alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
APBN bakal tanggung sebagian beban BPJS Kesehatan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6a86e65a516367218b457b/apbn-bakal-tanggung-sebagian-beban-bpjs-kesehatan

APBN bakal tanggung sebagian beban BPJS Kesehatan

APBN bakal tanggung sebagian beban BPJS Kesehatan
Petugas melayani pengurusan kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (30/7/2018).
Pemerintah Pusat akhirnya turun tangan menyelesaikan permasalahan keuangan yang dialami Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan sebagian dari defisit yang dialami BPJS Kesehatan bakal ditanggung Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Sri Mulyani belum memaparkan berapa besar proporsi itu. Nanti jumlahnya bakal ditentukan setelah Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) selesai melakukan audit keuangan BPJS Kesehatan.

“Tapi kita lihat hitungannya,” kata Sri Mulyani, dinukil dari Antaranews, Senin (6/8/2018).

Di tempat berbeda, Kepala BPKP Ardan Adiperdana mengatakan proses audit sudah masuk sejak sepekan lalu. Namun, dirinya juga belum bisa mengumbar kapan proses itu bakal selesai.

Sementara itu, Presiden Joko “Jokowi” Widodo telah meminta langsung kepada BPJS Kesehatan untuk tidak menaikkan iuran atau mengurangi manfaat bagi anggota lantaran persoalan keuangan ini.

Peraturan Pemerintah Nomor 84 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Aset Jaminan Sosial Kesehatan sebenarnya mengatur tiga pilihan untuk meningkatkan kapasitas keuangan BPJS, yakni penyesuaian iuran, penyesuaian manfaat, dan bantuan dana pemerintah.

Namun, dua opsi tersebut tidak mungkin dilakukan karena bergantung kepada kemampuan pengguna BPJS Kesehatan yang kebanyakannya berasal dari kelas menengah ke bawah.

Cara lain yang pernah diupayakan pemerintah adalah menggunakan Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBH CHT) dan Dana Alokasi Umum (DAU). Sayangnya, sampai hari ini dua opsi itu tidak juga terealisasi. Hingga akhirnya opsi terakhir yang digunakan adalah dengan anggaran negara.

“Supaya pelayanan masyarakat tidak berhenti dan berjalan baik,” kata Direktur BPJS Kesehatan Fahmi Idris dalam Katadata.

Untuk selanjutnya, persoalan defisit ini akan dibahas bersama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) dalam rapat-rapat intensif bersama pemangku kepentingan lainnya.

Sepanjang tahun lalu, jumlah pendapatan iuran dari program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) hanya sebesar Rp74,25 triliun, sementara klaimnya mencapai Rp84 triliun.

Alhasil, BPJS Kesehatan harus menanggung defisit keuangan hingga Rp9,75 triliun, jumlah yang lebih besar ketimbang tahun sebelumnya.

Tahun 2018 pun tak terlihat terlalu menguntungkan. Mengacu Rencana Kinerja dan Anggaran Tahunan BPJS Kesehatan, pada tahun ini perusahaan menargetkan pendapatan sebesar Rp79,77 triliun dengan pembiayaan kesehatan mencapai Rp87,80 triliun.

Tak ayal, pada tahun depan BPJS Kesehatan diproyeksi mengalami defisit sekitar Rp8,03 triliun.

Tidak seimbangnya pendapatan dan pengeluaran BPJS Kesehatan sejak beberapa tahun silam menggambarkan dengan jelas penyebab utama dari defisit neraca keuangannya.

Data aktual tim Kementerian Kesehatan yang dimuat dalam situs inacbg.kemkes.go.id menunjukkan per hari ini, Rabu (8/8/2018), total klaim yang diajukan peserta (rawat inap dan jalan) mencapai 146.766.446 permintaan.

Sebaliknya, jumlah iuran BPJS Kesehatan juga tidak tercatat meningkat, yakni Kelas 1 sebesar Rp80.000, Kelas 2 sebesar Rp51.000, dan Kelas 3 sebesar Rp25.500.

Kondisi ini juga diperparah dengan tingginya jumlah peserta yang menunggak iuran. Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Kemal Imam Santoso menyebut pada 2017 jumlah peserta yang menunggak iuran mencapai 10 juta peserta.

Jumlah peserta yang menunggak tersebut mayoritasnya adalah peserta mandiri. Hal ini menjadi masuk akal, sebab pada peserta korporasi, pembayaran iuran biasanya sudah terpotong otomatis saat pencairan gaji bulanan.
APBN bakal tanggung sebagian beban BPJS Kesehatan


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...bpjs-kesehatan

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- APBN bakal tanggung sebagian beban BPJS Kesehatan Penjara dan denda untuk pencuri start kampanye

- APBN bakal tanggung sebagian beban BPJS Kesehatan Mekanisme perpanjangan pendaftaran capres

- APBN bakal tanggung sebagian beban BPJS Kesehatan Angka buta huruf belum sampai di titik nol

ujung-ujungnya lari ke APBN emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di