alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Azyumardi Azra: Negara Tak Bisa Diselesaikan dengan Ilmu Agama
5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b68f9d21a997567658b4569/azyumardi-azra-negara-tak-bisa-diselesaikan-dengan-ilmu-agama

Azyumardi Azra: Negara Tak Bisa Diselesaikan dengan Ilmu Agama

TEMPO.CO, Jakarta - Guru Besar dan cendikiawan muslim dari Universitas Islam Negeri Jakarta Azyumardi Azra menilai calon wakil presiden yang dibutuhkan adalah yang memiliki keahlian dalam bidang ekonomi dan pembangunan. Pernyataan Azyumardi menanggapi fenomena banyaknya ulama yang diusung sebagai calon wakil presiden.

Menurut Azyumardi, banyaknya ulama yang diusung sebetulnya baik. Namun, ia menilai persoalan negara tidak bisa hanya diselesaikan dengan ilmu agama. "Ini kan tugas negara tidak hanya bisa diselesaikan dengan soal fiqih. Dengan ilmu agama tidak," kata Azyumardi di Kantor Majelis Ulama Indonesia, Jakarta, Senin, 6 Agustus 2018.

Azyumardi mengatakan, fenomena ulama ramai-ramai diusung sebagai calon wakil presiden menandakan faktor agama lebih menonjol. Tetapi, kata dia, ekonomi saat ini sedang berat. Sehingga diperlukan sosok cawapres yang memiliki teknokrasi ekonomi, baik makro maupun mikro. "Oleh karena itu menurut saya sebagusnya cawapres itu orang yang memiliki teknokrasi di dalam bidang ekonomi, pembangunan," kata dia.

Menurut Azyumardi, akan lebih baik jika unsur agama dan keahlian bidang ekonomi itu bisa dikombinasikan. Tetapi, ia melihat sejauh ini belum ada sosok ahli ekonomi yang sekaligus memiliki akseptabilitas dari umat Islam. Sosok itu, kata dia, belum ada dalam nama-nama bakal calon wakil presiden dari kubu calon presiden Joko Widodo atau Jokowi maupun Prabowo Subianto.

Ia mencontohkan bakal calon wakil presiden dari kubu Jokowi, sosok Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang berasal dari partai berbasis Pancasila dan Nahdlatul Ulama. "Tapi saya lihat teknokrasi dalam bidang ekonominya lemah. Walaupun dia pernah jadi menteri tenaga kerja," ujarnya.

Adapun dari kubu Prabowo, ada nama Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera Salim Segaf Al Jufri. "Dia pernah jadi menteri sosial, tapi teknokrasi dalam bidang ekonomi dan pembangunan kan lemah. Menteri sosial kan lebih banyak tugasnya itu bagi-bagi dana, bantuan sosial, bencana," katanya.

Sejumlah ulama yang belakangan santer diusung menjadi calon wakil presiden, di antaranya Abdul Somad dan Salim Segaf Al Jufri di kubu Prabowo. Adapun di kubu Jokowi, ulama yang diusung jadi calon wakil presiden antara lain Rais Aam PBNU Maruf Amin dan Gubernur NTB Tuan Guru Bajang Zainul Majdi.

https://nasional.tempo.co/read/1114413/azyumardi-azra-negara-tak-bisa-diselesaikan-dengan-ilmu-agama?BeritaUtama&campaign=BeritaUtama_Click_5

Betul sekali. Ilmu agama tidak bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah negara.

