alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Gak Sulit, Ini 12 Cara Menunjukkan Kepedulianmu pada Para Introvert
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6999ffd44f9f74328b456d/gak-sulit-ini-12-cara-menunjukkan-kepedulianmu-pada-para-introvert

Gak Sulit, Ini 12 Cara Menunjukkan Kepedulianmu pada Para Introvert

Gak Sulit, Ini 12 Cara Menunjukkan Kepedulianmu pada Para Introvert

Memiliki kepribadian yang sedikit berbeda dari orang lain terkadang membuat kita merasa tidak nyaman. Dari perkataan hingga perbuatan, kita akan merasa serba salah. Terlebih saat harus berhadapan dengan orang atau teman yang memiliki kepribadian berbeda dari kita.

Misalnya saja, saat kita berhadapan dengan seorang introvert atau ambivert yang tidak selalu mampu meluapkan emosi, pemikiran dan perasaan. Kamu mungkin akan kebingungan saat berhadapan dengan orang introvert. Sebagian juga menganggap mereka aneh, punya dunia sendiri dan kadang sulit dimengerti. Namun sebenarnya ada cara agar kita bisa mengimbangi orang introvert yang ada di sekitar kita. Seperti hal-hal berikut ini.


1. Menghargai privasi yang mereka butuhkan
Gak Sulit, Ini 12 Cara Menunjukkan Kepedulianmu pada Para Introvert
Sama sepertimu, sekalipun terlihat mereka bisa jadi orang yang terbuka kepada orang lain. Namun mereka pun punya privasi atau kehidupan pribadi yang tidak boleh kita usik. Sekalipun bertanya, jangan memaksa sebuah jawaban saat mereka tidak menginginkannya. Kamu bisa menanyakan itu lain waktu.

Pastikan untuk benar-benar ingin membantu, jangan hanya karena kamu penasaran dan tak ada tindakan setelahnya. Mereka akan sangat sensitif dan sulit untuk kembali percaya.


2. Berhenti mempermalukan mereka di depan umum
Gak Sulit, Ini 12 Cara Menunjukkan Kepedulianmu pada Para Introvert
Bagi sebagian orang bercanda atau menjadikan orang lain sebagai bahan candaan di depan umum adalah hal yang biasa. Justru semakin menambah keakraban. Namun tidak untuk seorang introvert. Mereka tak bisa menerima keadaan di mana lingkungan memojokkan bahkan menjadikannya sebagai lelucon. Bukan tak asyik diajak berteman. Mereka hanya tahu kapan dan bagaimana sebuah lelucon itu diutarakan. Tentu saja bukan untuk menyakiti orang lain.

Seorang introvert juga memiliki rasa humoris dalam dirinya. Mereka pun terkadang bisa sangat lucu di dalam percakapan. Namun tidak dengan mempermalukan atau menyakiti di depan umum. Ini akan sangat melukai harga dirinya.


3. Jangan memaksa mereka untuk bisa masuk dalam situasi baru
Gak Sulit, Ini 12 Cara Menunjukkan Kepedulianmu pada Para Introvert
Seorang introvert adalah pengamat handal. Mereka rela menggunakan banyak waktu untuk mengamati lingkungan di sekitarnya. Bukan untuk memilih-milih dengan siapa ia akan berteman. Namun untuk memastikan bahwa mereka bisa menyesuaikan diri dengan apa yang terjadi di sekitar mereka.

Tentu saja, jangan paksa mereka bisa dengan cepat beradaptasi dengan lingkungan baru. Seorang introvert perlu menata pikiran dan perasaan sampai mereka bisa menerim dan masuk dalam situasi baru. Mereka bisa melakukannya jika kita memberinya waktu.


