alexa-tracking

5 Aspek Penting Ekonomi Syariah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b694bf4de2cf24d128b4567/5-aspek-penting-ekonomi-syariah
5 Aspek Penting Ekonomi Syariah
Kalau agan pernah denger jurusan Ekonomi Syariah di beberapa perguruan tinggi, mungkin bingung kali ya itu apa yang dipelajari. Supaya makin banyak tahu nih, bisa dibaca infonya tentang aspek penting ekonomi syariah..

1. Pendidikan dan Akademik
Semakin banyak muncul institusi-institusi pendidikan tinggi Islam di Indonesia dewasa ini yang didirikan oleh pemerintah maupun oleh swasta. Tetapi yang paling diperlukan adalah konsep pembelajaran yang terurut, terintegrasi, dan sistematis. Malaysia, Mesir, Bahrain, hingga Pakistan secara terurut melakukan riset yang dimulai dengan penelitian dalam lingkup Pengetahuan Umum Islam, Selanjutnya menjurus kepada riset Ekonomi Islam, Diikuti riset dalam Keuangan Islam (Islamic Finance) dan seterusnya riset di Institusi Keuangan Islam, Lalu, ditutup dengan riset atas transaksi-transaksi Islam.


2.Lapangan Usaha dan Praktisi
Kecepatan pertumbuhan institusi-institusi keuangan syariah di Indonesia, terbilang kalah cepat dengan negara lain, Sumber daya berlatar pendidikan syariah yang kuat, juga masih sangat kurang di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari masih sedikitnya institusi-institusi pendidikan syariah yang muncul. Sulitnya izin pendirian, mahalnya biaya yang mesti dikeluarkan, dan kurangnya beasiswa turut menjadi kendala berarti dalam SDM.

3.Peran Pemerintah 
Sudah sewajarnya, pemerintah bersama-sama dengan swasta saling menopang, seperti yang dilakukan oleh pemerintah di Malaysia atau Turki. Pemerintah juga sudah semestinya menolong institusi keuangan syariah dengan menempatkan dana-dana tertentu, seperti Dana Haji yang jumlahnya mencapai Rp11 Triliun atau merealisasikan pembentukan bank BUMN syariah.

4.Rahmatan lil alamin 
Memahami konsep bahwa kita hanya sementara di muka bumi ini, maka kian mudah dan terarah menjalankan semua kewajiban di dunia sematamata sebagai sarana untuk mendapatkan kehidupan yang kekal di surga nanti. Tidak akan timbul dan terjadi permasalahan-permasalahan di luar batas Islami, misalnya kezaliman, kerakusan (hirs) yang berujung kepada korupsi, kebiasaan menimbun harta (iktinaz), pelit (syuh), ataupun penindasan (zhulm).

5. Pemilihan Pembiayaan
Kategori kelima ini merujuk kepada  data grafik Break Down Pembiayaan Perbankan Syariah 2013 

Begitulah gan kira-kira aspek penting dari ekonomi syariah. semoga bermanfaat ya,kalau ada yang kurang bisa juga ditambahin. 

Artikel asli telah dipublikasikan pada majalah Women's Obsession Edisi 41
×