alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / ... / Kekayaan Alam, Flora & Fauna /
Gunung Gandul, Ikon Kota Wonogiri
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b69022114088dc02f8b457b/gunung-gandul-ikon-kota-wonogiri

Gunung Gandul, Ikon Kota Wonogiri


Gunung Gandul, Ikon Kota Wonogiri

Kata Wonogiri dan Gunung Gandul sepertinya sudah tidak bisa dipisahkan lagi, Gunung Gandul atau bukit gandul seperti sudah menjadi ikon atau simbol dari Kota Wonogiri. Terletak di jantung kota, yang bisa dipastikan bahwa wisatawan akan melihat gunung gandul ini ketika mereka melewati kota wonogiri. Sedikit cerita, kenapa dinamakan Gunung Gandul? Karena puncak Gunung Gandul ini adalah batu, yang seolah-olah menggandul atau menggantung pada sebuah bukit, sehingga dinamakan Gunung Gandul.

Gunung Gandul, Ikon Kota Wonogiri

Perjalanan menuju Gunung Gandul dimulai dari Kelurahan Giriwono, Wonogiri. Dari sini kita masih bisa menggunakan motor sebagai sarana transportasi, disarankan naik motor, karena jalan yang sempit dan menanjak akan beresiko besar jika membawa kendaraan roda 4. Sayangnya, dalam perjalanan menuju gunung gandul ini, perjalanan tidak bisa dikatakan mulus, banyak jalan yang berlubang, beberapa lubang ini adalah lubang-lubang besar yang jika tidak berhati-hati bisa mengakibatkan kecelakaan. Peran pemeritah sangat ditunggu disini, untuk membuat infrastruktur yang baik di setiap obyek wisata di Kabupaten Wonogiri.

Gunung Gandul, Ikon Kota Wonogiri

Kembali ke perjalanan, jalan yang menanjak dan berlubang sangat berbahaya, jadi kita harus ekstra hati-hati jika ingin sampai di atas. Di ujung, kita akan menemui jalan buntu, ya, jalanan aspal sudah berakhir, saatnya memarkiran motor(jangan lupa kunci stang), lalu perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Tenang saja, sudah terdapat fasilitas anak tangga disini, karena tidak memungkinkan untuk membangun eskalator disini. Untuk naik, mungkin membutuhkan waktu 10-15 menit untuk sampai ke puncak tertinggi, puncak tertinggi? Ya, Gunung Gandul memiliki 2 puncak batu yang sama-sama indah, tapi lebih disarankan ke puncak tertinggi. Jalur menuju puncak tertinggi agak susah memang, tapi semua itu akan terbayarkan di atas. Pemandangan kota Wonogiri dari segala penjuru bisa terlihat disini, ditambah sebuah sunset yang akan menambah kerinduan untuk berkunjung di Wonogiri. Waktu yang tepat untuk datang ke sini adalah sore hari, karena sunset akan terlihat jelas dan mempesona di sini. Mungkin pemandangan sunrise di pagi hari juga tidak kalah eloknya, tapi pastikan anda siapkan mental jika ingin pergi ke sini pagi subuh. Sekian tulisan saya mengenai Gunung Gandul ini, semoga bermanfaat, dan jangan buang sampah sembarangan.



Salam Lestari.

Ayo dolan Wonogiri!

Gunung Gandul, Ikon Kota Wonogiri













Urutan Terlama
Weeeh, kutoku wonogiri....👍


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di