alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Hati-hati guys! Pemotor Lewat Trotoar Bisa Dipenjara...
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b698d9396bde62e488b4568/hati-hati-guys-pemotor-lewat-trotoar-bisa-dipenjara

Hati-hati guys! Pemotor Lewat Trotoar Bisa Dipenjara...

Hati-hati guys! Pemotor Lewat Trotoar Bisa Dipenjara...

Hati-hati guys! Pemotor Lewat Trotoar Bisa Dipenjara...


Sebuah video yang sedang ramai di jagat dunia maya menunjukkan seorang pejalan kaki menegur pemotor lewat trotoar. Apes, si pejalan kaki itu malah kena semprot dan dipukul oleh pemotor. 

Kementerian Perhubungan menegaskan, sesuai aturan pemotor dilarang keras lewat trotoar. Sanksinya bila dilanggar si pemotor itu bisa dipenjara.

Pemanfaatan trotoar sebagai fasilitas umum untuk pejalan kaki sendiri sudah diatur baik dalam Undang-Undang (UU), Peraturan Pemerintah (PP), hingga Peraturan Daerah (Perda). Pengendara sepeda motor yang masuk ke ruang pejalan kaki, dalam hal ini trotoar masuk dalam kategori melanggar hukum.

Seperti dirangkum detikFinance, Selasa (7/8/2018), hak-hak pejalan kaki dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Trotoar sebagai fasilitas umum tidak boleh dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi.

Dalam Pasal 131 Ayat 1 UU Nomor 22 Tahun 2009 disebutkan bahwa pejalan kaki berhak atas ketersediaan fasilitas pendukung berupa trotoar, tempat penyeberangan dan fasilitas lain. Selain itu, pada Ayat 2 juga disebutkan, pejalan kaki berhak mendapatkan prioritas pada saat menyeberang jalan di tempat penyeberangan.

Aturan itu juga dikuatkan dalam Pasal 34 Ayat 3 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 34 Tahun 2006 tentang Jalan. Dalam PP itu disebutkan, bahwa trotoar merupakan bagian dari ruang manfaat jalan. Kemudian Pada Pasal 34 Ayat 4 kembali ditegaskan bahwa trotoar hanya diperuntukkan bagi lalu lintas pejalan kaki.


Selain soal aturan, disiapkan juga sanksi-sanksi bagi mereka yang melanggar seluruh aturan tersebut. Sanksi mulai dari pengenaan denda, hingga pidana penjara.

Yang pertama, sanksi tertuang dalam Pasal 274 Ayat 2 UU Nomor 22/2009. Di sana dengan jelas ditulis, setiap orang yang melakukan perbuatan yang mengakibatkan kerusakan dan/atau gangguan fungsi jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 Ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp 24.000.000 (dua puluh empat juta rupiah).

Kemudian sanksi kedua terdapat pada Pasal 275 Ayat 1 yang tertera, setiap orang yang melakukan perbuatan yang mengakibatkan gangguan pada fungsi rambu lalu lintas, marka jalan, alat pemberi isyarat lalu lintas, fasilitas pejalan kaki, dan alat pengaman pengguna jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 Ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250.000 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Namun ada juga hukuman yang dibuat oleh pemerintah daerah. Untuk di Jakarta, larangan pengendara masuk ke trotoar tertuang dalam Perda Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi. Hukumannya adalah dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan dan denda paling banyak Rp 250.000.

BACA JUGAPercaya atau Tidak, Tools Ini Bisa Bikin Instagram Kamu Kebanjiran Followers.

Halaman 1 dari 2
Mampus !!!

Penjarain juga yg suka lawan arus, ga pake helm, dibawah umur, putbal sembarang, liat hp sambil motoran...

😡😡😡

Muak liat motor2 melanggar aturan.
Dibilang bodo ga terima, tp kelakuannya memperlihatkan tidak berpendidikan.
klo g ada polisi yang jaga, woles aja emoticon-Ngacir
biasanya yg melanggar lebih galak...

emoticon-Embarrassment
ga cuma jakarta, bali juga udah mulai di perkotaan. dan yaa.... ga keliatan pulisinya.... emoticon-Hammer2
Penjara 1 hari aj biar kapok
Di video yg viral tu ad plat nya kan? motornya vario 125 at 150.
tangkap aja, jeblosin penjara!
dari dulu kek

kebiri aja sekalian biar kagak beranak pinak
sekalian semua wilayah utk mengeluarkan perda larangan jualan di trotoar tuh.
Balasan post whellere
Quote:

Kalo dibilang "bodoh" ngga terima,
Coba lu bilang "stupid" atau "embesil" mungkin dia akan terima
Diubah oleh tukangkredit
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
baguslah.
ditunggu realisasinya
yang kesel amat pakiran di badan trotoar, kalo bisa dikasih wewenang bagi publik utk mengembos ban motor yg melanggar lalintas


Quote:


😂😂😂

Udah gw coba pake macem2 bahasa malah...

Motherfather !
Anjengg !
Fak yu !
Wo ai ni !
Haram !
To ming se !
Borokokok !
Stupid shit !

Ga ngaruh.. yg ada spion mobil gw dikeplak sambil kabur ngeloyor ditengh kemacetan jakarta .. 😓😓
Balasan post whellere
Quote:


Wo ai ni

emoticon-Ngakak
Ini indonesia, peraturan dilanggar oleh masyarakatnya sendiri
Hati-hati guys! Pemotor Lewat Trotoar Bisa Dipenjara...
Hati-hati guys! Pemotor Lewat Trotoar Bisa Dipenjara...
Hati-hati guys! Pemotor Lewat Trotoar Bisa Dipenjara...
di indonesia yang ngelanggar di tegur malah marah2.
Balasan post whellere
Quote:


Yg paling gobloggg itu main hp sambil motoran. Eneg gw liatnya
Apalagi jalannya dii lajur tengah. Ingin gw tendang tapi takut dipenjara emoticon-Cape d...
Awas nabrak tiang.
Perlu kesadaran semua, trotoar untuk pejalan kaki emoticon-cystg


Quote:


Nih gw kasi tau caranya spy lu ga kena hukum..

Liat org motoran sambil hp-an..

Ente nyetir mobil atau motor juga sambil pegang hp.. trus sruduk deh..
Klo dia ngaku salah..bagus.. lepasin.. yg penting udah disruduk.
Klo dia malah balik galak, ente harus lebih galak lagi, bilang lg pegang hp sama spt dia lg maen hp..trus salaman deh spy damai, tp kan udah disruduk.. 😌😌

#tipsandtrick
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di