alexa-tracking

Test HIV di Pasar Bunder Sragen, 2 Warga Positif

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b68fc3e1a997527688b457c/test-hiv-di-pasar-bunder-sragen-2-warga-positif
Test HIV di Pasar Bunder Sragen, 2 Warga Positif
SRAGEN -- Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Sragen menemukan dua orang positif HIV/AIDS saat menggelar voluntary conselling and testing (VCT) di Pasar Bunder sebelah selatan, Jumat (3/8/2018).

VCT yang dilakukan tim KPA dan stakeholders tersebut diikuti 34 warga yang biasa beraktivitas di pasar tersebut. Koordinator Program KPA Sragen, Wahyudi, saat dihubungi Solopos.com, Jumat siang, mengatakan VCT dilaksanakan dengan pendekatan edutainment, yakni sosialisasi yang dikemas dengan pertunjukan musik dangdut atau organ tunggal.

Dia mengatakan VCT tersebut menyasar pada pedagang pasar, anak jalanan, sopir, masyarakat umum, dan pengamen. “Target kami sebenarnya hanya 30 orang tetapi yang mau diambil sampel darahnya saat VCT ada 34 orang. Dari hasil tes darah tersebut, dua orang di antaranya positif terinfeksi virus HIV/AIDS. Kami sengaja mengambil lokasi di situ karena banyak anak jalanan dan pengamen yang belum tersentuh. Pasar Bunder kidul itu sering jadi tempat berkumpul mereka,” ujar Wahyudi.

Wahyudi menjelaskan temuan kasus HIV/AIDS di Sragen Kota paling banyak dibandingkan kecamatan lainnya. Atas dasar itulah, KPA lebih intensif menyisir lewat VCT di wilayah kota Sragen.

“Saya belum mendapat keterangan dua orang yang positif itu dari kelompok apa dan jenis kelaminnya juga belum diketahui. Temuan dua orang positif itu menunjukkan prevalensinya cukup tinggi. VCT yang dilakukan di Puro beberapa waktu lalu tidak ada laporan yang positif,” imbuhnya.

Wahyudi menjelaskan penanganan kasus baru itu biasanya ada tim konselor VCT yang datang untuk pengobatan dan pendampingannya dilakukan Kelompok Dukungan Sebaya (KDS). Dia mengatakan pendampingan KDS itu penting untuk memastikan yang bersangkutan tetap rutin minum obat antiretro viral (ARV).

“Kuncinya agar tetap sehat hanya lewat akses ARV, yakni obat khusus HIV yang berguna mempertahankan bahkan meningkatkan imun tubuh yang melemah akibat virus HIV,” tuturnya.

Kegiatan VCT itu dilakukan dengan mendatangkan penyanyi campursari. Salah seorang pengamen asal Ngepringan, Jenar, Sragen, Jumini, 46, menjadi salah satu warga yang ikut VCT.

Ia baru kali pertama mengikuti tes itu. Ia tidak tahu tentang HIV/AIDS. Ia hanya tahu kalau kegiatan itu hanya untuk mengantisipasi adanya penyakit HIV/AIDS.

“Saya tinggalnya ya di salah satu kios dalam pasar ini. Kami sewa Rp30.000/hari. Kami tinggal bersama suami yang menjadi tukang becak. Saya ngamen dengan menyewa salon keliling. Sewa salonnya Rp20.000/hari. Penghasilan saya Rp40.000/hari. Kalau suami juga sewa becak Rp3.000/hari,” ujarnya.

http://m.solopos.com/soloraya/read/20180803/491/931835/test-hiv-di-pasar-bunder-sragen-2-warga-positif
image-url-apps
Dari kelompok mana ya kira kira? Soale kalo dari kelompok anak jalanan kemungkinan besar suspectnya bakalan banyak

Tanpa kamsud ngejelekin anak jalanan secara general, kebetulan dulu pernah begadang malming di pinggir jalan deket kumpulan anak jalanan dan ane ajak ngobrol aja sambil ngopi

Di kumpulan itu ada satu cewek sementara cowoknya sekitar 5-7, pas ane tanya itu cewek gpp nongkrong ampe tengah malem? Dijawab katanya ga masalah, aman kok. Ane tanya lg, "Oh, bagus kalo aman. Ada pacarnya ya (di kumpulan itu)?". Dijawab lg, "Nggak kok, bang. Kita biasa salome."

emoticon-Hammer2

biar sembuh, minum saja kencing unta!!! emoticon-Marah
KASKUS Ads
image-url-apps
Turut berduka.
image-url-apps
Quote:


Om, mau dong minum cendol! emoticon-Marah
image-url-apps
Quote:


jirrrr emoticon-Leh Uga
Quote:


adanya kobokan kaki banteng!!! mau?!? emoticon-Marah
image-url-apps
Quote:


Yang penting warna ijo! emoticon-Marah
image-url-apps
Dari 34...kena 2 emoticon-Takut




Quote:


ane sering bgt nemuin yg ginian...... emang bener...SALOME
image-url-apps
Salome = penthol goreng
aneh ya, dari sekian banyak, koq cuma 2?

berarti salah satunya pasien zero? lah pasien zero nya siapa yang nularin kalo begitu?

salah baca .............................. emoticon-Ngacir
image-url-apps
virus HIV selalu mengalami perkembangan dan perubahan sifat, oleh karena itu susah dibikin obatnya.
Bisa saja proses penularannya sudah berkembang lagi.

Alam itu unik, jika manusia terlalu banyak akan muncul cara untuk menguranginya.

Salah satu nya virus. Cuma terdiri dari untaian DNA, dibilang mahluk hidup bukan. Asalnya juga tak diketahui. Tapi bisa ngeklik di tubuh manusia.

Ibarat lubang colokan listrik, alam membuat stekernya.

Tapi alam juga menjaga agar manusia tidak habis oleh HIV. Buktinya ada orang2 yg resisten terhadap virus ini.
Quote:

Anak jalanan mah rawan banget kena pms macam hiv dll selain pengtahuan pms kurang juga gapernah cek dokter juga main asal salome aja belum lagi resiko lewat jarum suntik tato segala macam tapi ya emang sampah masyarakat malah lebih mending psk psk yg terorganisir macam di spa gitu mereka gitu gitu sering cek vct rutin sama pap smear loh
Quote:

Yaa orang orangnya cuma 2 dari jutaan kasus yg terecord yg survive hiv yaitu berlin patient
×