alexa-tracking

Eurofighter Typhoon Spanyol Tak Sengaja Tembakan Rudal saat latihan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6a4aff12e257f1778b4567/eurofighter-typhoon-spanyol-tak-sengaja-tembakan-rudal-saat-latihan
Eurofighter Typhoon Spanyol Tak Sengaja Tembakan Rudal saat latihan
Jet Spanyol Tak Sengaja Tembak Rudal di Langit Estonia

Jakarta, CNN Indonesia -- Pesawat jet milik Spanyol secara tidak sengaja menembakkan rudal ke atas Estonia.

Dilansir dari AFP, Kementerian Pertahanan Spanyol mengatakan telah membuka penyelidikan usai aksi salah satu jet Eurofighter yang tidak sengaja menembakkan rudak di langit Estonia saat misi pelatihan rutin.

Dalam sebuah pernyataan resmi, Kementerian Pertahanan Spanyol menjelaskan kronologi kesalahan tersebut.

"Seorang Eurofighter Spanyol yang bermarkas di Lituania secara tidak sengaja menembakkan rudal tanpa menimbulkan bahaya apa pun," papar Kementerian dalam keterangan resmi.

Kementerian menambahkan bahwa insiden itu terjadi Selasa sore di wilayah Estonia barat daya yang memang diizinkan untuk jenis latihan ini.

"Rudal udara-ke-udara belum menabrak pesawat. Kementerian pertahanan telah membuka penyelidikan untuk mengklarifikasi penyebab pasti insiden itu," tambahnya.

Dua jet Eurofighter Spanyol dan dua jet Mirage 2000 dari Prancis, mengambil bagian dalam latihan, kata kementerian itu. Setelah insiden itu, jet mengembalikan pangkalan udara di Siauliai di Lithuania utara di mana mereka bermarkas.

Rudal itu membawa hingga 10 kilo bahan peledak dan dirancang untuk merusak diri sendiri jika terjadi kecelakaan seperti itu.

Perdana Menteri Estonia Juri Ratas mengatakan di Facebook "Terima Kasih Tuhan" dan "tidak ada korban manusia" karena "insiden mengejutkan".

"Saya yakin pasukan pertahanan Estonia akan bekerja sama dengan sekutu-sekutu kami, mengidentifikasi semua keadaan kasus dan melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada yang seperti ini terjadi lagi," tambahnya. (age/age)

https://www.cnnindonesia.com/interna...langit-estonia

untungnya tdk ada korban...kebayang klo rudalnya melesat saat latihan dogfight...
untung gak ada korban tapi ya tetep rugi satu amraam ilang blom lagi klo sampe masuk russia dan gak meleduk sendiri bisa dapat teknologi sensitif yang ada di amraam.
image-url-apps
Quote:


Emang yg dipake amraam gan?
KASKUS Ads
Quote:


Quote:

katanya sih gitu.
image-url-apps
Quote:


Cool
Biasanya ada pengaman sebelum menekan button fire
Dilepas kali ya
Emang nembakin misil itu apakah semudah ngremes trigger senpi gt kok bisa sampe kejadian, kan banyak tahapnya sebelum nembakin ntu misil apalagi AMRAAM, klo sidewinder mungkin masih bisa ngeleslah.

Lagian emang klo latihan kenapa g pake training pod aja sih yang jelas2 aman? ato klo mo make teori konstipasi, jgn2 emang ada maksud & tujuan tertentu dia nembakin tu misil (diiming2in sama tetangga sebelah barangkali) emoticon-Big Grin
image-url-apps
Pilotnya harus ikut pelatihan materi trigger safety di pussenif setempat emoticon-Stick Out Tongue
image-url-apps

Dari artikel diatas:
Quote:


Artikel lain:

Quote:


Bukan Design-induced error. Lebih ke system-induced dan operator-induced error.
Kalo opsi snapshot mode tadi digunakan saat training, sangat2 berisiko terjadi 'inadvertent operation' (kepencet/kedorong/keteken secara tidak sengaja, akibat pergerakan dan/atau ruang akses yg terbatas)...faktor pengalaman/kondisi fisik&mental pilot akan berpengaruh disini.
Kudu dikaji ulang SOP dan Ops Safety nya, sementara Ejército del Aire-Espana lagi misuh2 nyari senjata ratusan ribu dollar US nya. Duitnya mungkin masih kegantiin... Malunya itu lho..
Dan kalo tu Amraam sampe kejadian nyelonong lewat pager dan dipulungnya sama Border Patrol Russia, rada runyam urusannya.
Quote:



