alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Kuliner Khas Pontianak Ini Bakal Bikin Kamu Gagal Diet
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b68d8d21a997569328b456d/5-kuliner-khas-pontianak-ini-bakal-bikin-kamu-gagal-diet

5 Kuliner Khas Pontianak Ini Bakal Bikin Kamu Gagal Diet

5 Kuliner Khas Pontianak Ini Bakal Bikin Kamu Gagal Diet

Pernah gak kebayang rasanya wisata keliling kota tanpa mencicipi makanan khas dari kota tersebut? Wah, itu kalau penulis umpamakan seperti peribahasa “Bagai sayur tanpa garam”. Mencicipi kuliner khas itu menjadi hal yang kudu dan wajib bagi yang sedang traveling guys! Nah ini dia 5 kuliner khas Pontianak yang mesti kalian coba.


1. Chai Kue – Kalau diterjemahkan jadi kue sayur, unik gimana gitu
5 Kuliner Khas Pontianak Ini Bakal Bikin Kamu Gagal Diet
Nah, kuliner yang pertama itu chai kue guys! Memang betul sih sekarang chai kue sudah menjamur dimana-mana tapi, chai kue di Pontianak memiliki ciri khas yang tiada duanya. Ciri khasnya itu terletak pada kulit pembungkus chai kue serta isi dari chai kue itu sendiri guys. Tingkat ketebalan kulit chai kue berpengaruh pada kelezatannya.

Di Pontianak kulit chai kue dibuat agak tipis sehingga memiliki tingkat kekenyalan yang berbeda guys. Kemudian, isi chai kue juga beraneka ragam mulai dari bengkuang, ku chai, talas atau keladi, dan tau sa (olahan dari kacang hijau atau kacang merah).

Hal yang penulis tekankan adalah pada isi chai kue di Pontianak, umumnya dicampur dengan sedikit ebi guys. Selain itu proses penyajian chai kue sendiri ada dua guys yaitu, dikukus dan digoreng. Kalau penulis sih lebih prefer chai kue goreng.


2. Ko Kue – Kalau diterjemahkan jadi kue kental atau kue pekat karena tampilan aslinya mirip lumpur
5 Kuliner Khas Pontianak Ini Bakal Bikin Kamu Gagal Diet
Jangan jijik dulu guys, ko kue itu gak serta merta lumpur yang diolah jadi kue. Ko kue merupakan kuliner khas Pontianak yang terbuat dari adonan kue (kue keladi dan kue dari tepung beras). Kemudian adonan tersebut digoreng bersama irisan ku chai dan kecap.

Sebagai topping, biasanya orang-orang menambahkan telur saat menggoreng. Hal yang menjadi ciri khas kuliner ini adalah tampilannya guys. Penulis jamin deh, gak ada kuliner yang tampilannya mirip lumpur begini tapi rasanya muantap abis!


3. Lek Tau Suan – Kalau diterjemahkan jadi butiran mutiara kacang hijau, Papedanya Pontianak nih!
5 Kuliner Khas Pontianak Ini Bakal Bikin Kamu Gagal Diet
Ini dia guys kuliner berikutnya, kesukaan penulis nih! Lek tau suan terbuat dari kacang hijau yang sudah dikupas kulitnya kemudian dimasak dengan kuah kental bening (makanya penulis analogikan sebagai Papedanya Pontianak). Kuahnya sendiri terbuat dari campuran air dan tepung tapioka. Kemudian, tak lupa ditambahkan dengan gula dan pandan supaya aromanya nikmat.

Kenapa disebut sebagai butiran mutiara kacang hijau? Hal tersebut karena tampilan lek tau suan jika terpapar sinar matahari akan terlihat seperti mutiara yang berkilauan. Oh ya guys, ciri khas dari kuliner ini terletak pada toppingnya nih!

Lek tau suan biasanya dihidangkan bersama “Ca kue garing” yang ditaburkan diatasnya. Ca kue sendiri terbuat dari adonan tepung terigu yang digoreng guys. Paling enak nih hujan-hujan makan lek tau suan, jadi kepengen.


4. Ce Hun Tiau – Kalau diterjemahkan jadi mie dari tepung ubi, hayooo penasaran?
5 Kuliner Khas Pontianak Ini Bakal Bikin Kamu Gagal Diet
Pasti dibenak teman-teman sekalian menganggap bahwa ce hun tiau merupakan kuliner kategori makanan. Salah besar guys! Ce hun tiau merupakan kuliner kategori minuman. Kalau penulis ibaratkan, ce hun tiau itu es cendolnya Pontianak guys. Bentuk dari ce hun tiau mirip seperti mie; lebih tepatnya bihun namun, lebih besar dan kenyal.

Selain itu, ce hun tiau juga disajikan bersama bongko dan santan. Bagian yang paling khas dari ce hun tiau adalah kacang merah yang turut melengkapi minuman ce hun tiau guys. Kacang merah tersebut sebelumnya dimasak terlebih dahulu walaupun begitu bulirnya tetap utuh guys!

Oh, ya sekadar informasi, ce hun tiau termasuk ke dalam salah satu nominasi “Anugerah Pesona Indah (API) II 2017” dalam kategori minuman tradisional terpopuler guys! Jadi makin bangga tiap minum ce hun tiau, berasa mempopulerkan kuliner nusantara tercinta.


5. Kwe Kia Theng – Nah kalau yang ini penulis juga bingung kalau diterjemahkan jadi apa, intinya mirip sup jeroan deh
5 Kuliner Khas Pontianak Ini Bakal Bikin Kamu Gagal Diet
Nah terakhir guys, kuliner yang ini juga gak kalah menariknya. Kwe kia theng adalah kuliner khas Pontianak dan yang ini penulis berani jamin guys, hanya ada di Pontianak! Kalau pun ada di daerah lainnya, pasti sangat langka dan tentu rasanya berbeda guys.

Kwe kia theng adalah kuliner sejenis sup jeroan. Kwe kia theng dimasak dengan kecap serta berbagai macam bumbu lainnya dan bahan utama dari kuliner ini adalah kwe tiau. Seperti yang penulis sebutkan sebelumnya kwe kia theng mirip sup jeroan, dengan kata lain kwe kia theng juga dilengkapi dengan banyak daging didalamnya guys.

Nah, kwe kia theng termasuk kuliner yang non-halal guys. Jadi bagi teman-teman muslim tidak disarankan untuk mencoba kuliner yang satu ini tapi, tenang masih ada 4 kuliner di atas kok yang dijamin halal.

Itu dia guys 5 kuliner khas Pontianak yang kudu dan mesti dicoba ketika berwisata ke Pontianak. Gak sebatas 5 itu aja ya guys, masih banyak lagi kok kuliner khas Pontianak lainnya.

Intinya kalau bahas soal kuliner, nusantara kita gak kalah menariknya lho. Sayangnya perut aja yang gak mampu nampung semuanya. Siap-siap gagal diet, guys!


Sumber : https://www.idntimes.comfood/dining-...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 5 Kuliner Khas Pontianak Ini Bakal Bikin Kamu Gagal Diet 7 Rekomendasi Kuliner Sekitar UGM Buat Kamu Mahasiswa Baru

- 5 Kuliner Khas Pontianak Ini Bakal Bikin Kamu Gagal Diet 6 Tempat Makan di Sekitar Venue Asian Games 2018 Murah dan Enak

- 5 Kuliner Khas Pontianak Ini Bakal Bikin Kamu Gagal Diet 5 Makanan yang Wajib Disantap Saat Berkunjung ke Palembang



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di