alexa-tracking

51 tahun ASEAN, bermula dari takut komunis

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6917ddded770ff248b456c/51-tahun-asean-bermula-dari-takut-komunis
51 tahun ASEAN, bermula dari takut komunis
51 tahun ASEAN, bermula dari takut komunis

Asian Games untuk negeri-negeri di benua Asia. Bahkan Israel pernah ikut; terakhir pada 1974. Kalau SEA Games untuk negeri anggota ASEAN? Disimpulkan demikian boleh, karena diikuti oleh negeri-negeri Asia Tenggara.

Resminya sih tidak begitu. Sejarahnya berbeda. SEA Games muncul lebih dulu, melalui SEAP Games, pada 1959 di Bangkok, Thailand. Sedangkan ASEAN dideklarasikan di Bangkok pada 1967. Pertandingan olahraga yang mengangkut nama ASEAN adalah ASEAN Para Games -- berupa paralympic, dengan peserta difabel.
ayo dukung dan sukseskan indonesia di ASEAN GAMES JAKARTA PALEMBANG 2018 (part 1) pic.twitter.com/5tnRyUdLX7
— Yonif R 631/Atg (@YonifR631Atg) August 5, 2018 Hallo Gubernur DKI @aniesbaswedan yg bener ASIAN bukan ASEAN . Jgn nyalahin snapy ya pak. Eh atau sengaja disalah2in pic.twitter.com/rgPrbrY6Lq
— Andi Aniessa Rachman (@Aniessa_Andi) August 7, 2018 Agak gatel juga mimin kalo ada orang bilang asian games jadi asean games. Indonesia tuan rumah tapi masih banyak yg ga paham.. Malu2in. Harus disosialisasikan.
— Informasi Bola Indonesia (@bola_indonesia) August 7, 2018
Besok, Rabu 8 Agustus, adalah ulang tahun ke-51 ASEAN -- Association of Southeast Asian Nations. Perhimpunan Negeri-Negeri Asia Tenggara. Kelahiran ASEAN dibidani lima negeri, yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Salah satu isu perekat kepentingan dalam kerja sama regional itu adalah menghadapi komunisme di Asia Tenggara -- terutama di Indocina. Saat itu komunis kuat di Vietnam. Di Filipina, organisasi komunis Hukbalahap juga masih liat. Malaysia pun belum sepenuhnya pulih usai keadaan darurat menghadapi komunis. Sedangkan di Thailand, Partai Komunis Siam (nama lama) masih bergigi.

Dalam konteks Perang Dingin abad lalu -- Amerika Serikat versus Uni Soviet -- kemunculan ASEAN tak lepas dari kepentingan Washington. Kini stabilitas Asia Tenggara tetap menjadi prioritas sebagai landasan pengembangan kerja sama ekonomi dan pendidikan. Untuk isu keamanan, tentu saja, kerja sama menghadapi terorisme ("U.S. Engagement with ASEAN", laman kelolaan Kedutaan Besar AS di Jakarta) .

Kini dalam usia setengah abad, kepentingan macam apa yang melekati AS? Tahun lalu Presiden AS Donald Trump meminta perhimpunan negeri-negeri itu, melalui Ketua ASEAN Presiden Filipina Rodrigo Guterte, agar membantu AS menekan Korea Utara dalam pelucutan nuklir secara damai (The Diplomat, 6/6/2017).

Pasca-Perang Dingin, ASEAN pun bekerja sama dengan Rusia, eks-payung Uni Soviet. Sejak 1991, tak lama setelah Soviet bubar, ASEAN menjalin dialog intensif dengan Rusia. Keamanan wilayah maupun pangan adalah salah satu butir kerja sama ("Overview of ASEAN-Russia Relations", laman Asean).

Tentang capaian ASEAN saat ini sila lihat infografik.
Didaulat Jadi Koordinator Kemitraan #ASEAN-Russia, Indonesia Prioritaskan Kontra Terorisme, Keamanan Siber & Penanggulangan Bencana https://t.co/MmI4LCsroQ pic.twitter.com/J0u3yA5zpb
— MoFA Indonesia (@Kemlu_RI) August 3, 201851 tahun ASEAN, bermula dari takut komunis


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-takut-komunis

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- 51 tahun ASEAN, bermula dari takut komunis Primadona energi gas alam dibanding minyak

- 51 tahun ASEAN, bermula dari takut komunis Korban jiwa akibat gempa Lombok menjadi 98 orang

- 51 tahun ASEAN, bermula dari takut komunis Lapindo dapat perpanjangan kontrak 20 tahun di Sidoarjo

×