alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mendagri Apresiasi Kinerja KPU dalam Mempersiapkan Tahapan Pemilu 2019
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6960e412e2572d4d8b4568/mendagri-apresiasi-kinerja-kpu-dalam-mempersiapkan-tahapan-pemilu-2019

Mendagri Apresiasi Kinerja KPU dalam Mempersiapkan Tahapan Pemilu 2019

Mendagri Apresiasi Kinerja KPU dalam Mempersiapkan Tahapan Pemilu 2019
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo bersama Seluruh Komisioner KPU(Foto: Kemendagri)


Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengapresiasi kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam mempersiapkan seluruh tahapan Pemilu serentak 2019.

Tahapan yang dimaksud Tjahjo, yakni untuk memilih calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), calon anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.


“Saya kira kalau persiapan sudah optimal,” ujar Tjahjo saat menyambangi Kantor KPU di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (6/8).


Seperti diketahui, sesuai rencana, pemilihan umum serentak ini akan digelar pada 17 April 2019 mendatang.


Menurut Tjahjo, sejauh ini persiapan KPU sudah baik. Ia menilai, sebagai penyelenggara pemilu, KPU sudah bekerja secara professional dalam menjalankan fungsinya.



“Jadi tak perlu diragukan lagi,” tutur Tjahjo.



Tahapan Pemilu 2019 Wewenang KPU



Dia juga mengatakan, Pilpres 2019 adalah laga para parpol dalam mengusulkan pasangan capres dan cawapresnya. Hal ini, tentu harus sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan KPU.



“Pilpres ini gawenya parpol, tapi harus diatur. Yang mengatur, ya, KPU,” katanya.



Ditanyakan lebih jauh terkait kenapa pasangan calon presiden dan wakil presiden belum ada yang mendaftar di KPU, Tjahjo memilih diam. Padahal, masa pendaftaran calon presiden dan wakil presiden telah dibukah pada 4-10 Agustus 2018.



Namun, Tjahjo hanya menggarisbawahi dari sisi kacamata politik. Pasalnya, belum adanya pasangan capres dan cawapres yang mendaftar karena partai politik atau gabungan partai politik (koalisi) belum mememukan titik temu mengenai figur calon yang akan diusung.



“Parpol dan gabungan parpol masih mencari pasangan yang tepat,” kata Tjahjo yang juga merupakan politisi PDI Perjuangan ini.



Tjahjo pun memberikan penekanan dalam pengamanan selama pelaksanaan seluruh tahapan di KPU. Menurutnya, penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU telah ada aturan mainnya. Aturan tersebut, tegas Tjahjo, tidak bisa diintervensi oleh peserta Pemilu.


“Tidak bisa satu pun orang yang bisa mengintervensi KPU. Kuasa penuh secara nasional (bagi) suksesnya pilpres dan pileg nasional,” tegasnya.



Sumber








×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di