4. Beri mereka waktu untuk berpikir, jangan minta mereka melakukan semua secara instan
Gak Sulit, Ini 12 Cara Menunjukkan Kepedulianmu pada Para Introvert
Selain butuh waktu untuk beradaptasi, kemampuan mereka mengamati keadaan dan menganalisa apa yang terjadi membuatnya tak mampu didesak untuk bisa melakukan sesuatu secara instan. Mereka akan mempertimbangkan ini dan itu sebelum akhirnya berkata "sudah". Tentu saja hal ini perlu diperhatikan, terlebih saat harus bekerja di sebuah perusahaan atau industri yang memiliki mobilitas tinggi.

Mereka pun bukan tak bisa melakukan semua dengan cepat. Namun pahami posisinya. Jika kamu memberi pekerjaan saat ini juga dan meminta ia selesai dalam waktu singkat, sedangkan pekerjaan itu membutuhkan waktu untuk berpikir, maka coba kaji ulang perintahmu.


5. Jangan menginterupsi mereka!
Gak Sulit, Ini 12 Cara Menunjukkan Kepedulianmu pada Para Introvert
Seolah memiliki dunia sendiri. Selain lebih suka menyendiri, seorang introvert akan sangat kesal jika apa yang ia lakukan mendapatkan interupsi dari orang lain. Terlebih saat ia sedang fokus dengan satu hal, lalu diminta untuk mengerjakan hal berbeda dalam waktu yang sama. Mood yang awalnya bersemangat bisa jadi berubah menjadi buruk.

Tidak salah memang, sebab ia akan kembali mengatur ulang jadwal yang sudah ia persiapkan. Bukan tak mampu multitasking. Jika dilatih, mereka pun bisa melakukannya. Hanya saja ia akan sulit fokus jika mendapatkan banyak interupsi dalam apa yang ia kerjakan.


6. Beritahu mereka setiap ada perubahan dalam hidup mereka
Gak Sulit, Ini 12 Cara Menunjukkan Kepedulianmu pada Para Introvert
Sama seperti otang kebanyakan, seorang introvert adalah manusia yang membutuhkan kejujuran dan tranparansi dalam hidup mereka. Tak semua bisa terus disembunyikan dan memaksanya untuk bisa mencaritahu dan mengerti dengan sendirinya. Ini akan membuat ia merasa sangat tidak berguna. Ia akan banyak menyalahkan diri sendiri saat ada yang tak sesuai dengannya.

Jika ada yang berubah dalam hidupnya dan kamu adalah orang yang lebih mengerti, makan jangan ragu menyampaikannya. Mereka pun membutuhkan kejelasan sekalipun mengetahuinya dari orang lain. Mereka tak akan merasa dikhianati saat orang hanya bergunjing selagi ia benar-benar tidak tahu apa-apa.


7. Beri mereka batas waktu yang pasti untuk menyelesaikan pekerjaan
Gak Sulit, Ini 12 Cara Menunjukkan Kepedulianmu pada Para Introvert
Tentang pekerjaan, seorang introvert membutuhkan kejelasan batas waktu dalam menyelesaikan. Meski ia mampu menyelesaikan dengan cepat bahkan sebelum target yang telah ditetapkan, namun ia akan sangat bersemangat jika tahu kapan harus mulai dan selesai.

Dari sinilah mereka akan berupaya mengatur timeline dalam setiap pekerjaan yang dikerjakan. To do list akan sangat berguna bagi seorang introvert. Mereka bahkan cenderung lebih suka dengan pekerjaan yang memberikan kebebasan untuk mengatur timelinenya sendiri.


8. Tegur mereka secara pribadi
Gak Sulit, Ini 12 Cara Menunjukkan Kepedulianmu pada Para Introvert
Jika seorang introvert salah, jangan menegurnya di depan umum, meneriaki bahkan menyorakinya di depan banyak orang. Sekalipun ia akan menerima kritik dan saranmu, namun perasaan mereka akan terluka. Tegur mereka saat kalian sedang berdua. Berbicara secara pribadi. Dengan begitu kalian akan lebih mudah saling menyampaikan pikiran dan isi hati.

