alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
3 Alasan Positif Seseorang Perlu Akun Anonim di Media Sosial
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b68ee6412e257d2168b4575/3-alasan-positif-seseorang-perlu-akun-anonim-di-media-sosial

3 Alasan Positif Seseorang Perlu Akun Anonim di Media Sosial

3 Alasan Positif Seseorang Perlu Akun Anonim di Media Sosial

Akun anonim atau lebih tepatnya akun pseudonym adalah akun yang menggunakan nama samaran dengan tujuan untuk tidak dikenali orang lain. Beberapa waktu lalu, kepolisian RI mengimbau masyarakat untuk tidak membuat akun anonim di media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Tumbler. Hal ini karena banyak ditemukan kasus akun anonim yang melanggar etika dalam menggunakan internet. Seperti menyebarkan kebencian, bersifat provokatif, dan menciptakan hoaks.

Tapi di sisi lain, sebenarnya banyak hal positif yang bisa didapat dari akun anonim ini apabila kita bisa menggunakannya secara bijak. Berikut adalah alasan positif kenapa seseorang perlu akun anonim di media sosial.


1. Menjadi tempat untuk memanjakan diri
3 Alasan Positif Seseorang Perlu Akun Anonim di Media Sosial
Bukan akun anonim untuk menyebarkan kebencian dan memata-matai orang lain apalagi mantan pacar. Kamu bisa memanfaatkan akun anonim untuk memanjakan diri.

Jadikan akun anonim di media sosial Instagram, Twitter, ataupun Tumblr sebagai penghilang stres. Sebuah tempat untuk menikmati hal apapun yang kalian suka atau 'guilty pleasure' tanpa diketahui siapapun.

Contohnya, kamu bisa gunakan akun anonim untuk me-repost quote mengenai percintaan yang menurut teman kalian memalukan tapi sebenarnya kalian suka.

Bagi sebagian orang yang kurang percaya diri atau minder, dengan menjadi anonim mereka bisa menjadi diri sendiri dengan ‘image’ yang mereka inginkan. Seseorang juga lebih nyaman dan bebas berpartisipasi (follow, like, ataupun berkomentar) dalam suatu forum dengan minat tertentu, tanpa ada perasaan khawatir dengan apa yang orang pikirkan.


2. Menjadi tempat untuk 'melarikan diri' dari kenyatan
3 Alasan Positif Seseorang Perlu Akun Anonim di Media Sosial
Quote:
Entah karena bosan, tidak ingin memikirkan sesuatu yang teramat serius, atau hanya sekedar ingin melupakan drama kehidupan yang ada, akun anonim bisa jadi pilihan yang tepat untuk lari dari kenyataan.

Tak dapat dipungkiri, isu politik, masalah pekerjaan, dan masalah percintaan terkadang bisa menguras emosi. Dengan akun anonim, kalian bisa menikmati foto pemandangan maupun konten ringan lainnya dan melupakan berbagai masalah yang ada untuk sejenak.


3. Tidak ada kewajiban untuk mengikuti dan diikuti
3 Alasan Positif Seseorang Perlu Akun Anonim di Media Sosial
Dengan menjadi anonim, ‘kewajiban’ untuk mengikuti akun media sosial keluarga, sahabat, dan teman kerja menjadi hilang. Sebagai makhluk sosial, kita seperti dituntut untuk berteman dengan orang yang kita kenal hingga di media sosial. Ini juga berarti timeline kita akan dipenuhi dengan foto-foto mereka. Terkadang membosankan bukan? Inilah keuntungan lain dari akun anonim saat kamu sedang tidak ingin melihat apa yang temanmu lakukan.

Kamu bisa melihat tutorial make-up, tren fashion terbaru, dan stalking kegiatan idola tanpa ada interupsi dari unggahan foto teman kalian yang sedang pura-pura candid. Tak ada follower, tak perlu berpura-pura, tidak ada perasaan terpaksa, hanya kalian dan ratusan akun yang ingin kalian kuti dengan sepenuh hati.

Karena banyaknya kasus penyalahgunaan, memang lebih baik untuk tidak punya akun anonim alias punya satu akun saja dalam satu media sosial. Namun tak diragukan lagi banyak orang memilih untuk membuat akun anonim dengan berbagai alasan yang melatarbelakanginya.

Yang terpenting adalah, gunakan akun anonim untuk tujuan yang positif dan tidak melanggar etika dalam menggunakan internet.


Sumber : https://www.idntimes.comlife/inspira...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 3 Alasan Positif Seseorang Perlu Akun Anonim di Media Sosial 7 Alasan Mengeluh di Media Sosial Berdampak Buruk Bagimu

- 3 Alasan Positif Seseorang Perlu Akun Anonim di Media Sosial 8 Bukti Nyata Kamu Pribadi yang Lebih Baik dari Pikiranmu Sendiri

- 3 Alasan Positif Seseorang Perlu Akun Anonim di Media Sosial Jalani Rehabilitasi Pecandu Internet Ini Malah Meninggal

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di