alexa-tracking

Tak bisa bangun, Jakarta hapus anggaran rusun Rp1,3 triliun

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6a6d9814088d3a138b4583/tak-bisa-bangun-jakarta-hapus-anggaran-rusun-rp13-triliun
Tak bisa bangun, Jakarta hapus anggaran rusun Rp1,3 triliun
Tak bisa bangun, Jakarta hapus anggaran rusun Rp1,3 triliun
Foto suasana kompleks Rumah Susun Tambora, Jakarta, Jumat (17/2/2017). Tahun ini, pemerintah Jakarta tak membangun rusun.
Pemerintah DKI Jakarta menghapus anggaran pembangunan rumah susun yang sudah disusun di masa pemerintahan Basuki Tjahaja 'Ahok' Purnama, dan disahkan tahun lalu.

Berdasar dokumen perubahan RKPD (rancangan kerja pembangunan daerah) Tahun Anggaran 2018 yang dikutip CNNIndonesia.com, anggaran rusun yang dicoret itu senilai Rp1,341 triliun. "Waktu pelaksanaan pekerjaan tidak mencukupi hingga akhir tahun 2018," alasan yang tertulis pada dokumen tersebut.

Anehnya, dari delapan rusun yang dicoret itu, lima di antaranya adalah rusun yang dibangun dengan pembiayaan satu tahun anggaran (single year), yang memang harusnya selesai dalam setahun.

Untuk pembiayaan single year, rusun yang dicoret adalah Rusun Nagrak senilai Rp359,6 miliar dan Rusun Rorotan senilai Rp111 miliar. Keduanya di Jakarta Utara.

Di Jakarta Timur ada Rusun Cakung senilai Rp94 miliar dan Rusun Pulo Gebang senilai Rp24 miliar. Terakhir, Rusun Pori Pesing di Jakarta Barat senilai Rp40 miliar.

Sisanya, tiga rusun, memakai model pembiayaan beberapa tahun anggaran (multi years).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Meli Budiastuti dalam rapat bersama DPRD DKI Jakarta menyatakan, pembatalan pembangunan itu karena waktunya tak cukup.

"Ada tiga (rusun) yang kami matikan karena waktu tidak mencukupi, Pak," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Meli Budiastuti dalam rapat komisi di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (7/8/2018), seperti dipetik dari Kompas.com.

Pertama adalah Rusun Ujung Menteng di Jakarta Timur senilai Rp361 miliar. Lalu Rusun PIK Pulo Gadung di Jakarta Utara. Tadinya dianggarkan Rp188 miliar. Ketiga, Rusun Karang Anyar di Jakarta Pusat dengan anggaran Rp162,9 miliar.

Menurut Meli, pembatalan ini karena adanya pergantian gubernur. Meli menjelaskan, pembangunan rusun hanya bisa dilakukan dengan skema multi years. Tahun lalu mereka tidak bisa mengajukan proyek multi years karena ada pergantian Gubernur DKI Jakarta.

"Kemarin itu karena ada periode pergantian gubernur, kan tidak boleh multi years. Padahal seharusnya kan pembangunan rusun itu multi years berdasarkan SK Gubernur. Namun karena ada pergantian gubernur maka tidak boleh, jadi single year (satu tahun)," ujar Meli.

Meli menjelaskan pembangunan rusun harus multi years. Idealnya, pembangunan fisik rusun memakan waktu 14 bulan. Selain itu, Rusun Karang Anyar bukan sekadar membangun dari awal melainkan revitalisasi.

Artinya, warga yang sudah menetap di sana harus dipindahkan terlebih dahulu. Dinas Perumahan kemudian harus melakukan penghapusan aset juga sebelum membangun kembali rusun itu. "Itu semua jelas tidak memungkinkan waktunya bila single year," kata dia.

Dengan keputusan penghapusan anggaran ini, maka tahun ini Pemerintah Jakarta tak membangun rusun.

Sekretaris Komisi D (bidang pembangunan) Pandapotan Sinaga menyayangkan Pemerintah DKI Jakarta karena tak mampu menyelesaikan dalam tenggat waktu yang ada. "Padahal waktu minta anggaran itu, mintanya kayak mau menangis, tapi sekarang tidak bisa dieksekusi," ujar politisi PDI P itu, Selasa (7/8/2018).

Meli menambahkan, penghapusan ini akan diganti dengan anggaran tahun depan. "Nanti anggarannya dimasukkan ke perencanaan tahun depan. Nanti kami usulkan ke multiyears. Jadi di tahun depan ada lima kegiatan," ujarnya seperti dinukil dari Merdeka.com.

Meli mengatakan, pembangunan rusun baru dapat dilaksanakan pada tahun anggaran 2019-2020 dengan total unit yang akan dibangun totalnya 2998 unit 14 tower.
Tak bisa bangun, Jakarta hapus anggaran rusun Rp1,3 triliun


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...n-rp13-triliun

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Tak bisa bangun, Jakarta hapus anggaran rusun Rp1,3 triliun Demi Lovato masuk fasilitas rehabilitasi narkoba

- Tak bisa bangun, Jakarta hapus anggaran rusun Rp1,3 triliun Membangun lagi kepercayaan wisatawan di Lombok

- Tak bisa bangun, Jakarta hapus anggaran rusun Rp1,3 triliun Keamanan Jakarta dan Palembang diperketat

×