alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Melek Hukum /
Bantuan hukum dan wartawan untuk membantu mencegah penipuan dalam skala besar
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6717e5d44f9fe2438b4570/bantuan-hukum-dan-wartawan-untuk-membantu-mencegah-penipuan-dalam-skala-besar

Bantuan hukum dan wartawan untuk membantu mencegah penipuan dalam skala besar

Pernah tidak anda beli nasi goreng di warteg. Harga tidak ditulis jelas lalu ada tau tau harganya tidak wajar?

http://dekorasirumahsendiri.blogspot...di-lokasi.html
https://pertamax7.com/2014/09/05/fen...-habis-1-juta/

Ada bill seperti ini
Bantuan hukum dan wartawan untuk membantu mencegah penipuan dalam skala besar

Nah, ini ada perusahaan dengan ijin OJK dan omset trilyunan yang kita duga melakukan hal serupa dalam skala lebih besar.

Avrist punya produk yang manfaat asuransinya seharga 500 ribu pertahun, tetapi di 5 tahun pertama ada biaya 50-125 juta. Jadi tahun petama ada biaya 100 kali lipat. Kalau lanjut lebih rugi lagi. Kalo tidak lanjut agen agen mereka berbuat seolah olah customernya rugi karena "tutup polis"

Bantuan hukum dan wartawan untuk membantu mencegah penipuan dalam skala besar

Tuh lihat ya biaya administrasi 27500 rupiah ditulis cukup jelas. Biaya akuisisi 50-125 juta ditulisnya dimana? Betulkah ada biaya segitu? Dari mana customer customer mereka bisa tau sebelum beli? Ini sampai sekarang belum jelas. Belum ada satupun pihak perusahaan yang beritikad baik mau menjelaskan ini didepan umum.

Jadi kita menduga dengan kemungkinan 99% kalau modusnya begini.

Modusnya agak mirip dengan warteg itu. Harga tidak ditulis jelas. Tetapi tentunya kerugian orang yang salah beli bukan sekedar 1 juta. Tetapi bisa puluhan, atau bahkan ratusan juta. Saya pernah dengar ada yang rugi milyaran dengan modus yang sama.

https://www.kaskus.co.id/post/5b6532...2cf25d4f8b4570

Jadi customer yang nggak tau bisa saja taruh 1M, misalnya. Agen agen avrist bilang semua investasi. Biaya tidak ditulis jelas. Lalu 1 tahun kemudian baru tau eh ada biaya akuisisi 1M. Nanti kalau sudah kejadian agen agen mereka belagak bego bilang kalau customernya rugi karena tutup polis lah whatever.

Setahu saya tidak menulis harga dengan jelas lalu tau tau harganya tidak wajar belum tentu penipuan dalam hukum.

Kira kira strategy apa yang bisa dilakukan untuk mencegah orang lain membeli produk serupa? Apa ada pasal hukum yang bisa bermanfaat?

Avrist mendapat ijin OJK dan beromzet trilyunan.

Mungkin kalau dari kertas itu tidak jelas kalau manfaat hanya 500 ribu dan biaya bisa 50-125 juta. Ya itu masalahnya. Nggak jelas kan? Dan betul salahnya juga susah dikonfirmasikan ke Avrist. Mereka memilih tidak menjawab.

Coba lihat yang ini

Bantuan hukum dan wartawan untuk membantu mencegah penipuan dalam skala besar

Informasi dari agen agen lain bilang itu karena biaya akuisisi 100%-225% dari "premi dasar berkala" atau "premi dasar". Biaya ditulisnya dimana ya anda tanya avrist sendiri. Anda lihat tanggungan kematian 250 juta setahun itu sekitar 500 ribu pasarannya. Premi berkala di gambar itu 50 juta setahun. Jadi biaya akuisisi 50-112.5 juta. Plus lain lain sekitar 125 juta. Ini kalau customer tidak tahu pasti terlewat.

Agen agen mereka kemungkinan besar tidak bilang bilang ada biaya segitu dan justru bilang "semua investasI", "ada penalty kalau tutup polis", "ada investasi yang tidak bisa diambil dulu", dll.

Apa pernyataan "semua investasi" itu betul atau salah ya anda konfirmasikan sendiri saja ke avrist langsung di sini.

