alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Tunda Imunisasi, Pemkab Sergai Tunggu Putusan Fatwa MUI
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6a7bd85a516343258b4568/tunda-imunisasi-pemkab-sergai-tunggu-putusan-fatwa-mui

Tunda Imunisasi, Pemkab Sergai Tunggu Putusan Fatwa MUI

Tunda Imunisasi, Pemkab Sergai Tunggu Putusan Fatwa MUI


Berita Sergai – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai menunda pelaksanaan Imunisasi Meales Rubella (MR) terhadap anak-anak di Kabupaten Serdangbedagai, menunggu Fatwa MUI Pusat.

Penundaan pelaksanaan program Menkes RI tersebut, merupakan hasil kesepakatan bersama dalam Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) bersama elemen masyarakat Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) yang digelar di Kantor Bupati Sergai, Selasa (7/8/2018).

Dalam Pertemuan tersebut, perwakilan MUI Sergai Ustadz Injan Ibrahim mengatakan, sesuai dengan surat edaran Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI) Nomor : HK.02.01/MENKES/444/2018 tentang Pelaksanaan Kampanye Imunisasi Measles Rubella Fase 2.

“Kami menilai tidak ada ketegasan dari isi surat tersebut terlebih pada poin (4). Pelaksanaan Imunisasi MR bagi masyarakat yang mempertimbangkan aspek kehalalan dan/atau kebolehan vaksin secara syar’i, diundur sampai MUI Pusat mengeluarkan fatwa tentang pelaksanaan Imunisasi MR tersebut, “ ungkapnya.

Kemudian ditambahkan, diminta kepada masyarakat pada poin (5) memberikan kesempatan bagi masyarakat yang memilih menunggu terbitnya fatwa MUI tentang Imunisasi MR, agar dapat memperoleh imunisasi MR pada kesempatan berikutnya sampai akhir bulan September 2018.

Mempertimbangkan aspek agar tidak terjadi gejolak di masyarakat, MUI menyarankan untuk menunda pelaksanaan imunisasi MR di Kabupaten Sergai sampai keluarnya keputusan resmi dari MUI Pusat,” jelas Ustadz Injan.

Sementara Kemenag Sergai DR H M Safi’i MA dalam pemaparannya, mendukung kegiatan Imunisasi Campak-Rubella dan telah disampaikan ke sekolah di lingkungan Kementerian Agama.

Menurut Safi’i, imunisasi sesungguh sangat diharapkan, namun karena polemik akan zat yang terkandung dalam vaksin tersebut. Kalau tidak ada permasalahan dan telah mendapat keputusan final dari MUI Pusat, maka akan mendukung langkah yang diambil Pemerintah daerah dan Forkopimda.

Hal ini adalah untuk menjaga kekondusifan suasana di lingkungan masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Waka Polres Sergai Kompol Edi Bona Sinaga mengaku semua program dan kebijakan yang dijalankan terhadap masyarakat.

Namun dengan mempertimbangkan suasana dan keadaan, ada baiknya menunggu sampai keputusan final agar tidak terjadi gejolak di masyarakat.

Begitu juga dengan perwakilan Kejaksaan Negeri Sergai, Jabbal Nur yang juga sepakat ditundanya pelaksanaan imunisasi MR.

“Kami dari Kejari Sergai menyampaikan, agar pelaksanaan Imunisasi MR ditunda sampai ada fatwa MUI Pusat, sembari terus memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya imunisasi Campak Rubella tersebut, “ Jabbal Nur menyarankan.

Hal ini juga dikatakan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sergai, agar pelaksanaan Imunisasi MR ditunda mengingat waktu yang masih panjang. Sejatinya, IDI mendukung program pemerintah. ”Karena penyuntikan vaksin MR tersebut penting sekali bagi kesehatan anak kita,” ujar dr Tengku Kesuma Putra.

Sementara Bupati Ir Soekirman mengatakan, Pemkab Sergai bersama Forkopimda dan unsur ulama serta elemen masyarakat telah bekerja dalam hal menyikapi polemik yang terjadi.

Disampaikan kesepakatan bersama dari perwakilan yang hadir di sini untuk menunda pelaksanaan Imunisasi MR di Sergai, menunggu sampai dikeluarkannya keputusan Fatwa MUI Pusat.

”Forum dilaksanakan agar semua bertanggungjawab sebagai bentuk melindungi segenap rakyat dan tumpah darah Indonesia, dan menunjukkan bahwa kita semua kerja, untuk masyarakat,” tandasnya. (mc/min.SumutPos)

Tunda Imunisasi, Pemkab Sergai Tunggu Putusan Fatwa MUI
Urutan Terlama
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Bukan masalah ga mau divaksin.
Tapi yg masalah itu ketika anak lo ga di vaksin lalu ternyata terinveksi penyakit dan anak lo itu main sama anak2 yg lain.
Itu yg jadi masalah.
Imunisasi adalah hak
Jangan halangi ortu yang mau imunisasi anaknya

Emangnya imunisasi pake duit pemkab ?
kalo menular itu yg jd masalah.. kl penyakit ga menular ya sebodo amat mau kagak paksin gw jg ga peduli.. emoticon-Big Grin masalahnya MR ini menular, dampaknya jg warbyasah.. btw bodoh itu ternyata menular.. emoticon-Big Grin
WAH KONPIRASI YAHUDI & AMERIKA NIH menghilangkan populasi ISLAM di INDONESIA
Balasan post superorb
Quote:


Tunda Imunisasi, Pemkab Sergai Tunggu Putusan Fatwa MUI
Ya bagus itu..😎
Sudah semestinya demikian.. 😎


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di