alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Huawei Nova 3i vs Asus Zenfone 5, Adu Canggih Dua Ponsel Menawan!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6a7b659e740440648b457f/huawei-nova-3i-vs-asus-zenfone-5-adu-canggih-dua-ponsel-menawan

Huawei Nova 3i vs Asus Zenfone 5, Adu Canggih Dua Ponsel Menawan!

Huawei Nova 3i vs Asus Zenfone 5, Adu Canggih Dua Ponsel Menawan!

Pasar ponsel mid-range memang masih menarik, persaingan berbagai macam merek ponsel semakin ketat. Para produsen ponsel berlomba-lomba menarik hati calon konsumen tidak hanya dengan spesifikasi mumpuni namun juga desain ponsel yang menawan.

Di range harga Rp4 jutaan ada dua ponsel yang sama-sama keren yaitu Asus Zenfone 5 yang diluncurkan Februari lalu dengan ponsel paling baru dari Huawei yaitu Nova 3i yang baru saja diluncurkan Agustus ini. Huawei dan Asus sama-sama sudah memiliki nama yang dipercaya oleh masyarkat Indonesia sebagai merek ponsel yang layak diperhitungkan untuk dibeli.

Buat kamu yang lagi bingung menentukan dua pilihan ponsel ini, yuk simak perbandingan spesifikasi dari Huawei Nova 3i dengan Asus Zenfone 5 ini!


1. Desain hampir serupa dengan karakter khas masing-masing
Huawei Nova 3i vs Asus Zenfone 5, Adu Canggih Dua Ponsel Menawan!
Kedua ponsel ini memiliki desain yang mengikuti tren masa kini yaitu adanya notch (poni), bodi kaca dan posisi kamera vertikal yang terinspirasi dari iPhone X. Namun menariknya, Huawei dan Asus sama-sama memberikan sentuhan khas dari desain mereka lho.

Huawei Nova 3i varian warna irish purple memiliki gradasi warna biru dan ungu yang mirip banget dengan desain khas ponsel flagship Huawei P20 Pro warna twilight. Sedangkan Asus tetap bangga mempertahankan kilauan zen circle pada bagian bodi belakang semua varian warna Zenfone 5.

Dimensi kedua ponsel ini juga tak jauh berbeda yaitu 157.6 x 75.2 x 7.6 mm dan berat 169 gram untuk Huawei Nova 3i dan 153 x 75.7 x 7.9 mm dengan berat 155 gram untuk Asus Zenfone 5.

Layar Huawei Nova 3i sedikit lebih besar yaitu 6,3 inci dibandingkan Asus Zenfone 5 yang memiliki besar layar 6,2 inci.

Namun sayangnya pihak Huawei tidak memberikan bocoran perlindungan layar apa yang digunakan oleh Nova 3i, hampir semua seri ponsel Huawei memang tidak menggunakan perlindungan layar yang terkenal seperti Gorilla Glass. Namun jangan khawatir karena layarnya tetap tahan goresan kok.

Sedangkan pengguna Asus dapat sedikit lebih lega karena Zenfone 5 sudah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass!


2. Keduanya memakai dapur pacu terbaik di kelasnya
Huawei Nova 3i vs Asus Zenfone 5, Adu Canggih Dua Ponsel Menawan!
Huawei Nova 3i menggunakan prosesor andalan mereka Hisilicon Kirin dengan seri 710 yang merupakan seri terbaru untuk kelas mid-range. Sedangkan Asus Zenfone 5 menggunakan prosesor dari Qualcomm yaitu Snapdragon 636 yang menjadi favorit ponsel-ponsel kelas mid-range lain di tahun 2018 ini.

Kedua prosesor ponsel ini sama-sama bisa melibas game berat lho. Namun hal yang membedakan jeroan kedua ponsel ini adalah kapasitas memori internalnya. Huawei Nova 3i memiliki memori internal yang tergolong jumbo yaitu 128 GB dengan RAM 4 GB sedangkan Asus Zenfone 5 dibekali dengan memori internal 64 GB dengan RAM 4 GB.

Selain prosesor dan memori internal, yang membedakan kedua ponsel ini adalah port charger-nya. Huawei Nova 3i menggunakan port micro USB sedangkan Asus Zenfone 5 sudah lebih kekinian dengan menggunakan port USB type C yang lebih universal dan gak perlu repot kebalik saat colokin charger-nya karena bentuk USB type C yang lebih efisien.


3. Adu pintar kamera AI yang dimiliki keduanya
Huawei Nova 3i vs Asus Zenfone 5, Adu Canggih Dua Ponsel Menawan!
Zaman sekarang produsen ponsel menyematkan teknologi kecerdasan buatan AI (artificial intelligence) di sektor kamera yang membuat pengguna semakin dimanjakan dengan hasil foto yang dihasilkan. Huawei Nova 3i memiliki setup kamera 16 MP dengan bukaan f/2.2 dan fitur PDAF untuk fitur auto fokus dan kamera sekunder 2 MP dengan depth sensor untuk membantu berfoto bokeh.

Sedangkan Asus Zenfone 5 lebih powerful di sisi kamera dengan setup 12 MP bukaan f/1.8 dengan fitur PDAF dan dilengkapi 4-axis OIS untuk stabiliser saat mengambil gambar. Dan kamera sekunder 8 MP bukaan f/2.0 dengan lensa wide yang bisa mengambil gambar dengan sudut pandang yang lebih luas.

