alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Yuk, Intip Gimana 5 Negara Tetangga Kita Merayakan Kemerdekaannya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6917add9d77097038b456b/yuk-intip-gimana-5-negara-tetangga-kita-merayakan-kemerdekaannya

Yuk, Intip Gimana 5 Negara Tetangga Kita Merayakan Kemerdekaannya

Yuk, Intip Gimana 5 Negara Tetangga Kita Merayakan Kemerdekaannya

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 sebentar lagi akan kita peringati. Hari bersejarah yang selalu menghadirkan suasana semarak dan meriah ini diperingati setiap tahunnya pada tanggal 17 Agustus.

Pusat keramaian yang paling utama pada saat peringatan ialah Kota Jakarta, kota yang menjadi Ibu Kota Indonesia. Namun kota-kota lain diseluruh Indonesia dari Sabang hingga Merauke juga melakukan perayaan dengan mengadakan berbagai kegiatan.

Nah umumnya di Indonesia, kegiatan yang diadakan adalah Upacara Peringatan, Perlombaan seperti panjat pinang, balap karung, makan kerupuk dan lainnya. Selain itu terdapat pula beragam kegiatan lain.

Gak kalah meriah, beberapa negara tetangga kita juga punya perayaan hari kemerdekaan yang seru lho! Perayaan yang dilakukan di setiap negara tersebut pastinya memiliki ciri khas masing-masing.

Seperti apa sih keseruannya? Yuk, intip perayaan kemerdekaan yang dilakukan di negara-negara tetangga kita.


1. Hari Merdeka Malaysia
Yuk, Intip Gimana 5 Negara Tetangga Kita Merayakan Kemerdekaannya
Hari kemerdekaan di Malaysia tak ubahnya seperti di Indonesia. Beragam kegiatan dan aktivitas dilaksanakan pada beberapa hari menjelang hari kemerdekaan.

Pada tanggal 31 Agustus, sebuah acara yang menjadi simbol Hari Kemerdekaan Malaysia di laksanakan. Acara ini disebut Parade Merdeka, sebuah pawai di mana warga negara Malaysia beramai-ramai turun ke jalan untuk mengibarkan bendera "Jalur Gemilang" kebanggaan Malaysia.

Di antara para pesertanya adalah Tentara, Polisi, Pegawai Pemerintah, dan anak-anak sekolah. Acara ini menjadi yang paling meriang dan paling dinanti dalam gelaran Hari Merdeka Malaysia.


2. Singapore National Day
Yuk, Intip Gimana 5 Negara Tetangga Kita Merayakan Kemerdekaannya
Jika kamu datang ke Singapura pada tanggal 9 Agustus, maka kamu akan merasakan bagaimana meriahnya National Day Parade atau Parade Hari Nasional.

Pada hari yang bersejarah ini, kamu dapat menyaksikan pawai nasional, pidato dari Perdana Menteri Singapura dan pertunjukan kembang api yang sangat besar.

Para hadirin juga akan disuguhi tontonan parade militer yang memukau, pertunjukan lagu dan tarian multibudaya, dan suasana euforia ini ditutup oleh semarak kilauan kembang api serta pemandangan kota menakjubkan yang dibingkai secara apik oleh Marina Waterfront.


3. Vietnam National Day
Yuk, Intip Gimana 5 Negara Tetangga Kita Merayakan Kemerdekaannya
Merah dan kuning, itulah yang akan kamu temukan jika datang ke Vietnam pada tanggal 2 September.

Pada tanggal tersebut, semangat kemerdekaan terlihat di mana-mana. Tanda penting untuk semangat ceria hari ini adalah munculnya bendera Vietnam di semua tempat, mewarnai seluruh negeri dengan latar belakang merah yang semarak dan bintang kuning yang riang.

Jalan-jalan dipenuhi spanduk merah dan kuning serta poster besar Paman Ho saat menyampaikan pidatonya pada tahun 1945. Langit penuh warna oleh kembang api di kota-kota besar di Vietnam. Tanggal 2 September benar-benar merupakan hari istimewa bagi seluruh bangsa Vietnam.


4. Cambodia National Day
Yuk, Intip Gimana 5 Negara Tetangga Kita Merayakan Kemerdekaannya
Hari Kemerdekaan Kambboja dirayakan pada tanggal 9 November setiap tahun. Setiap tahunnya, Perdana Menteri Kamboja selalu berusaha mencari cara untuk merayakannya tanpa mengeluarkan biaya yang terlalu mahal.

Pada tahun 2002, Kamboja merayakan hari kemerdekaan ke-49 dengan merilis merpati dan balon putih. Pada tahun 2004, negara ini mengadakan upacara besar untuk menandai Hari Kemerdekaan ke-51 negara tersebut. Dan pada tahun 2008, perayaan diiringi pawai diadakan, dipimpin oleh raja dan Perdana Menteri negara.

Perayaan utama selalu diadakan di ibu kota Phnom Penh, dimulai dengan upacara pagi di Monumen Kemerdekaan yang terletak di persimpangan Norodom dan Sihanouk.

Setelah upacara selesai lalu diadakan pawai di depan Istana Kerajaan di Phnom Penh. Toko-toko dihiasi dengan bendera nasional.

Setelah gelap, Istana Kerajaan, gedung dan monumen penting menyalakan obor. Lalu sebuah pertunjukan kembang api besar diadakan di dekat tepi sungai dari Istana Kerajaan.


5. Myanmar Independence Day
Yuk, Intip Gimana 5 Negara Tetangga Kita Merayakan Kemerdekaannya
Pada tanggal 4 Januari setiap tahun, kamu akan melihat kesunyian di Myanmar. Sekolah, kantor, dan pasar ditutup sebab pada hari ini sedang berlangsung perayaan penting yaitu Hari Kemerdekaan Myanmar.

Upacara Hari Kemerdekaan diselenggarakan di ibu kota oleh Pemerintah Nasional. Setelah upacara, selanjutnya diadakan parade Hari Kemerdekaan yang dilaksanakan oleh militer.

Di seluruh negeri, orang-orang mengenakan pakaian tradisional dan mengadakan kegiatan meriah seperti konser dan beragam perlombaan tradisional.

Perlombaan ini diadakan di kota dan desa, dan biasanya setiap daerah memiliki perlombaan khasnya masing-masing.

Pada hari ini akan terlihat segenap warga negara Myanmar dari berbagai suku dan bangsa bersatu untuk merayakan hari yang paling membahagiakan bagi mereka.


Sumber : https://www.idntimes.comhype/fun-fac...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Yuk, Intip Gimana 5 Negara Tetangga Kita Merayakan Kemerdekaannya Selain Indonesia 20 Negara Ini Rayakan Kemerdekaan di Bulan Agustus

- Yuk, Intip Gimana 5 Negara Tetangga Kita Merayakan Kemerdekaannya Kepo dengan Koleksi Istana Datang aja Ke Galeri Nasional

- Yuk, Intip Gimana 5 Negara Tetangga Kita Merayakan Kemerdekaannya Catat Diskon Serba 73 Persen Jelang HUT RI dan Asian Games



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di