alexa-tracking

Pleci Hingga Kenari Kini Termasuk Satwa Dilindungi, Ini Syarat Memeliharanya

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6925e89e74047e428b4567/pleci-hingga-kenari-kini-termasuk-satwa-dilindungi-ini-syarat-memeliharanya
Pleci Hingga Kenari Kini Termasuk Satwa Dilindungi, Ini Syarat Memeliharanya
Gan..lagi rame ne... di Group FB nya para pecinta burung atau kicaumania..ne gw dapat artikel bagus, mungkin bisa membantu para kicau mania

https://news.trubus.id/baca/19879/pl...-memeliharanya

Pecinta burung berkicau atau yang biasa disebut Kicau Mania kini tengah resah. Pasalnya, belum lama ini pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memasukan sejumlah satwa ke dalam daftar baru hewan yang dilindungi.
Yang membuat Kicau Mania resah, sejumlah burung berkicau yang sudah lama mereka pelihara, ternyata masuk ke dalam daftar tersebut.

Aturan itu sendiri tertuang dalam Peraturan Menteri LHK bernomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018 yang ditandatangani Menteri LHK, Siti Nurbaya pada 29 Juni 2018 dan diundangkan oleh Kemenkum HAM pada 11 Juli 2018.
Beberapa jenis burung kicau yang baru masuk di antaranya adalah kenari melayu (Chrysocorythus estherae), kacamata Jawa alias pleci (Zosterops flavus), opior Jawa (Heleia javanica), dan gelatik Jawa (Lonchura oryzivora). 

Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati KSDAE Kementerian LHK, drh Indra Exploitasia saat dimintai konfirmasi mengatakan, Kementerian LHK punya pertimbangan mengapa satwa-satwa tersebut masuk ke daftar dilindungi.
"Dasar kriterianya (merujuk) Pasal 5 PP Nomor 7 Tahun 1999," katanya kepada wartawan, Selasa (31/7).
Bunyi pasal tersebut adalah sebagai berikut:
Pasal 5
(1) Suatu jenis tumbuhan dan satwa wajib ditetapkan dalam golongan yang dilindungi apabila telah memenuhi kriteria:
a. mempunyai populasi yang kecil;
b. adanya penurunan yang tajam pada jumlah individu di alam;
c. daerah penyebaran yang terbatas (endemik).


Ia menambahkan, dalam permen baru, perubahan daftar hewan dilindungi yang tadinya 294 kini bertambah menjadi 921 jenis.
"Hanya, pada lampiran lama yang 249 itu, ada yang masuk dalam level genus, sehingga bisa lebih dari 249. Proses ini sudah sejak 2015 dan melibatkan banyak pihak: LIPI, LSM, akademisi, praktisi, pelaku usaha, dan kementerian/lembaga terkait," imbuh Indra.
Menanggapi keluhan Kicau Mania yang sudah cukup lama memelihara beberapa burung yang baru dimasukan ke dalam daftar tersebut, Indra menjelaskan, selama ini sudah ada mekanisme izin untuk memelihara satwa yang dilindungi. Mekanisme izin tersebut sesuai dengan PP No 8 Tahun 1999.

"Mekanisme izin kan sudah memang ada, penangkaran dan lembaga konservasi," ujar Indra.
Indra menegaskan, pihaknya akan mengakomodasi kultur masyarakat. Namun dia belum bisa menjelaskan secara rinci.

"Intinya kita akan akomodir budaya dan masyarakat yang memang sudah lama menangkarkan burung bisa dalam rambu legal, juga prinsip perlindungan dan pemanfaatan lestari bisa tercapai," tutur Indra lagi.
"Kami sedang rumuskan ketentuan peralihannya, secara gradual semua hasil penangkaran akan diberikan cincin sebagai tanda hasil captive breeding," kata Indra lagi. [RN]
Pleci Hingga Kenari Kini Termasuk Satwa Dilindungi, Ini Syarat Memeliharanya
Pleci Hingga Kenari Kini Termasuk Satwa Dilindungi, Ini Syarat Memeliharanya

Sumber : Trubusid
×