alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Korban jiwa akibat gempa Lombok menjadi 98 orang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b68f07d947868f7098b456f/korban-jiwa-akibat-gempa-lombok-menjadi-98-orang

Korban jiwa akibat gempa Lombok menjadi 98 orang

Korban jiwa akibat gempa Lombok menjadi 98 orang
Seorang lelaki mengambil sepeda dari reruntuhan rumahnya yang ambruk dan porak poranda akibat gempa 7 Skala Richter di Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada Senin (6/8/2018).
Hingga hari kedua setelah gempa bumi berkekuatan 7 Skala Richter mengguncang Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Minggu (5/8/2018) malam, korban jiwa menjadi 98 orang. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam keterangan resmi pada Senin (6/8) malam menyebutkan korban jiwa masih mungkin bertambah.

Korban jiwa paling banyak terdapat di Kabupaten Lombok Utara, mencapai 72 orang. Kebetulan wilayah ini memang paling parah terkena dampak gempa yang berpusat di lereng Gunung Rinjani, NTB, pada 8,3 lintang selatan, 116,48 bujur timur Kabupaten Lombok Timur, dengan kedalaman 15 kilometer.

Seluruh korban jiwa disebabkan tertimpa bangunan yang roboh. Dan sejauh ini, korban jiwa adalah warga negara Indonesia dan belum ada laporan warga asing atau wisatawan asing yang menjadi korban jiwa.

Gempa utama yang didahului oleh serangkaian gempa berkekuatan lebih kecil, termasuk 6,4 Skala Richter, pada pekan sebelumnya itu juga membuat 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak, dan ribuan orang mengungsi. Data detail hingga kini masih dicatat oleh pihak berwenang.

Menurut keterangan tertulis Kepala Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, Senin (6/8) sore, sudah ada 180 gempa susulan sejak gempa utama pada Minggu (5/8). Namun begitu, kekuatan gempa susulan terus melemah--salah satunya berkekuatan 5,4 Skala Richter.

"Dari 147 gempa bumi susulan, masyarakat merasakan 13 gempa," kata Dwikorita.
Info Gempa Mag:5.4, 06-Aug-18 22:50:55 WIB, Lok:8.37 LS,116.04 BT (23 km BaratLaut MATARAM-NTB), Kedlmn:10 Km ::BMKG
— Humas_BMKG (@InfoHumasBMKG) August 6, 2018
Gempa utama lalu juga sempat memicu peringatan dini tsunami. BMKG mencatat ada empat tsunami kecil, meski peringatan tersebut langsung berakhir pada Minggu malam. "Masing-masing di Desa Cari setinggi 13,5 cm, Desa Badas 10 cm, Desa Lembar 9 cm dan Benoa 2 cm," Dwikorita menambahkan.

Hingga saat ini; BNPB, Basarnas, TNI, dan kelompok relawan masih terus melakukan evakuasi para korban dari reruntuhan. Sementara BNPB menyatakan sedikitnya 20 ribu korban yang mengungsi ke berbagai posko masih membutuhkan bantuan logistik.

Seperti biasa; bantuan yang dibutuhkan adalah obat-obatan, makanan siap saji, selimut, alas tidur, pembalut, pakaian, tambahan tenda pengungsi, dan layanan trauma healing untuk anak-anak.

"Kebutuhan mendesak saat ini adalah tenaga medis, obat-obatan, dan makanan siap saji," tutur Kepala Pusat Data dan Informasi dan Hubungan masyarakat BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam jumpa pers pada Senin (6/8) seperti dilansir Suara.com.

Di sisi lain, sedikitnya ada 3.000 orang wisatawan--mayoritas dari mancanegara--yang harus dievakuasi dari tiga objek wisata sekitar Lombok; Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Mereka masih menunggu pengiriman kapal angkutan.

Namun, menurut keterangan resmi Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan melalui akun Twitter Kemenko Polhukam, Senin (6/8), sudah ada 1.870 wisatawan asing yang sudah dievakuasi hingga Senin siang (14.00 WITA).
17. Menko Polhukam : "Mereka berhasil dievakuasi ke Mataram sanjutnya ke Bali dan negara asal dengan dibantu kapal angkatan laut dan Kapal Polisi Air."#TanggapDarurat
— Kemenko Polhukam RI (@PolhukamRI) August 6, 2018
Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu M. Faozal pun menjelaskan para wisatawan yang terdampar di tiga gili termaksud sedikit demi sedikit mulai terurai dan dievakuasi melalui tiga pelabuhan di Lombok Utara.

Persoalannya, proses evakuasi juga tak bisa berjalan dengan cepat karena keterbatasan sarana dan prasarana. Bahkan jalur darat evakuasi dari Lombok Utara pun tak sepenuhnya mulus karena sebagian jalan rusak, pecah, dan ada pula jembatan putus.

Dinas Pariwisata NTB pun menyediakan layanan pusat krisis di jalan Langko, Mataram. "Bagi yang ingin tinggal di kota Mataram kami siapkan penginapan gratis, bagi yang ingin melanjutkan perjalanan menuju bandara juga akan kami fasilitiasi," ujar Faozal kepada Bisnis.com, Senin (6/8).
Korban jiwa akibat gempa Lombok menjadi 98 orang


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...njadi-98-orang

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Korban jiwa akibat gempa Lombok menjadi 98 orang Lapindo dapat perpanjangan kontrak 20 tahun di Sidoarjo

- Korban jiwa akibat gempa Lombok menjadi 98 orang Menguruk rawa, menutup resapan air, demi perumahan

- Korban jiwa akibat gempa Lombok menjadi 98 orang Bediding jadi dalang terbentuknya salju di Bromo



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di