alexa-tracking

Fahri Ungkap 3 Faktor Penyamaran Kemiskinan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6955bcdcd77042498b4583/fahri-ungkap-3-faktor-penyamaran-kemiskinan
Fahri Ungkap 3 Faktor Penyamaran Kemiskinan
Fahri Ungkap 3 Faktor Penyamaran Kemiskinan

Jakarta: Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menyebutkan kemiskinan di Indonesia masih sangat rawan. Namun, ada beberapa faktor yang justru menyamarkan kondisi tersebut.


'Melalui observasi yang saya lakukan, ada tiga faktor yang menahan, atau mengaburkan kemiskinan kita,' kata Fahri, saat merilis buku karyanya berjudul Mengapa Indonesia Belum Sejahtera, di Ruang Abdul Muis, Gedung Kura-Kura Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa, 7 Agustus 2018.


Faktor pertama, alam. Hal itu terlihat pada pendapatan negara berupa pajak masih berasal dari sumber daya alam. 


'Pendapatan negara dari pajak, 75 persennya masih dari sumber daya alam. Jadi, kita tampak tidak miskin karena masih mengeksploitasi sumber daya alam,' kata Fahri.


Wakil Ketua DPR RI Bidang Kesejahteraan Rakyat itu menyebutkan contoh lain alam mengaburkan kemiskinan Indonesia, yaitu saat dirinya berkunjung ke Papua. Di sana, dia mengaku mendapatkan cerita tentang kondisi kesejahteraan aparat kepolisian di Bumi Cendrawasih tersebut. 


'Saya pernah pergi ke Papua dan mengobrol bersama Pak Kapolda. 'Pak Pahri, polisi-polisi asli Papua itu gajinya habis dalam waktu 1-2 minggu. Dan setelah gajinya habis, masuk hutan lagi, dan tidak lapor ke pos-posnya.' Jadi diserap oleh alam,' kata Fahri.


Faktor kedua yang disebut Fahri mengaburkan kemiskinan Indonesia adalah keluarga. Dia menyebut kalau tradisi keluarga di Indonesia tidak sama dengan negara barat.


'Kalau kulutur keluarga kita sama dengan negara barat, maka kita akan menyaksikan homeless di mana-mana. Bukan karena terjadi gempa dimana, tapi tradisi keluarga kita itu punya tradisi menyerap kemiskinan. Mangan ora mangan, yang penting ngumpul,' ucapnya.


Faktor terakhir, agama. Dalam konteks ini Fahri mencontohkan agama Islam yang mengimbau umatnya menyantuni fakir miskin.


'Saya baru bicara satu agama, yaitu Islam. Negara dibantu oleh bulan puasa, dikasih makan, selain disuruh berpuasa. Orang juga harus bayar zakat dan sebagainya itu,' kata Fahri.


Fahri berkesimpulan ketiga faktor tersebut menyebabkan kemiskinan di Indonesia menjadi samar. 'Sudah statistiknya, tiga hal tadi menjadi tidak kelihatan bahwa sebetulnya kemiskinan itu rawan dan sangat mendalam,' tuturnya.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/peristiw...ran-kemiskinan

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Fahri Ungkap 3 Faktor Penyamaran Kemiskinan Ketua DPR Minta Masyarakat Jaga Keindahan Alam Indonesia

- Fahri Ungkap 3 Faktor Penyamaran Kemiskinan Bamsoet Jamin Kinerja DPR Tak Kendor pada Tahun Politik

- Fahri Ungkap 3 Faktor Penyamaran Kemiskinan Fahri Hamzah Ingin Bantuan Segera Dimanfaatkan Korban Gempa

bicara soal miskin tapi perut lo sendiri masih buncit keluar dari rapat masih naik lexus emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata
×