alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
HNSI: Nelayan Alami Kendala Dengan PP Nomor 24 Tahun 2018
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b69171b14088d157f8b4567/hnsi-nelayan-alami-kendala-dengan-pp-nomor-24-tahun-2018

HNSI: Nelayan Alami Kendala Dengan PP Nomor 24 Tahun 2018



Berita Medan – Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), Sumatera Utara meminta kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan agar menunda pelaksanaan Pelayanan Perizinan Terintegrasi Secara Elektronik.

Hal ini menyebabkan ratusan kapal nelayan di daerah itu, tidak diperbolehkan untuk melaut.

Wakil Ketua DPD Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Sumut Nazli, di Medan, Selasa (7/8/2018), mengatakan kapal nelayan tersebut mengalami kendala dengan PP Nomor 24 Tahun 2018, tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.

Dalam PP Nomor 24 Tahun 2018 tersebut, menurut Nazli, setiap kapal penangkapan ikan milik nelayan yang berada diatas 30 Gross Ton (GT) pengurusan izin SIUP dan SIPI melalui Kementarian Kelautan dan Perikanan (KKP).

“Sedangkan, kapal milik nelayan yang berada dibawah 30 GT, merupakan kewenangan Provinsi Sumatera Utara,” ucap Nazli.

Nazli mengatakan, namun sampai saat ini nelayan yang akan mengurus SIUP dan SIPI melalui KKP tersebut, mengalami kesulitan setelah diberlakukannya PP Nomor 24 Tahun 2018.

Selain itu, dalam Pelayanan Perizinan Terintegrasi Secara Elektronik, yang telah diberlakukan masih terdapat berbagai kelemahan dan proses pengurusan SIUP dan SIPI yang cukup lama.

“Akibatnya, kapal nelayan tidak berani pergi menangkap ikan ke laut, karena bisa saja mereka ditangkap petugas TNI AL, Polisi Perairan dan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) karena tidak memiliki SIUP dan SIPI,” terang dia.

Nazli menyebutkan, jika kapal nelayan itu, memaksakan pergi melaut merupakan pelanggaran hukum, karena tidak memiliki izin pelayaran yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Bahkan, kapal nelayan tersebut, sudah hampir dua bulan lebih tidak melaut dan mereka masih menganggur di rumah, serta banyak terlilit hutang dengan para pengusaha perikanan.

Hal ini, jika terus dibiarkan akan berdampak kepada gangguan perekonomian nelayan di Sumut.

“Kapal ikan nelayan yang belum bisa melaut itu, berasal dari wilayah Pantai Barat dan Pantai Timur Sumatera, yakni Sibolga/Tapanuli Tengah, Asahan, Tanjung Balai, Batubara, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Belawan dan beberapa daerah lainnya,” kata Wakil Ketua HNSI Sumut itu. (makobar/Antara)
Urutan Terlama
kesulitan nya dimana mbut lama ngurus nya kah atau minta duit kah?! atau ribet makanya gk mau ngurus
Balasan Post yuswijaya
Quote:


You know lahh.. gimana ngurus izin2 di gotham city emoticon-Ngakak
Balasan Post yuswijaya
Quote:


perlu duit lumayan buat mengurus surat kapal emoticon-Malu

teori nya online ...... kita upload data yg di perlukan ... tapi setelah di setujui kita harus datang ke kantor bawa berkas asli nya ..

mengurus nya bukan cm di KKP aja ...
syahbandar ... mengurus surat ukur kapal
kelurahan + kecamatan minta stempel


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di