alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Supranatural /
APA ITU KHODAM SEBENARNYA.....
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6a6d8160e24b297d8b4567/apa-itu-khodam-sebenarnya

APA ITU KHODAM SEBENARNYA.....

Pengertian Khodam dan Keberadaannya

Khodam adalah istilah untuk mahluk halus tertentu yang bisa dimintai bantuannya atau diharapkan kegaiban / tuahnya oleh manusia, yang menjadi sumber kekuatan dari ilmu gaib (prewangan)atau mahluk halus yang sehari-harinya mendampingi seseorang. 

Khodam adalah juga istilah untuk sesosok mahluk halus yang sudah menjadikan sebuah benda menjadi bertuah, yang menjadi sumber kekuatan gaib dari sebuah batu akik, jimat, mustika, pusaka, dsb.

Ada banyak sekali mahluk halus di bumi ini. Yang disebut khodam adalah mahluk halus yang mau dimintai bantuan gaibnya (diperintah) oleh seseorang untuk melakukan suatu perbuatan gaib tertentu (di Jawa sering disebut prewangan). Jika mahluk halus itu tidak mau dimintai bantuan gaibnya (tidak mau diperintah), maka mahluk halus itu tidak disebut khodam, tetapi hanya mahluk halus biasa saja yang sama dengan mahluk halus lainnya yang umum.

Dan sebuah benda disebut berkhodam jika mahluk halus yang berdiam di dalamnya mau dimintai bantuannya (diperintah) untuk melakukan suatu perbuatan gaib tertentu atau bendanya memberikan tuah kegaiban tertentu bagi pemiliknya / pemakainya. Jadi jika mahluk gaib di dalamnya tidak mau diperintah, atau bendanya tidak memberikan tuah gaib tertentu bagi pemiliknya, maka benda itu tidak disebut sebagai benda berkhodam, hanya benda biasa saja yang berpenghuni gaib, tidak bertuah, dan tidak bisa menjadi jimat / pusaka bagi seseorang karena tidak bertuah.
Mahluk halus khodam bisa adalah khodam jimat atau pusaka, khodam ilmu / pendamping, bisa juga mahluk halus yang dipanggil datang / dihadirkan (ilmu hadiran) untuk diperintah melakukan suatu perbuatan gaib tertentu. 
Jenis mahluk halus khodam bisa dari jenis apa saja, bisa bangsa jin, kuntilanak, gondoruwo, sukma manusia (arwah), bisa juga berasal dari khodam mustika, batu akik, jimat dan pusaka.
Mahluk gaib khodam bisa berdiam di dalam sebuah benda gaib, bisa juga menjadi khodam manusia dengan cara mendampinginya atau masuk ke dalam badan / kepalanya, atau didatangkan (dihadirkan) untuk diperintah melaksanakan tujuan dari ilmu gaibnya, seperti untuk ilmu keselamatan, kekuatan / kekebalan / kesaktian, pelet, santet, guna-guna, pengasihan, penglaris dagangan, pesugihan, penundukkan, dsb. Jenis-jenis ilmu inilah yang biasa disebut sebagai ilmu khodam, yaitu ilmu gaib yang menggunakan jasa sesosok mahluk gaib sebagai sumber kekuatan ilmunya.

Tetapi, tidak semua mahluk halus mau diperintah, tidak semua mahluk halus mau dijadikan khodam, dan tidak semua mahluk halus yang tinggal di dalam sebuah benda mau memberikan tuahnya kepada manusia, dan tidak semua benda berisi gaib akan bertuah.
Jadi jika sesosok mahluk halus tidak mau diperintah, tidak mau dimintai bantuannya, maka mahluk halus itu tidak bisa disebut khodam, tetapi hanya mahluk halus biasa saja sama dengan mahluk halus lainnya yang umum, atau jika sebuah benda berpenghuni gaib tidak memberikan tuah apa-apa bagi pemiliknya, maka benda itu tidak bisa disebut benda berkhodam, hanya benda biasa saja yang berpenghuni gaib di dalamnya, dan tidak bisa menjadi jimat / pusaka bagi seseorang, karena tidak memberikan tuah apa-apa.
Singkatnya, tidak semua mahluk halus disebut khodam. Hanya yang mau dimintai bantuannya saja yang disebut khodam, atau yang keberadaannya memberikan tuah saja kepada manusia.
Secara umum :



Khodam Ilmu dan khodam pendamping, bisa mahluk halus jenis apa saja, umumnya bangsa jin.

Khodam jimat batu cincin, rajahan dan khodam isian / asma'an bisa dari jenis apa saja, umumnya bangsa jin.

Khodam keris jawa (keris sepuh buatan empu keris) dan benda-benda pusaka lain buatan empu keris jawa umumnya khodamnya adalah mahluk halus sebangsa wahyu keris, yang komunitasnya tinggal di atas gunung Himalaya, dekat kediaman para dewa di Kahyangan.

Khodam Mustika (yang asli alam), biasanya bukan bangsa jin. Hanya sedikit yang khodamnya bangsa jin. Jenis mustika biasanya khodamnya adalah jenis tersendiri. Mustika yang sejenis biasanya khodamnya juga dari jenis yang sama. Mustika lain yang berbeda, khodamnya juga dari jenis yang berbeda.

Khodam mustika wesi kuning jenisnya sama, wujudnya juga sama, seperti manusia laki-laki kekar bertelanjang dada dan berkepala botak.

Khodam mustika merah delima jenisnya sama, tetapi wujudnya tidak selalu sama, bisa seperti bapak-bapak berjubah, ibu-ibu berkemben, ksatria laki-laki atau perempuan, bisa juga seperti anak-anak.

Khodam mustika wesi kuning berbeda jenis dengan khodam mustika batu merah delima.
Khodam mustika keong buntetburung perkutut majapahit dan burung perkutut jawa berbulu putih biasanya adalah bangsa jin dari golongan putih.

Jadi Khodam bukan barang yang mudah atau bebas diperjualbelikan... intinya mereka adalah juga makhluk seperti kita
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
JAMAN NOW BEDA.
ADA NILAI YANG HARUS DISANGGUPI UNTUK MEMINANGNYA.

emoticon-Wagelaseh


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di