Halaman 1 dari 5
sebagai fans uas, vogtod dan gerombolannya marah atas statemen ini dan siap berjihad di sosmed prof azura


emoticon-siul
bisalah wong kata ustadz yusuf mansyur semua WNI baca doa kurs dollar langsung turun
apa yg ga bisa dari agama. semua fenomena iptek ada di kitab suci
android,windows,apple,spaceX,mining rig,submarine,arsitektur. Ada semua lengkap kap kap kap
Selama ini ga pake ilmu agama masalah juga ga selesai2 harga2 makin meroket
Diubah oleh the.commandos
Miris memang melihat Negara yg sedang mabok agama semenjak demo berjilid jilid, ditambah media yg secara tidak langsung suka menonjolkan org org mabok agama tersebut emoticon-Leh Uga padahala klo dikalkulasi secara nasional tidak ada pengaruhnya sama sekali.
Ini contoh wapres dengan background ekonomi yang kuat:

Azyumardi Azra: Negara Tak Bisa Diselesaikan dengan Ilmu Agama

Source: https://en.wikipedia.org/wiki/Boediono

Cuma kok waktu beliau menjabat jadi Wapres, keberadaan beliau sepert antara ada dan tiada? kayak moksa gitu ya....


Quote:


Banyak yang bisa diperdebatkan prof, tapi selama prof berfikiran seperti itu ya itu tidak akan merubah apapun kalau
setiap agama itu pasti mempunyai Tuhan,
dan mesti diingat pancasila sila ke 1 berbunyi "KETUHANAN YANG MAHA ESA"
pembukaan UUD 1945 khususnya alinea 3


Agama ga bisa dipisahkan dari politik, itu fakta
Tapi musti bisa bedain mana yg baik ato buruk diantara yg namanya agama musti jalan berdampingan dengan politik buat dijadiin referensi/pedoman bernegara dan agama di campur adukin langsung buat dijadiin senjata politik praktis

Sayangnya kenyataan ini bakalan bias di mata pendukungnya, kalo ditegur sama yg netral/berlawanan pendapat yg ada malah bakalan langsung kena sabet "senjata" itu
Contoh nyatanya ya auto kafir ato ga bakal dishalatin jenazahnya, padahalnya "kaum" nya sendiri lho emoticon-Big Grin
Balasan post mr_boboho
Quote:


Budiono kompeten di bidang ekonomi, tp faktor teknokratnya kurang.
juga gak bisa masalah selesai karna berkelahi
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Balasan post the.commandos
Quote:


Afghanistan?Suriah?Iran?
Balasan post the.commandos
Quote:


Negara2 makmur ga ada yg pake ilmu agama. Justru karena itu mereka makmur.
Balasan post the.commandos
buahahaha.. betul juga.... lagian ini cawapres loh.. bukan capres..
Balasan post jfun790
Quote:


Setiap agama punya tuhan. Sila 1 bunyinya ketuhanan yang maha esa. Terus kenapa? Agama memang tidak ditujukan untuk membangun negara, tapi untuk menyembah sesembahan yg ghoib. Jadi ya nggak klop.
Balasan post silents.
Quote:


emang ada yang bilang agama ditujukan untuk membangun negara? jgn samakan w sama nasbung dan nastak..emoticon-Peace
Balasan post jfun790
Quote:


Itu kan cm pendapat gw. Bukan nuduh lu ngomong begitu, kampret.
Balasan post silents.
Quote:


emang siapa bilang lu nuduh? sampean quote saya, saya balas dengan pertanyaan kok malah sewot..ngatain lagiemoticon-Peace
dulu knpa agama menjadi pondasi suatu bangsa karena jaman jahiliyah itu mereka gak mengenal kebaikan. makanya Islam berdiri kokoh menegakkan kebathilan. saat ini baik dan buruk itu jelas kok gak perlu agama turut campur karena saat ini manusia sudah beragama. tinggal mau milih baik atau jahat ya tergantung orangnya
Balasan post Rasuna
Quote:

emoticon-Ngakak sains dicocokmologikan dgn agama emang udah jadi bahan entertainment laris kok, noh "Harun Yahya" misalnya, ampe kreator nama tsb jadi milyarder emoticon-Ngakak
Balasan post jfun790
Quote:


Repot ngomong sama anak babi.
Halaman 1 dari 5


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di