diperlukan adanya wasiat.

Jika beragama Islam maka menggunakan hukum perdata Islam dimana hak mewaris anak angkat itu pada dasarnya tidak ada. Agar anak angkat dapat “warisan” harus ada wasiat. Bila ortu angkat tidak membuat wasiat maka dapat digunakan Pasal 209 Kompilasi Hukum Islam yang memberikan wasiat wajibah kepada anak angkat hingga maksimal 1/3 dari harta warisan ortu angkatnya.

Demikian, semoga membantu.
×