alexa-tracking

Kesiapan pelaku industri pakai campuran biodiesel 20 persen

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6971dd12e25787648b4579/kesiapan-pelaku-industri-pakai-campuran-biodiesel-20-persen
Kesiapan pelaku industri pakai campuran biodiesel 20 persen
Kesiapan pelaku industri pakai campuran biodiesel 20 persen
Buruh kerja memanen kelapa sawit di Desa Sukasirna, Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (13/7/2018).
Pemerintah terus menggodok revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 61 Tahun 2015 terkait penghimpunan dan penggunaan dana perkebunan kelapa sawit.

Dalam revisi ini, pemerintah berencana memperluas pemberian insentif penggunaan campuran bahan bakar nabati 20 persen dalam solar atau biodiesel 20 persen (B20) dari sektor Public Service Obligation (PSO) ke non-PSO.

Nantinya, penggunaan B20 juga akan diperluas sampai ke kendaraan pribadi. Selama ini penggunaan B20 hanya untuk kendaraan subsidi. Rencananya, perluasan B20 tersebut akan diterapkan melalui Perpres yang baru pada September 2018.

Tak hanya itu, pemerintah juga akan memberlakukan campuran biodiesel hingga 30 persen (B30) secara bertahap mulai 2019 mendatang. Program B30 sebenarnya direncanakan baru akan dijalankan pada 2020. Tapi Presiden Joko Widodo mempercepatnya ke 2019.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo) memberikan tanggapannya soal rencana pemerintah tersebut. Mereka mengaku setuju saja terkait dengan kebijakan yang sebentar lagi bakal diterapkan.

Namun, Gaikindo menekankan, B20 yang akan disebar harus sesuai dengan syarat dan ketentuan, terutama soal waktu realisasi dan spesifikasi bagi kendaraan di dalam negeri. Pasalnya pemerintah juga akan memberlakukan emisi Euro 4 pada 2021 untuk mesin diesel.

"Sebetulnya tujuan aturan B20 baik. Sebaiknya spesifikasinya seperti apa dan detail untuk B20-nya bagaimana harus sesuai dengan aturan Euro 4. Tapi kalau terkait dengan melangkah ke B30 sendiri belum tahu juga kami spesifikasinya," ujar Sekretaris Jenderal Gaikindo, Kukuh Kumara, kepada Beritagar.id, Selasa (7/8/2018).
Kesiapan pelaku industri pakai campuran biodiesel 20 persen
Tahapan Pelakasanaan Kewajiban Biodiesel (Permen ESDM No 12 Tahun 2015)
Sementara, Executive Vice President Director PT Freeport Indonesia, Tony Wenas, menyatakan perusahaan tambang asal AS tersebut siap apabila kendaraan dan alat berat yang beroperasi di Tambang Grasberg, Papua, harus menggunakan B20.

"Kita sudah coba pakai. Lagi kita terus uji coba," kata Tonny dalam Liputan6, dikutip Selasa (7/8).

Tonny menambahkan, Freeport sudah lama menggunakan bahan bakar minyak jenis biodisel. Hanya saja, B20 belum bisa dioptimalkan sepenuhnya, sebab beberapa alat berat dan kendaraan milik perusahaan yang berada di ketinggian tidak menggunakan B20.

"Kan ketinggian 4.000 meter kan beda ya. Kadar kebekuannya kan beda. Kita kerja di ketinggian 4.000 meter," imbuhnya.

Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) juga mendukung rencana perluasan penggunaan biodiesel yang dicanangkan oleh pemerintah. Kebijakan tersebut diyakini mampu mengurangi ketergantungan impor terhadap minyak mentah yang kerap membuat defisit neraca dagang.

“Kami mendukung arahan Presiden dan Menteri Perindustrian untuk lebih menggunakan biodiesel guna mengurangi impor bahan bakar juga penghematan devisa kita,” kata Ketua Harian Aprobi Paulus Tjakrawan, Selasa (7/8).

Paulus berharap, penggunaan biodiesel jenis B20 bisa cepat diperluas di dunia industri. Ia berpendapat, jika hal itu bisa dilaksanakan dengan baik maka akan signifikan mengurangi konsumsi bahan bakar fosil, yang sekitar setengahnya adalah impor.

Terkait kesiapan teknologi, dia menjelaskan, saat ini semua pemangku kepentingan sedang menyiapkan program B30. "Termasuk kesiapan teknisnya seperti standar biodiesel yang lebih baik, uji laboratorium dan uji jalan," katanya.

Aprobi memperkirakan serapan biodiesel dalam negeri mencapai 3,5 juta kiloliter (kl). Dari jumlah tersebut, sebanyak 2,8 juta kl hingga 3 juta kl digunakan untuk untuk PSO dan 500.000 kl lainnya diserap untuk kebutuhan non-PSO.

Penerapan mandatori B30 diyakini akan meningkatkan konsumsi biodiesel hingga 500.000 ton per tahun. Tahun ini Aprobi menargetkan produksi biodiesel mencapai 3,5 juta kl.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Rida Mulyana, memastikan pemerintah sudah siap menjalankan kebijakan baru sehingga badan usaha harus ikut serta dalam persiapannya. Pedoman penyimpanan dan pencampuran pun juga bakal disediakan supaya aturannya tepat guna.

Rida memastikan bahwa penghitungan alokasi biodiesel untuk sektor non-PSO sudah selesai. Begitu pula jatah untuk 19 Badan Usaha Bahan Bakar Nabati dan 14 Badan Usaha Bahan Bakar Minyak juga sudah ditakar dengan adil dan efisien.

Selain itu, penegakkan hukum bakal diperketat bagi badan usaha yang tidak menjual B20. Denda sebesar Rp 6.000 per liter bakal dikenakan kepada pihak yang melanggar.

“Tapi bakal ada proses klarifikasi dan verifikasi sebelum denda,” kata Rida, dikutip Selasa (7/8).
Kesiapan pelaku industri pakai campuran biodiesel 20 persen


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...esel-20-persen

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Kesiapan pelaku industri pakai campuran biodiesel 20 persen Dokter Helmi dihukum penjara seumur hidup

- Kesiapan pelaku industri pakai campuran biodiesel 20 persen Hari ini IHSG anjlok, minus 0,16 persen

- Kesiapan pelaku industri pakai campuran biodiesel 20 persen Kapan status tersangka bisa kedaluwarsa

×