alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
SpaceX Falcon 9 Luncurkan Satelit Merah Putih Telkom Hari Ini
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6965b3dcd7706e588b4567/spacex-falcon-9-luncurkan-satelit-merah-putih-telkom-hari-ini

SpaceX Falcon 9 Luncurkan Satelit Merah Putih Telkom Hari Ini

SpaceX meluncurkan Falcon 9 membawa satelit telekomunikasi Merah Putih milik Telkom. Peluncuran ini dilakukan di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat.

SpaceX Falcon 9 Luncurkan Satelit Merah Putih Telkom Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta - Setelah proses peluncuran memakan waktu sekitar 32 menit, Satelit Merah Putih akhirnya sukses mengudara di luar angkasa.

Satelit tersebut lepas landas dari SpaceX Cape Canaveral, Air Force Station, Florida, Amerika Serikat (AS).
Satelit milik Telkom tersebut, diketahui lepas dari roket yang membawanya dari ketinggian 500 kilometer dengan kecepatan 33.920 kilometer per jam.


Proses deploy (pelepasan satelit) juga berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan berarti.

Untuk diketahui, proses peluncuran Satelit Merah Putih dimulai dari startup, liftoff, entry burn, landing burn, second engine cutoff, stage 1 landing, second engine startup, second engine cutoff, hingga proses deploy.

Satelit Merah Putih diluncurkan dengan menempati slot orbitnya di 108 derajat Bujur Timur (108 BT).  Satelit ini mengandalkan platform SSL 1300 dengan usia desain 16 tahun.

Sebelum diluncurkan, Direktur Utama Telkom Indonesia Alex J Sinaga dan Menteri BUMN Rini M Soemarno sempat meninjau Satelit Merah Putih di Negeri Paman Sam. Peninjauan dilakukan pada akhir Juli lalu.

"Kita semua berharap, Satelit Merah Putih bisa menjalankan tugasnya menopang kemajuan industri nasional, mendukung konektivitas bangsa Indonesia, serta mempermudah dan memperluas akses komunikasi bagi seluruh rakyat Indonesia," kata Rini dalam keterangan resmi Telkom yang Tekno Liputan6.com kutip, Selasa (7/8/2018).

Sekadar diketahui, Satelit Merah Putih membawa 60 transponder aktif. Ke-60 transponder ini terdiri dari 24 transponder C-Band dan 12 transponder Extended C-Band yang akan melayani wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia dan 24 transponder C-Band yang akan menjangkau kawasan Asia Selatan.

"Satelit ini tidak hanya akan memancarkan sinyal ke Indonesia, tetapi juga ke kawasan Asia Selatan. Ini artinya, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) makin kencang go international membawa nama Indonesia," kata Rini.

Sumber : Liputan6

Video Peluncuran:
Spoiler for Buka gan:


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Pertamax emoticon-Sundul Up

Tadi nonton dari awal sampe kelar emoticon-Cool
Diubah oleh kazekage810
Yoi gan, Satelit Merah Putih milik telkom untuk menggantikan satelit sebelumnya yang sudah expire.
Satelit Merah Putih ini untuk mensupport anak perusahaannya yaitu Metrasat dan Patrakom yang bergerak pada bidang Internet Satelit khusunya Indonesia gan.
Menurut Info yang kita dapet, katanya satelit Merah Putih ini hemat hingga 25%.
kira2 saat ini udah nyampe orbit belum ya ?
udah melakukan contact ke stasiun bumi di Jatiluhur ?


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di