Quote:


Punten nubie ijin nanya..
Nembak missile kalo ga salah harus aktifin saklar activate missile dulu kan ya kalo ga salah, terus mode snapshot ini gimana gan ane kurang paham apa iya maksudnya missile bisa lepas tanpa sistem nge lock sasaran dulu yg penting masuk titik bidik terus lgsg pencet tombol fire gitu?
Ngeri juga ya kalo latihan pake missile asli, amraam pula, untung teknologinya udah canggih bisa self destruktif sendiri.
image-url-apps
Quote:


Kurang tahu gan ane juga nubie
image-url-apps
Ini "tliggeled" ya? dia meluncul ditembakkan. Bukan "lepas dali cantelannya"?
Soalnya kalo ditembakkan kok ya lada aneh mengingat lapis2 plosedul pengamanannya. Klo lepas dali cantelan?
Quote:


Jawab sama Nubi juga... emoticon-Big Grin
Sistem HOTAS memudahkan prosedur kerja pilot pespur saat pengendalian pesawat dan manajemen sistem senjata yg dibawa serta sensor2 terpasang. Di sistem ini, pilot dapat mengontrol elemen dasar esensial yg dibutuhkan saat masuk manuver tempur (power/control surface/jejak sasaran/navigasi/pemilihan senjata/penembakkan dan pelepasan). Tangan kiri akan pegang Throttle Quadrant (TQ), dan Tangan kanan pegang Control Stick. Di kedua unit tsb, terpasang tombol2 kendali. Jadi saat manuver tempur, diharapkan ga perlu lagi pilot nyetel2 segala di panel laen. Semua yg esensial ada di HOTAS. Weapon Release, Trigger, dan Weapon Selector biasanya ada di control stick. Sementara si Dogfight switch/Snapshot override ada di TQ.
Contoh dari F-16 punya:
Eurofighter Typhoon Spanyol Tak Sengaja Tembakan Rudal saat latihan
Eurofighter Typhoon Spanyol Tak Sengaja Tembakan Rudal saat latihan

Dlm situasi close combat maneuver, terkadang pilot harus ngambil peluang pertama utk nembak jatuh lawan (snapshot-yg suka fotografi pasti familiar sama istilahnya), yg memerlukan kecepatan reaksi (pake gun / missile) krn menunggu lock on target tidak memungkinkan. Di situasi itulah switch Dogfight bisa berguna.
Di kasus Typhoon Spanyol, ngga tau kenapa bisa Master Arm switch sekaligus switch override itu bisa nyala tanpa si pilot nyadar.
Quote:


Aih.. big thank you suhu.. dapet pengetahuan Komplit sama gambar ilustrasinya jadi ga repot² dobel mikir ngira ngira arah penjelasan agan suhu.. berarti kalo diliat dari penjelasan suhu apa memungkinkan ini faktor Human Error' saking asiknya manuver dan kondisi lagi serius ga sengaja kepencet, macem prosedur finger diciplin saat pegang senapan gitu.

Ampun suhu Nubi blom punya cendol ga bisa kirim kirim.

Salam..
mau tanya juga om, klo misal dogfight overide nyala apakah otomatis dia akan milih jenis missilenya sendiri?, contoh krn dogfight otomatis missile yg jadi prioritas utama untuk ditembakkan yg short range macam sidewinder.

atau tetep harus lewat weapon selector dulu walopun itu dogfight overidenya sudah diaktifin?
wah kok bsa bgtu yah emoticon-Bingung
Reply to bodanno's post
image-url-apps
Quote:


Logikanya sih di settingan missile yg udah dipilih, ya. Switch dogfight itu lebih untuk override sequence penembakan dari sistem tracking&locking-guided ke weapons free mode.
image-url-apps
Akhirnya disetrap sama NATO...

Quote:
di suspend nya sampe kapan itu ya...apakah sampe hasil investigasi selesai?
Reply to koyes's post
Quote:


Sepertinya begitu. Baltic Air Policing ini patroli bergiliran tiap tahun AU negara2 NATO di wilayah udara tiga negara yg berada diperbatasan dgn Rusia, yaitu Estonia, Latvia, dan Lithuania. Kebetulan yg dapet giliran periode 2018 ini adalah Portugis, Spanyol, dan Prancis. Jadi sampai investigasi selesai dan ada keputusan pengaktifan kembali ataupun ada penggantian, terpaksa F-16 Portugis dan Mirage 2000 Perancis harus digenjot ngisi slot terbang yg ditinggalkan EF2000 Spanyol.