alexa-tracking

Mekanisme perpanjangan pendaftaran capres

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6a76059e74048f608b456a/mekanisme-perpanjangan-pendaftaran-capres
Mekanisme perpanjangan pendaftaran capres
Mekanisme perpanjangan pendaftaran capres
Para sekjen partai pengusung Joko Widodo saling bergandengan tangan saat mendatangi gedung KPU, Jakarta, Selasa (7/8/2018).
Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuka pendaftaran calon presiden dan wakil presiden sejak 4 Agustus 2018. Memasuki hari keempat pendaftaran ini, Rabu (8/8/2018) pukul 12.00, belum ada satu pasangan atau partai politik mengajukan jagoan yang akan diusungnya.

Pendaftaran akan ditutup dua hari lagi, Jumat (10/8/2018) dan bisa saja diperpanjang kalau hanya ada satu pasangan calon yang memenuhi syarat.

Perpanjangan pendaftaran termuat dalam Peraturan KPU Nomor 22 tahun 2018 tentang pencalonan peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2019. Perpanjangan dilakukan bila hanya satu pasangan calon yang dinyatakan memenuhi syarat oleh KPU.

Berdasarkan pasal 35 (1), KPU membuka kembali pendaftaran pasangan calon selama 2x7 hari atau dua minggu. Apabila setelah perpanjangan waktu itu hanya ada satu pasangan calon, tahapan pelaksanaan pemilu tetap dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Ketua KPU, Arief Budiman menjelaskan terbukanya kemungkinan masa perpanjangan capres-cawapres Pemilu 2019. Perpanjangan tidak langsung 2x7 hari, tetapi bertahap dalam seminggu.

Jika dalam masa perpanjangan tersebut tak ada yang mendaftar lagi, kata Arief, satu paslon yang sudah mendaftar akan melawan kotak kosong.

Perpanjangan pendaftaran capres-cawapres sempat menjadi sorotan karena pernyataan Komisioner KPU, Ilham Saputra yang menegaskan, tak ada perpanjangan masa pendaftaran capres-cawapres.

"Nggak ada perpanjangan masa pendaftaran. Karena itu kita imbau, seperti yang dikatakan Pak Arief (Budiman) di dalam, bakal capres dan cawapres harus memenuhi syarat dari sekarang," kata Ilham dilansir Kompas.com, Senin (6/8/2018).

Pengamat politik dari Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma), Said Salahudin, dikutip Antaranews, mengatakan masa perpanjangan pendaftaran capres-cawapres seharusnya wajib disediakan oleh KPU.

Masa pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden pun bisa melar kalau sampai 10 Agustus 2018, belum ada satu pun gabungan parpol mencapai konsensus capres-cawapres yang akan diusungnya.

Kata Said, KPU dan publik perlu memahami tingkat kesulitan partai-partai politik dalam membangun koalisi pada Pemilu serentak yang baru pertama kali digelar ini. Bangunan koalisi dalam sistem Pemilu yang tidak serentak, ujar Said, jelas beda dengan koalisi yang dibangun pada sistem Pemilu serentak.

Dalam Undang-Undang Pemilu, ketentuan mengenai masa pendaftaran capres-cawapres sebetulnya diatur relatif fleksibel. Said mengatakan, UU hanya menentukan waktunya paling lama delapan bulan sebelum pemungutan suara.

Menurut Said, dengan mengacu pada Undang-Undang Pemilu itu, kalau KPU menetapkan pemungutan suara pada 17 April 2019, artinya masa pendaftaran capres-cawapres masih memungkinkan dibuka sampai 17 Agustus 2018.

Pendaftaran mepet dan teka-teki cawapres

Persaingan Pilpres 2019 mengarah ke dua kandidat utama, yakni petahana Presiden Joko Widodo (Jokowi) versus Prabowo Subianto. Masing-masing telah memiliki kendaraan partai politik untuk mendaftar, tetapi masih belum menentukan satu nama pendampingnya.

Jokowi telah diusung oleh PDIP, NasDem, Golkar, PPP, dan Hanura. Di seberangnya, Prabowo menjadi kandidat dari partai Gerindra dan Demokrat. Kubu Prabowo pun masih mencoba melakukan pendekatan PKS dan PAN.

Koalisi sejumlah partai terus berlangsung, sementara sosok calon wakil presiden masih terpendam. Kedua kubu, kemungkinan akan mendeklarasikan pencalonan lengkap dengan wakilnya, sehari sebelum penutupan pendaftaran, Kamis (9/8/2018).

Sekretaris Kabinet, Pramono Anung mengatakan, Presiden Jokowi akan mengundang ketua umum partai politik koalisi pada Rabu (8/8/2018) malam atau Kamis (9/8/2018) malam terlebih dahulu.

Pramono memastikan, satu hari sebelum pendaftaran, nama cawapres Jokowi sudah diketahui oleh publik. Setelah itu, Jokowi akan mendaftarkan diri sebagai calon presiden pada Pilpres 2019 ke KPU pada Jumat (10/8/2018).

Sama seperti kubu Jokowi, kubu Prabowo pun kemungkinan menjadwalkan deklarasi calon presiden bersama wakilnya pada Kamis (9/8/2018). Setelah itu, Gerindra dan sejumlah partai koalisi akan mendaftarkan Prabowo dan cawapresnya ke KPU pada hari Jumat (10/8/2018).

"Mudah-mudahan kami bisa deklarasikan pada hari Kamis dan tentu pendaftaran kan deadline-nya hari Jumatnya kan," kata Fadli.
Mekanisme perpanjangan pendaftaran capres


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...aftaran-capres

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Mekanisme perpanjangan pendaftaran capres Tak bisa bangun, Jakarta hapus anggaran rusun Rp1,3 triliun

- Mekanisme perpanjangan pendaftaran capres Demi Lovato masuk fasilitas rehabilitasi narkoba

- Mekanisme perpanjangan pendaftaran capres Membangun lagi kepercayaan wisatawan di Lombok

×