alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Makna Hari Pribumi 9 Agustus Bagi Orang Papua
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6a79e01a9975a3658b4567/makna-hari-pribumi-9-agustus-bagi-orang-papua

Makna Hari Pribumi 9 Agustus Bagi Orang Papua

Makna Hari Pribumi 9 Agustus Bagi Orang Papua


Dukung teruusss gerakan Papua Damaaai gaaaan emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Adanya rencana unjuk rasa yang akan diadakan oleh Gerakan Mahasiswa dan Rakyat Papua (GempaR) pada peringatan hari masyarakat adat Internasional 9 Agustus 2018 nanti akan dijadikan momen untuk menunjukan eksistensi gerakan tersebut untuk memperjuangkan hak penting bagi rakyat tertindas, pemilik – pemilik ulayat serta kebebasan politik serta kemerdekaan Papua.

Hal tersebut disampaikan melalui selebaran yang disebar beberapa titik oleh GempaR , yang isinya untuk berkumpul dan berunjuk rasa menuntut kebebasan dan kemerdekaan bangsa Papua. Bahkan dalam selebaran tersebut berisikan agar Indonesia patuh kepada Perserikatan Bangsa – Bangsa (PBB) melalui deklarasi Universal HAM 1948 secara terbuka mendorong setiap Negara didunia untuk mematuhi, dan menjamin hak seluruh rakyat untuk secara aman, bebas dan merdeka.

Melalui deklarasi itu secara Internasional ILO ikut menjamin hak rakyat pribumi tersebut, padahal Indonesia juga telah mengeluarkan perundang – undangan nasional HAM dan perlindungan kepada masyarakat pribumi.

Menanggapi akan adanya aksi unjuk rasa tersebut dan dikaitkan dengan gerakan Papua Merdeka, Tokoh Intelektual Papua, Julian Kelly Kambu berpendapat bahwa memang diakui bahwa tanggal 09 agustus adalah hari dimana masyarakat adat Internasional atau hari Pribumi sedunia, Namun Julian menyampaikan bahwa adat dan Pribumi tidak ada hubungannya denagn gerakan Papua Merdeka.

Makna Hari Pribumi 9 Agustus Bagi Orang Papua


“Memang benar bahwa tanggal 09 agustus adalah hari dimana masyarakat adat Internasional atau hari Pribumi sedunia, tapi adat pribumi dan ulayat tidak ada hubungannya dengan gerakan Papua Merdeka,” ujarnya saat diwawancara.

Julian juga mengajak masyarakat Papua agar jangan mudah terprovokasi dengan mobilisasi para gerakan separatis yang mencoba untuk mencari uang. Ia juga menekankan perlunya menjaga keutuhan NKRI.

“Pesan saya hanya satu, kepada seluruh masyarakat Papua agar hati – hati dan jangan terprovokasi dan mobilisasi para orang pencari rupiah dengan cara melakukan aksi Demo yang tidak jelas dan tidak berguna apalagi saat ini bulan kemerdekaan memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73, marilah jaga kesatuan dan keutuhan NKRI,” tutup Julian.
marilah jaga persatuan dan kesatuan nkri
yang pantas disebut ibu pertiwi itu papua dan daerah2 lain yg ditinggalkan setelah sda nya dikeruk.. cinta buat papua emoticon-heart
hari2 anies pribumi mana ?
Makna Hari Pribumi 9 Agustus Bagi Orang Papua
pusat butuh tanahnya

ada gudang emas disana

emoticon-Leh Uga
skrg mah orang2 papua pada males ama OPM

untung jokowi concern ke sono


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di