alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Tiongkok Sukses Uji Coba Pesawat Hipersonik
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b69494bd44f9f441b8b4567/tiongkok-sukses-uji-coba-pesawat-hipersonik

Tiongkok Sukses Uji Coba Pesawat Hipersonik

BEIJING – Tiongkok telah sukses menguji coba pesawat hipersonik terbaru yang diberi nama Starry Sky-2. Keberhasilan uji terbang desain pesawat hipersonik ini diwartakan South China Morning Post pada Senin (6/8).
“Starry Sky-2 didesain meluncur dari gelombang kejut yang dihasilkan pesawat hipersonik itu. Pesawat ini bisa membawa misil nuklir dan akan melaju dengan enam kali kecepatan suara hingga sulit untuk diadang,” demikian pernyataan salah satu ilmuwan yang dilibatkan dalam proyek hipersonik ini.
“Uji coba pesawat hipersonik ini dilakukan Jumat (3/8) pekan lalu di sebuah lokasi rahasia di Tiongkok barat laut,” lapor China Academy of Aerospace Aerodynamics dalam penyataan resminya yang dikeluarkan Senin. “Pesawat ini berhasil mendarat dengan utuh di lokasi yang telah ditentukan,” imbuh mereka.
Pesawat hipersonik ini meluncur ke luar angkasa berkat dorongan dari roket bertingkat. Pesawat dan roket kemudian terpisah dan pesawat hipersonik kemudian meluncur dengan tenaganya sendiri. Selama penerbangan, pesawat Starry Sky-2 bisa melakukan manuver berbelok secara ekstrem namun tetap mempertahankan kecepatannya diatas 5,5 Mach (5,5 kecepatan suara) dalam tempo 400 detik dan bisa mencapai kecepatan maksimal hingga Mach 6 atau 7.344 kilometer per jam.
Walau masih dalam tahap eksperimen, saat pesawat hipersonik ini rampung pembuatannya, maka ia mampu membawa hulu ledak nuklir yang bisa menembus semua sistem pertahanan antimisil yang ada saat ini.
Starry Sky-2 bukanlah pesawat hipersonik pertama Tiongkok. Pada 2014 Tiongkok pernah menguji pesawat hipersonik yang juga bisa melaju berkat gelombang kejut. Pada pesawat hipersonik terbaru, telah disempurnakan desainnya agar bisa bermanuver lebih lincah sehingga pencegatan oleh senjata antimisil lebih sulit.
Mantan pejabat NASA yang saat ini bekerja di Kementerian Pertahanan Amerika Serikat (AS), Mike Griffin, pada awal tahun ini mengatakan bahwa Tiongkok telah berhasil mengembangkan misil hipersonik yang cukup sempurna yang bisa melakukan serangan dari jarak yang amat jauh.

http://www.koran-jakarta.com/tiongko...at-hipersonik/
emoticon-Selamat


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di