Dari fitur kamera, Asus Zenfone 5 lebih unggul dengan bukaan lensa lebih besar, stabiliser dan kamera sekunder yang lebih bermanfaat dibanding kamera sekunder Huawei Nova 3i yang hanya membantu fitur bokeh saja. Sedangan Huawei Nova 3i lebih unggul di sisi resolusi dengan 16 MP, hal ini akan bermanfaat jika penggunanya ingin mencetak foto dengan ukuran yang besar.

Kamera Huawei Nova 3i juga unggul dalam resolusi kamera depan dengan resolusi 24 MP dilengkapi kamera depan kedua resolusi 2 MP untuk fitur bokeh, sedangkan Asus Zenfone 5 harus puas dengan satu kamera resolusi 8 MP namun tetap bisa mengambil foto bokeh.


Hasil foto rerumputan kamera AI kedua ponsel
Huawei Nova 3i vs Asus Zenfone 5, Adu Canggih Dua Ponsel Menawan!
Berikut adalah hasil foto rerumputan dari Huawei Nova 3i (kiri) dan Asus Zenfone 5 (kanan), kedua AI ponsel ini akan bekerja otomatis saat memfoto objek khusus seperti rerumputan atau bunga. Hasil kedua kamera ponsel ini sama-sama baik dengan tone warna lebih cool untuk Huawei Nova 3i dan tone warna cenderung warm untuk Asus Zenfone 5.


Hasil foto lowlight Huawei Nova 3i
Huawei Nova 3i vs Asus Zenfone 5, Adu Canggih Dua Ponsel Menawan!
Huawei Nova 3i memiliki desain yang mirip ponsel flagship Huawei P20 Pro yang saat ini masih menjadi ponsel dengan kamera terbaik versi dxomark karena handal di sisi lowlight. Namun apakah Huawei Nova 3i juga handal mengambil foto dalam kondisi lowlight?

Meskipun Huawei Nova 3i hanya memiliki bukaan lensa f/2.2 namun hasil foto lowlight dalam ruangan masih cukup bagus meskipun masih terdapat noise yang wajar untuk hasil kamera ponsel mid-range.


Fitur wide angle di kamera Asus Zenfone 5
Huawei Nova 3i vs Asus Zenfone 5, Adu Canggih Dua Ponsel Menawan!
Sedangkan Asus Zenfone 5 memiliki keunggulan di kamera belakang sekundernya yang memiliki lensa wide meskipun hanya beresolusi 8 MP. Kamera wide angle ini akan bermanfaat buat kamu yang ingin mengabadikan foto tempat yang luas atau berfoto beramai-ramai dengan teman tanpa khawatir ada teman yang tidak masuk ke dalam frame kamera.


4. Keduanya memiliki harga yang hampir sama
Huawei Nova 3i vs Asus Zenfone 5, Adu Canggih Dua Ponsel Menawan!
Huawei Nova 3i dibanderol dengan harga resmi Rp 4.199.000 dan bisa didapat secara pre-order dan flash sale di marketplace seperti Lazada dan toko ponsel online seperti Erafone dengan promo cashback dan bonus aksesori seperti headset dan power bank. Sedangkan Asus Zenfone 5 dibanderol dengan harga resmi Rp 4.299.000 namun Asus Zenfone 5 merupakan ponsel yang cukup sulit didapatkan dengan harga resmi karena fitur flash sale yang diberlakukan di marketplace sehingga menyebabkan harga di toko offline atau toko online dari seller tidak resmi dari Asus bisa melonjak hingga 4,5 jutaan sampai 5 jutaan.


5. Mana yang cocok kamu miliki?
Huawei Nova 3i vs Asus Zenfone 5, Adu Canggih Dua Ponsel Menawan!
Kedua ponsel ini secara umum cocok buat kamu yang mengikuti tren kekinian ponsel dengan desain ponsel yang menarik, prosesor mumpuni dan kamera berfitur AI. Namun secara lebih spesifik, Huawei Nova 3i lebih cocok buat kamu yang membutuhkan ponsel dengan memori internal super besar dengan harga relatif terjangkau dibanding ponsel bermemori jumbo lain dan lebih cocok buat kamu yang gak mau ribet beli ponsel dengan sistem flash sale yang mengharuskan berebut dengan banyak pembeli lain.

Sedangkan Asus Zenfone 5 lebih cocok untuk kamu yang mencari fitur kamera yang lebih kaya fitur seperti stabiliser hingga lensa wide angle dengan harga kompetitif namun harus rela berebut membeli ponsel ini dengan sistem flash sale atau mengeluarkan uang lebih untuk membeli di toko offline.

Semoga kamu gak bingung lagi buat beli ponsel impian kamu ini ya!


Sumber : https://www.idntimes.comtech/gadget/...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Huawei Nova 3i vs Asus Zenfone 5, Adu Canggih Dua Ponsel Menawan! Mirip iPhone 6s Ini 5 Rekomendasi Smartphone dengan 3D Touch Display

- Huawei Nova 3i vs Asus Zenfone 5, Adu Canggih Dua Ponsel Menawan! Teknologi Cerdas 7 Keistimewaan Ini Siap Didapat dari Huawei Nova 3i

- Huawei Nova 3i vs Asus Zenfone 5, Adu Canggih Dua Ponsel Menawan! LG G8 2018 Resmi Dirilis Smartphone Keren dengan Ketahanan Militer



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di