alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jonan Minta Rp1,5 Triliun Untuk Subsidi Penyambungan Listrik Rumah Tangga Miskin
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6a62c9529a45fb798b4567/jonan-minta-rp15-triliun-untuk-subsidi-penyambungan-listrik-rumah-tangga-miskin

Jonan Minta Rp1,5 Triliun Untuk Subsidi Penyambungan Listrik Rumah Tangga Miskin

Jonan Minta Rp1,5 Triliun Untuk Subsidi Penyambungan Listrik Rumah Tangga Miskin


Pemerintah akan menyediakan subsidi untuk jutaan rumah tangga miskin untuk melakukan penyambungan listrik, yang akan dianggarkan dalam RAPBN 2019. Rumah tangga tersebut diyakini mampu membayar tagihan bulanan, namun belum mampu membayar biaya sambungan.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyebutkan bahwa sekitar 2,4 juta rumah tangga di seluruh Indonesia belum mampu melakukan penyambungan listrik baru.

Dia menuturkan, rumah tangga yang belum mampu tersebut akan diberikan subsidi untuk biaya penyambungan listrik. Dana subsidi itu akan dianggarkan dari Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2019.

“Saya sudah minta, bicara ke Menteri BUMN [Rini M. Soemarno] dan Menteri Keuangan [Sri Mulyani Indrawati] untuk alokasi subsidi khusus mungkin Rp1 triliun—Rp1,5 triliun,” ujar Jonan dalam konferensi pers, Selasa (7/8).

Dia meyakini bahwa rumah tangga tersebut mampu membayar biaya listrik setiap bulan, tetapi tidak dapat menyiapkan dana penyambungan listrik dari PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

Menurutnya, sebaran rumah tangga yang tidak mampu menyambung listrik itu merata di seluruh Indonesia. Di DKI Jakarta, katanya, masih terdapat sekitar 30.000 rumah tangga yang tidak mampu menyambung listrik, di Jawa Timur sekitar 500.000 rumah tangga, dan di Jawa Tengah masih sekitar 300.000 rumah tangga.

Pemberian subsidi tersebut, katanya, bertujuan untuk mempercepat program peningkatan rasio elektrifikasi. Sampai saat ini, rasio elektrifikasi telah mencapai sekitar 96,6% dan ditargetkan mencapai 97,5% pada tahun ini.

“Sekitar 2 juta rumah lagi tahun depan [tersambung listrik] melalui usulan subsidi penuh. Kalau tidak, target pemerintah untuk elektrifikasi tidak tercapai,” katanya.

Sebelumnya, usulan memasukkan biaya penyambungan listrik baru untuk daya 450 VA dalam subsidi listrik APBN 2019 telah disampaikan dalam rapat dengan Komisi VII DPR pada Juli 2018. Legislatif pun menyepakati usulan tersebut dimasukkan dalam pembahasan RAPBN 2019.

Sampai Oktober 2018, PLN bersama dengan 34 BUMN melalui program sambung listrik akan memberikan penyambungan listrik gratis pada 103.000 rumah tangga di Jawa Barat.

Sinergi ini ditandai dengan penandatanganan kerja sama Program Sinergi BUMN Sambung Listrik Gratis Bagi Rumah Tangga Tidak Mampu, antara PLN dengan 34 BUMN lain pada Selasa (7/8).

ambil dari APBD DKI saja dari pada dipake jalan2 mulu sama pelawak kadir-doyok .... emoticon-Traveller
Diubah oleh Cupeake
kalo emang bener ane setuju banget. gak ngebayangin gimana hidup tanpa listrik.
nasbung mode on :: kenapa baru sekarang udah mau pemilu!
Jonan Minta Rp1,5 Triliun Untuk Subsidi Penyambungan Listrik Rumah Tangga Miskin
masa sih di jakarta ada 30rb yang belum punya sambungan listrik??
Ngapain dikasih listrik kg bisa bayar juga nantinya trus dicabut juga


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di