alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Atasi Bau Mulut dengan Cara Berikut!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b68b1da9e74042f5a8b4572/atasi-bau-mulut-dengan-cara-berikut

Atasi Bau Mulut dengan Cara Berikut!

Atasi Bau Mulut dengan Cara Berikut!

Problem bau mulut bukanlah persoalan yang ringan, karena akibat yang ditimbulkannya akan langsung dirasakan oleh penderita, yakni dikucilkannya dalam pergaulan, dan berkurangnya rasa percaya diri. Mulut yang mengeluarkan bau tidak sedap, disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah:
-         Sariawan dan gigi berlubang yang menjadi tempat bagi kuman dan bakteri yang menjadi sumber bau tidak sedap berkembang biak.
-         Produksi asam lambung yang melebihi batas normal sehingga naik ke tenggorokan dan menebarkan bau tidak sedap saat bersendawa.
-          Beberapa jenis makanan yang menimbulkan bau tidak sedap, seperti terasi, petai, jengkol, serta yang lainnya.
-         Penyakit tertentu yang membuat terjadinya ketidakseimbangan metabolisme pada organ tubuh bagian dalam sehingga mulut mengeluarkan bau tidak sedap.
-         Minuman yang mengandung alkohol dan sisa asap rokok yang tertinggal di rongga mulut.
-         Faktor keturunan yang dipicu oleh kesamaan hormon dan jenis kelenjar ludah yang membentuk susunan genetik yang sama antara orang tua yang mulutnya berbau dengan anaknya.
 
Dengan melihat penyebab bau mulut sebagaimana tersebut di atas, beberapa diantaranya ada yang dapat diatasi dengan cara sederhana, seperti faktor makanan yang dikonsumsi serta faktor minuman beralkohol dan rokok. Cara menghilangkan bau mulut tidak sedap yang disebabkan oleh dua faktor tersebut, cukup dengan menghindari makanan penyebab bau mulut, minuman beralkohol, serta rokok. Selain itu dengan menggosok gigi secara rutin dan berkumur dengan menggunakan moutwash.
 
Namun, untuk faktor penyebab yang lain, dibutuhkan tindakan yang lebih serius dalam menanganinya, serta dilakukan secara rutin dan berkelanjutan. Beberapa cara menghilangkan bau mulut tidak sedap tersebut, diantaranyan adalah:
-         Senantiasa menggosok gigi dan berkumur menggunakan moutwash atau antiseptik untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulut.
-         Jika penyebabnya adalah sariawan dan gigi berlubang, lakukan tindakan medis dengan memeriksakan diri ke klinik, rumah sakit atau ke tempat praktek dokter gigi.
-         Perbanyak mengkonsumsi air putih, sayuran, buah-buahan dan makanan lainnya yang banyak mengandung serat, karena serat sangat efektif untuk membantu menetralkan metabolisme yang terjadi di dalam tubuh. 
 
Selain alternatif penyembuhan sebagaimana tersebut di atas, cara menghilangkan bau mulut tidak sedap juga dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan herbal. Beberapa diantaranya adalah:
-         Rutin meminum green tea, karena senyawa yang terdapat pada teh hijau bermanfaat untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab bau mulut yang bersarang pada gigi berlubang, di sela-sela gigi, di balik lidah, dan di dalam rongga mulut
-         Memanfaatkan daun sirih yang dikenal mengandung antiseptik yang sangat ampuh. Caranya bisa dengan langsung mengunyah daun sirih yang masih segar, atau membuat ramuan daun sirih sebagai pengganti moutwash. Untuk membuat ramuan daun sirih, rebuslah 6 lembar daun sirih bersama 2 gelas air hingga mendidih dan biarkan hingga tersisah setengahnya. Saring air rebusan tersebut, dan gunakan untuk berkumur disaat suhu air ramuan dalam keadaan hangat. Cara ini akan dapat mengusir bau mulut jika dilakukan secara rutin.
-         Cara alami lainnya adalah menggunakan campuran air perasan jeruk nipis sebanyak 1 buah, ditambah 1 sendok makan madu, dan air 1 gelas air hangat. Minumlah campuran air jeruk nipis, madu dan air hangat tersebut pada pagi hari untuk mengusir bau mulut selama satu hari penuh.
-         Selain ramuan-ramuan herbal tersebut, beberapa jenis rempah-rempah juga dapat digunakan untuk mengusir bau mulut, seperti kayu manis, adas, cengkeh, serta daun peppermint.
 
Itulah beberapa cara menghilangkan bau mulut tidak sedap yang dapat dicoba, agar rasa percaya diri dapat tumbuh kembali dan tidak dikucilkan lagi oleh orang-orang di sekitar kita. (*)


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di