Ini setau kita kurang lebih. Banyak yang masih belum 100% jelas.

Sampai masalah jelas tunda beli apapun dari perusahaan yang sama. Kalau perlu, tunda beli asuransi di indonesia. Kalau mau lebih aman lagi, karena perusahaan seperti Avrist mendapat ijin OJK, tunda berinvestasi di indonesia sampai masalahnya jauh lebih jelas. Sampai ada pernyataan resmi dari OJK dll.

https://www.kaskus.co.id/post/5b672e...d77039708b4567

Oh ya, kalau konfirmasinya lisan atau private, bisa salah paham. Buktinya produk yang 100 kali lebih mahal ini bisa terbeli. Ya ntah salah paham murni atau sengaja nipu, whatever lah. Pokoknya bisa salah. Konfirmasinya harus tertulis dan publik ya?

Diubah oleh kendalaecarlosm
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Coba agan lapor ke Ojk atau Ombudsman
Atau engga bisa menulis surat pembaca

emoticon-Angkat Beer
OJK setau kita sudah diberi tahu dan juga menghindar memberi informasi dengan alasan yang sebetulnya tidak masuk akal juga (tidak bisa buka link kaskus). Jadi sebetulnya kita menganjurkan untuk menunda pembelian semua asuransi campur investasi kalau mau aman betul. Ada yang bisa tanya OJK?

OJK setau saya amat tidak bisa diandalkan. Terkahir saya dengar fintech yang meminjamkan dengan bunga 1% per hari bisa dapat ijin OJK. Meskipun secara technis bukan penipuan, banyak masyarakat kita tidak tahu bunga 1% sehari itu konsequensinya apa.

Soal asuransi ini, ada kesan OJK melarang kompetisi harga di industri asuransi. Artinya menurut OJK, tidak menunjukkan harga dengan baik itu justru "etis". Ada lagi aturan OJK kalau nasabah bisa tukar polis selama 14 hari sesudah "beli". Ini justru membingungkan nasabah karena majoritas nasabah kan berhati hati sebelum beli bukan sesudahnya. Seorang agen yang tidak bilang bilang ada biaya ya tinggal tidak kasih tau ada aturan aneh 14 hari itu. Jadi aturan OJK itu dimanfaatkan oleh banyak perusahaan asuransi untuk menulis info penting sesudah pembelian. Tentu saja dengan sepengetahuan OJK.

Kalau beli asuransi, thread seperti ini lebih bisa memberi info ke customer kalau ada "bahaya" yang mereka harus hati hati. Kalau toh salah (hampir tidak mungkin), bisa dibetulkan dengan penjelasan avrist. Tentu saja kita tidak expectasi avrist akan memberi penjelasan jelas. Produknya sedemikian jelek, semakin dijelaskan dan dianalisa, semakin jelas jeleknya. Itu kalau menjelaskannya jujur jelas dan benar lho. Bisa di cross check dengan opini ahli ahli investasi/asuransi secara terbuka.

Thread ini ada karena sampai sekarang kita tidak tahu satupun agen avrist yang mau menjelaskan permasalahan dengan jujur dan benar. Kalau toh ada yang menjelaskan, mereka menghindari topik penting, seperti, betul tidaknya ada biaya besar, ditulisnya dimana, ditulis persisnya seperti apa, dll. Estimasi kita, kalau di depan publik saja tidak ada yang beritikad baik menjelaskan, apa lagi kalau dalam situasi normal dimana customer bertanya agen secara private dan lisan. Kemungkinan dibohongi besar.

Misal, ada laporan agen agen avrist tidak bilang bilang ada biaya akuisi waktu jualan dan mengclaim "semua investasi". Verifikasinya susah.

Mending tanya di depan umum betul tidak "semua investasi". Kalau tidak ada satupun orang dari perusahaan resmi jawab iya atau tidak secara jelas, black list saja perusahaannya.

Di Singapura orang sengaja menyembunyikan atau mengaburkan harga di kontrak masuk penjara. https://coconuts.co/singapore/news/3...nt-depression/

Di indo hukumnya mungkin beda. Ya kita tunggu ahli hukum lah. Tujuan kita hanya mencegah ada korban lain. Itu saja. Untuk sekarang.



Diubah oleh kendalaecarlosm


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di