alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Warga Tak Punya Stok Beras, Ganjar Pranowo Anjurkan Makan Tiwul
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6942c3947868b4648b4569/warga-tak-punya-stok-beras-ganjar-pranowo-anjurkan-makan-tiwul

Warga Tak Punya Stok Beras, Ganjar Pranowo Anjurkan Makan Tiwul

Warga Tak Punya Stok Beras, Ganjar Pranowo Anjurkan Makan Tiwul
Senin, 6 Agustus 2018 - 20:28 WIB

SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menanggapi ringan warga Kabupaten Banyumas yang mengonsumsi tiwul karena tak memiliki stok beras akibat kemarau panjang. Hujan yang tak turun sejak sejak dua bulan lalu, menyebabkan warga Dusun Wanarata, Desa Kalitapen, Kecamatan Purwojati, Banyumas, kesulitan bahan pangan.

"Enggak apa-apa makan tiwul, itu boleh, malah saya anjurkan. Kalau enggak ada beras makanlah tiwul, makanlah umbi-umbian yang kita miliki, dan itu bagian dari diversifikasi pangan," kata Ganjar di sela menghadiri kegiatan Dies Natalis ke-36 Politeknik Negeri Semarang (Polines), Senin (6/8/2018).

Menurutnya, masyarakat bisa mengonsumsi segala potensi di daerah masing-masing jika tak bisa menanam padi akibat kemarau panjang. Apalagi, saat ini sudah banyak inovasi dan kreasi makanan tradisional sehingga memiliki cita rasa yang tak kalah dari kuliner masa kini.

"Yang tidak boleh kalau tidak makan. Kalau tidak makan lapor saya. Tiwul itu enak. Sekarang tiwul rasanya enak-enak. Yang di (daerah) situ silakan digunakan (konsumsi) jangan hanya makan beras saja. Kecuali maaf ya, kalau makannya nasi aking. Itu silakan lapor ke saya, kita siapkan droping, bantuan-bantuan (makanan)," katanya.

Sebelumnya, beredar informasi warga Dusun Wanarata, mengonsumsi tiwul atau oyek untuk menyiasati kondisi kesulitan pangan saat ini. Jumlah warga yang tinggal di dusun tersebut sebanyak 450 kepala keluarga atau 2.000 jiwa. Dari jumlah itu, lebih dari separuh merupakan warga miskin yang mengandalkan pertanian tadah hujan sebagai mata pencaharian. (Baca juga: Sulit Dapatkan Beras, Warga Banyumas Makan Nasi Oyek dan Gaplek)

https://daerah.sindonews.com/read/13...wul-1533562019

Tuh kan... 2 periode jadi makin parah emoticon-Big Grin

Halaman 1 dari 2
makan hati...

emoticon-Embarrassment
Pegangan yg kenceng, pak
Gelombang tinggi bentar lg datang emoticon-Big Grin
banyumas bukannya nggak milih dia ya ?
lumbung suara sudirman said kan ?
Beras mahal ya ditawar
Jadi warga jangan goblok2 amat ..

Btw ane doyan tiwul kok ditambahin gula aren n kelapa ..
Pembokat ane jago banget bikinnya, hau jek sen cing ping ..
loh ukannya pilkada Jateng udah lewat ya ? emoticon-Smilie
kemarau gak bisa tanam padi

emg beda dgn mca makan dari tiap ketikan tombol kibot
beras mahal,jangan makan beras
baca dong kecuali ga makan
masi bs makan jg
nasbung war lah buruan emoticon-Wakaka
masak sih kemarau gak bisa makan padi? nah bulan kmaren bukannya habis panen raya ya? ni dikampung ane masih ada yg jemur gabah. bahkan gabah yg ane jemur juga belum sempat ane selepin. emoticon-Traveller
GANTI NASI JAGUNG JUGA BISA NGAPAIN HARUS BERAS .. JUSTRU NASI JAGUNG LEBIH LAMA KETAHANANNYA


BENTAR LAGI BAWAH ANE ADA YG KEJET KEJET emoticon-Traveller
ganti kentang, penting wareg
Post ini telah di hapus oleh Kaskus Support 03
Cengeng banget sih baru ga makan berasemoticon-Wkwkwk
Jargon beras itu jaman soeharto, sebelumnya rakyat terbiasa makan jagung, singkong ubi, dll sebagai diversifikasi. Skr jagung impor, beras juga, hehhe..
masak pemprov ga ngasih bantuan berasemoticon-Traveller
Quote:


ane makan nasiemoticon-Traveller
Warga Tak Punya Stok Beras, Ganjar Pranowo Anjurkan Makan Tiwul


Inilah akibatnya jika pelawak dipaksa ngurus negara, bawahan-bawahannya jadi ikut ngelawak
jaman sd duluuu belajar IPS, orang Madura makanan pokoknya jagung, orang Maluku dan irian makanan pokoknya sagu dst.
jaman sekarang semua makan pokok jadi beras/nasi.

diversifikasi sumber karbohidrat itu penting agar ketahanan pangan nasional tidak disandera oleh beras saja, alhasil nasib petani tidak bisa berubah karena tersandera politik penyeragaman makanan pokok tadi.
emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
solusi cerdas sekali
Cebong jr.
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di