Tentu saja jangan memaksanya saat ia pun tak ingin mendengarkan apa yang kamu katakan. Bicaralah saat sama-sama ingin dan siap untuk bicara.


9. Ajari mereka keterampilan baru yang belum mereka tahu
Gak Sulit, Ini 12 Cara Menunjukkan Kepedulianmu pada Para Introvert
Meski cenderung pendiam dan memiliki dunia sendiri. Seorang introvert bukan orang yang tertutup dan tak ingin mencoba sesuatu yang baru dalam hidupnya. Mereka sangat senang bisa diberi tantangan dan mencoba melakukan hal yang belum pernah ia lakukan sebelumnya.

Ajari mereka sesuatu yang belum mereka ketahui sebelumnya. Meski sulit dan terkesan tak berminat mencoba, mereka akan menggunakan waktu lain untuk setidaknya mencoba sekali dalam hidup mereka.


10. Berikan mereka kesempatan bertemu dengan orang yang punya minat dan kemampuan yang sama
Gak Sulit, Ini 12 Cara Menunjukkan Kepedulianmu pada Para Introvert
Bagi seorang introvert, bertemu dengan orang dengan minat yang sama dengan dirinya akan sangat menyenangkan. Mereka bisa berbagi pemikiran dan bahkan berkolaborasi melakukan sesuatu yang besar. Seorang inteovert memang tidak mudah bergaul dengan banyak orang baru. Namun ia bisa menjalin hubungan baik dengan orang baru dalam waktu yang cukup lama.

Bagi introvert, jangan ragu untuk berkumpul dengan orang-orang yang memiliki minat dan kegiatan yang kamu sukai juga. Bersama mereka kamu tidak lagi merasa sendiri.


11. Jangan memaksa mereka untuk berteman dengan banyak orang
Gak Sulit, Ini 12 Cara Menunjukkan Kepedulianmu pada Para Introvert
Benar memang, bagi seorang introvert bertemu dan berbicara dengan banyak orang akan menguras tenaga mereka. Mereka akan membutuhkan banyak waktu sendiri untuk mengembalikan energi dan semangatnya lagi. Saat di dalam pesta pun, biarkan mereka melakukan hal yang mereka sukai. Kebanyakan akan memiliki untuk duduk sendiri atau hanya mengamati sekitar di sudut ruangan.

Bukan anti sosial, mereka hanya ingin menjalin pertemanan yang baik dengan sedikit orang namun dalam jangka waktu yang lama. Bukan pertemanan instan yang hanya ada di saat membutuhkan dan pergi saat keadaan menjadi sulit untuk mereka.


12. Hormati keunikan mereka, jangan memaksa menjadi orang lain
Gak Sulit, Ini 12 Cara Menunjukkan Kepedulianmu pada Para Introvert
Menjadi seorang introvert bukanlah kesalahan. Bukan juga sebuah kekurangan. Sama seperti jenis kepribadian lain, introvert adalah sebuah keunikan. Mereka tak akan banhak menuntut untuk dimengerti. Bahkan semakin banyak yang lebih ingin mengerti daripada dimengerti.

Hargai apapun yang ada pada mereka. Keunikan yang mereka miliki sama dengan yang kamu miliki. Bukan sebuah kecacatan, tapi sebuah anugerah yang harus terus dihargai keberadaannya.

Semoga cara di atas membuat kamu makin memahami para introvert, ya.


Sumber : https://www.idntimes.comlife/inspira...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Gak Sulit, Ini 12 Cara Menunjukkan Kepedulianmu pada Para Introvert 5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Ambil dari Kepribadian Introvert

- Gak Sulit, Ini 12 Cara Menunjukkan Kepedulianmu pada Para Introvert Tanpa Banyak Bicara 5 Cara Ini Membuat Introvert Sangat Bahagia

- Gak Sulit, Ini 12 Cara Menunjukkan Kepedulianmu pada Para Introvert 8 Alasan Menjalin Cinta dengan Introvert Itu Sungguh Menyenangkan

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di