alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Mantan PM Malaysia Najib Razak Dituntut dengan Pasal Pencucian Uang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6a6fad529a453e7a8b4576/mantan-pm-malaysia-najib-razak-dituntut-dengan-pasal-pencucian-uang

Mantan PM Malaysia Najib Razak Dituntut dengan Pasal Pencucian Uang

Mantan PM Malaysia Najib Razak Dituntut dengan Pasal Pencucian Uang

Kuala Lumpur, IDN Times - Komisi Anti Korupsi Malaysia (MACC) mengonfirmasi bahwa mantan Perdana Menteri Najib Razak dituntut dengan pasal pencucian uang saat sidang yang dilangsungkan pada Rabu pagi (8/8). Dikutip dari media Malaysia, Star Online, Najib telah hadir di persidangan dan setelah penerjemah sidang membacakan tuntutan, ia merespons: "Paham".


1. Ia dituntut dengan tiga pasal tentang pencucian uang
Mantan PM Malaysia Najib Razak Dituntut dengan Pasal Pencucian Uang
Kantor berita Bernama mengutip pernyataan orang dalam MACC bahwa ada tiga pasal tentang pencucian uang yang digunakan jaksa untuk menuntut Najib. Ketiganya tercantum dalam Undang-undang Anti Pencucian Uang, Undang-undang Pendanaan Anti Terorisme serta Undang-undang tentang Pendanaan Aktivitas Ilegal.

Dari informasi, Najib melakukan pencucian uang hingga mencapai angka Rp149 miliar. Ia dituduh menerima Rp96 miliar, Rp18 miliar, dan Rp35 miliar melalui sebuah skema ilegal yang kemudian masuk ke rekening pribadinya.


2. Kasus yang menimpa Najib berkaitan dengan 1MDB
Mantan PM Malaysia Najib Razak Dituntut dengan Pasal Pencucian Uang
SRC International, anak perusahaan lembaga penanaman modal Malaysia 1MDB, diduga menjadi agensi yang menyalurkan uang secara ilegal ke kantong pribadi Najib. 1MDB dibentuk pada 2009. Bloomberg melaporkan bahwa alih-alih menarik investasi, badan tersebut justru pandai berhutang.

Kemudian, persoalan terjadi ketika muncul tudingan dari Kejaksaan Tinggi Amerika Serikat bahwa sejumlah uang yang masuk melalui 1MDB berakhir di kantong pribadi Najib dan orang-orang terdekatnya. Pada Juli lalu ia sempat hadiri di persidangan karena dituntut dengan pasal penyalahgunaan kekuasaan, termasuk tudingan korupsi melalui 1MDB. Najib membantah tuduhan ini.


3. Jika terbukti, Najib diancam penjara maksimal selama 20 tahun
Mantan PM Malaysia Najib Razak Dituntut dengan Pasal Pencucian Uang
Setelah tak lagi menjabat, pemerintah Malaysia mengeluarkan larangan bepergian keluar negeri kepada Najib dan istrinya, Rosmah Mansor. Sejumlah tuntutan langsung dilayangkan kepadanya. Salah satunya adalah karena keinginan Perdana Menteri Mahathir Mohamad agar otoritas Malaysia melakukan penyelidikan terhadap 1MDB yang diduga diselewengkan untuk kepentingan pribadi.

MACC menyita sejumlah aset milik keluarga Najib dalam waktu yang relatif sebentar. Jika tuduhan pencucian uang terbukti, maka Najib bisa diancam hukuman penjara maksimal 20 tahun. Ia juga wajib membayar Rp35 juta kepada negara. Sementera itu, pemerintah Singapura, Amerika Serikat dan Swiss juga tengah menginvestigasi skandal 1MDB.


Sumber : https://www.idntimes.comnews/world/r...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Mantan PM Malaysia Najib Razak Dituntut dengan Pasal Pencucian Uang Soal Bacaleg Mantan Koruptor KY Turun Tangan

- Mantan PM Malaysia Najib Razak Dituntut dengan Pasal Pencucian Uang Polisi dan KPK Usut Dugaan Korupsi Rehabilitasi 119 Sekolah di DKI

- Mantan PM Malaysia Najib Razak Dituntut dengan Pasal Pencucian Uang 17 Potret Liburan Seru di Resorts World Genting Bikin Lupa Waktu Deh



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di